Cara Install gKamus Di GNU/Linux

ludywebid
Bahasa Inggris merupakan Bahasa Universal yang digunakan di dunia, pun dalam sistem operasi GNU/Linux yang hampir selalu menyediakan Bahasa Inggris sebagai bahasa defaultnya. Bagi kita yang bahasa Ibu-nya menggunakana bahasa Indonesia tentu akan sedikit banyak merasakan kesulitan. Meskipun beberapa ditro GNU/Linux “tenar” umumnya sudah menyediakan pilihan Bahasa Indonesia, tetapi kadang kita (khususnya saya) lebih “nyaman” menggunakan Bahasa Inggris sebaga bahasa sistem. Untuk mengatasi ketidak “ngetian” dengan beberapa istilah “asing” saya biasa mensiasatinya menggunakan aplikasi gKamus. Berikut penjelasan Cara Install Gkamus Aplikasi Kamus Bahasa Inggris Indonesia Di GNU/Linux Ubuntu.

Definisi

Dikutip dari github resminya,
gKamus adalah program sederhana Kamus Bahasa Inggris – Indonesia yang dibuat dibuat karena rasa frutrasi saya dengan membuka-buka kamus edisi cetakan setiap kali membaca artikel, ebook, atau dokumen lainnya. Program kamus ada berapa yang tersedia seperti Gidic di Linux, atau program komersial Linguist di Windows, tetapi kadang kala kata yang dicari tidak terdapat dalam kamusnya, perlu penambahan kata, arti, dan lain-lain. Untuk memodifikasi file kamus, hanya penulisnya atau orang yang bisa membaca kode program yang dapat melakukan modifikasi dan menulis semacam editor, kadang mereka menggunakan format biner versi mereka sendiri untuk kamusnya yang tidak dapat dimodifikasi begitu saja, Anda memerlukan paling tidak semacam Hex Editor.
Untuk informasi lebih jelasnya, pembaca bisa mengunjungi link githubnya disini.

Cara Installasi gKamus Di Ubuntu, Debian, LinuxMint, BlankOn, Elementary OS

Untuk menggunakan gKamus, kita tinggal menginstallnya melalui repository, berikut tahapannya.

Buka Terminal

Pertama kita buka terlebih dahulu terminal dengan menekan kombinasi CTRL+ALT+T kemudian ketik perintah berikut;
sudo apt update && sudo apt install gkamus -y
Perintah diatas akan menginstruksikan kepada system untuk memperbaharui daftar repository kita kemudian menginstall gKamus kedalam sistem kita. Setelah terinstall, gKamus pun sudah kita gunakan untuk menerjemahkan Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia atau sebaliknya.

Tampilan gKamus

ludywebid
gKamus memiliki antarmuka (interface) yang sangat mudah digunakan. Kita tinggal mengetikkan kata yang ingin kita terjemahkan pada kolom Search a word…
Untuk mengganti bahasa yang ingin kita terjemahkan, kita bisa memilih pada bagian Tools –> Dictionary.
ludywebid

Jenis Lisensi gKamus

Berikut adalah kutipan lisensi dari gKamus
gKamus is free software; you can redistribute it and/or modify it under the terms of the GNU General Public License version 2 as published by the Free Software Foundation. gKamus is distributed in the hope that it will be useful, but WITHOUT ANY WARRANTY; without even the implied warranty of MERCHANTABILITY or FITNESS FOR A PARTICULAR PURPOSE. See the GNU General Public License for more details. You should have received a copy of the GNU General Public License along with gKamus; if not, write to the Free Software Foundation, Inc., 51 Franklin Street, Fifth Floor, Boston, MA 02110-1301, USA.
Yang pasti gKamus sangat membantu kita dalam menerjemahkan kata-kata asing yang tidak atau belum kita mengerti. Semoga tutorial sederhana ini bermanfaat, dan selamat menggunakan gKamus.

Komentar (0)

Post a Comment

Dilarang NYEMPAM ya...