Aplikasi Bawaan Ubuntu

Setelah pada seri sebelumnya kita mengenal 3 Kategori System Settings Ubuntu yaitu Personal, Hardware dan System. Pada seri ini kita akan membahas Aplikasi Bawaan Ubuntu. Seperti telah kita singgung sebelumnya, Ubuntu menyertakan banyak sekali aplikasi yang sering kita gunakan sehari-hari. Berbeda dengan sistem operasi Windows yang hanya menyertakan beberapa aplikasi bawaan yang fungsinya belum bisa mengkomodir kebutuhan standar penggunanya. Lantas apa sajakah aplikasi yang sudah disertakan dalam Ubuntu Xenial Xerus 16.04 Lts, berikut penjelasannya.

Office Suite

Ubuntu sudah menyertakan LibreOffice sebagai aplikasi perkantoran (Office Suite) nya. LibreOffice merupakan aplikasi perkantoran paling populer yang bisa kita gunakan sebagai alternatif Microsoft Office di GNU/Linux.

LibreOffice

Aplikasi ini dikembangkan oleh komunitas yang dinaungi oleh The Document Foundation. Nama LibreOffice merupakan gabungan dari kata Libre (bahasa Spanyol dan Perancis yang berarti bebas) dan Office (bahasa Inggris yang berarti kantor). Sumber.
Berikut tampilannya
Semua hal yang biasa kita lakukan di Microsoft Office bisa pula kita lakukan di LibreOffice seperti mengedit dokumen, membuat presentasi, membuat laporan keuangan dan sebagainya. LibroOffice menggunakan format berkas OpenDocument (ODF) sesuai standar ISO/IEC internasional sebagai format aslinya untuk menyimpan dokumen di seluruh aplikasinya. Format OpenDocument sekarang juga didukung oleh semua paket aplikasi perkantoran utama (baik yang sumber terbuka maupun perorangan). LibreOffice juga kompatibel dengan paket aplikasi perkantoran lainnya, termasuk Microsoft Office. Sumber

Evince

Tidak hanya LibreOffice saja, Ubuntu juga sudah menyertakan Evince sebagai aplikasi pembaca file PDF. Fungsinya sama seperti Adobe Acrobat Reader di Windows. Berikut tampilannya
Evince sangat ringan ketika dijalankan dan memiliki tampilan yang sederhana namun tetap powerfull untuk dijadikan sebagai alternatif Acrobat Reader dan Software pembaca PDF lainnya yang biasa kita gunakan di Windows.

Internet

Bagi Anda yang sering beraktifitas di dunia maya, Ubuntu sudah menyertakan Mozilla Firefox sebagai Web Browsernya. Tidak hanya itu, Ubuntu juga menyertakan Mozilla ThunderBird sebagai Email Clientnya. Tentu saja kedua aplikasi ini merupakan alternatif dari Internet Explorer dan Outlook pada sistem operasi Windows. Berikut tampilan Firefox dan Thunderbird.

Firefox

Thunderbird

Multimedia

Untuk memainkan file multimedia seperti Audio dan Video, Ubuntu sudah menyertakan dua apliaksi yaitu Rhythmbox dan Video Player (pengembangan dari Totem). Secara default kedua aplikasi tersebut hanya mendukung format multimedia terbuka, artinya belum bisa memutar file mp3, mp4 dan format proprietary lainnya. Agar file multimedia tersebut bisa dijalankan di Rhythmbox dan Totem Video Player, kita harus mendownload codec nya terlebih dahulu (akan dibahas pada seri berikutnya). Berikut tampilan Rhythmbox dan Totem Video Player.

Rhythmbox

Totem Video Player

Graphics

Shotwell

Untuk membuka dan mengelola gambar, Ubuntu sudah menyertakan Shotwell dan Image Viewer. Berikut fitur dari Shotwell diambil dari situs resminya
Features

  • Import from disk or camera
  • Organize by time-based Events, Tags (keywords), Folders, and more
  • View your photos in full-window or fullscreen mode
  • Crop, rotate, color adjust, straighten, and enhance photos
  • Slideshow
  • Video and RAW photo support
  • Share to major Web services, including Facebook, Flickr, and YouTube

image viewer

Tambahan

Masih merasa aplikasi diatas belum memenuhi kebutuhan Anda? Tenang saja, masih ada ribuan aplikasi gratis yang bisa kita install melalui Software Center dan pihak ketiga (akan dibahas selanjutnya). Ubuntu sudah menyertakan aplikasi yang biasa kita gunakan sehari-hari. Kita hanya perlu menyesuaikan diri untuk menggunakannya. Namun jika aplikasi tersebut belum memenuhi kebutuhan kita, kita bisa menginstall aplikasi lainnya. Pada seri berikutnya kita akan mengenal metode install aplikasi di Ubuntu.

Komentar (0)

Post a Comment

Dilarang NYEMPAM ya...