Cara Memainkan Games Android Di Komputer

ludywebid
Buat pembaca yang pengen install aplikasi Andorid atau main game Andoid di komputer, bisa menggunakan BlueStacks. Simple-nya, BlueStacks merupakan sebuah emulator yang memungkinkan kita untuk menjalankan aplikasi Android di komputer (pc & laptop). Namanya juga emulator, tentu gak akan semulus dibanding versi aslinya (smartphone), tapi buat yang masih penasaran pengen maen games Android di komputer, cara ini cukup layak untuk dicoba. Buat kalian yang pengen tau lebih lanjut tentang BlueStacks bisa langsung membacanya dilink ini. Oke, supaya lebih enak, mending kita langsung praktek Cara Install BlueStacks Android Emulator Dan Memainkan Game Android Di Komputer Windows.

Spesifikasi Minimal

Buat ngejalanin BlueStacks, butuh spek yang lumayan tinggi, nih saya sertain spesifikasi minimal yang diambil dari situs resminya
  • OS: Windows 10, Windows 8.1, Windows 8, Windows 7, Windows Vista SP2 , Windows XP SP3 (32-bit)
  • Harus punya akses User Administrasi (untuk nginstall aplikasi).
  • RAM minimal 2GB.
  • Hardisk kosong minimal 4GB. Makin banyak nginstall aplikasi ya bakan makin butuh space yang besar.
  • Driver komputer kita harus versi terbaru.
  • Ada koneksi internet
Buat lebih jelasnya, kalian bisa ngeceknya disini.

Download BlueStacks

Pertama kita download dulu file installer BlueStacks nya di situs resminya, atau bisa juga langsung klik link download dibawah.
https://www.bluestacks.com/download.html?utm_campaign=footer-id
BlueStacks nyediain dua versi, ada yang gratis ada juga yang berbayar, tapi kalo buat nyoba sih saya saranin pake yang gratisan dulu aja. File installernya yag saya gunakan cukup besar, skitar 263MB jadi siapin koneksi yang cukup ya hihihi…

Installasi BlueStacks

Oke kalo udah di download, tinggal kita install file tadi seperti kita nginstall software pada umumnya. Supaya lebih jelasnya lagi, saya sertain tahapan installasi BlueStacks seperti berikut. Pertama kita klik kanan lalu pilih Run As Administrator.
ludywebid
Kalo muncul notifikasi User Account Control kayak gini, kita klik YES
ludywebid
Tahapan installasnya cukup gampang, BlueStacks akan menginstall dengan sendirinya. Kita tinggal nunggu beberapa saat (tergantung dari spesifikasi komputer yang kalian punya). Dan selama kita nunggu akan ada slideshow yang ngejelasi cara penggunaan BlueStacks mulai dari masukkin akun Google kita sampai mendownload game yang bakal kita maenin.
Kalo installasi BlueStacks udah selesai, kita tinggal membukanya melalui shortcut di Desktop.

Menginstall File Apk Di BlueStacks

Sebelum kita menginstall game di BlueStacks, ada sedikit lagi settingan yang harus kita lakuin, tenang aja gak sesulit ujian sekolah kok hihihihi… Berikut tahapannya;
ludywebid
Saat pertama kali BlueStacks dijalankan memang agak cukup lama.Hal ini dikarenakan BlueStacks merupakan sebuah emulator, wajar ada beberapa Engine yang harus “menyesuaikan” dengan lingkungan PC.
ludywebid
Selanjutnya ada tawaran buat ngaktifin GPS dari Google, silahkan pilih sesuai selera hihihihi…
ludywebid
Disini kita bisa milih bahasa yang akan digunakan, tenang aja buat kalian yang bahasa inggrisnya senen-kemis (termasuk saya) bisa milih Bahasa Indonesia kok…
ludywebid
Dibagian ini kita diminta masukin akun Google kita, akun inilah yang nantinya bisa kita pake buat nginstall aplikasi dari Play Store. Klik Terus untuk melanjutkan.
ludywebid
Tinggal kita isi email dan password yang akan kita gunakan, email dan passwordnya bisa sama dengan yang ada di smartphone kita atau berbeda, silahkan pilih sesuai selera hihihi…
ludywebid
Bakal ada persutujuan layanan Google, klik Oke untuk melanjutkan.
ludywebid
Disini kita tinggal tunggu proses autentikasi Google.
ludywebid
Dibagian ini kita ditawarkan untuk proses backup dan pengecekan lokasi, silahkan pilih sesuai selera hihihi…
ludywebid
Tinggal kita kasih nama dari “Smartphone”nya, disesuaikan saja sama selera pembaca hihihi…
Kalo semua udah beres, kita udah bisa nginstall games yang bakal kita maenin di BlueStacks.

Pengalaman Menggunakan BlueStacks

Kalo ditanya pengalaman menggunakan BlueStacks saya bakal jawab, ribet dan lumayan nguji kesabaran karena terlalu berat alhasil kita jadi gak bisa multitasking. Balik lagi ke tulisan diatas, namanya juga emulator, gak ada jaminan semua aplikasi nya berjalan normal kayak di smartphone.Yang didapet cuma sensasi dan experience aja yang berbeda dengan smartphone. Untuk menjalankan aplikasi E-Book aja butuh resource yang besar, belum lagi tiap jalanin BlueStacks selalu “makan” waktu tertama pas start engine. Maklum aja, lepi saya masih kelas bawah hihihi. Mungkin berbeda kalo komputer kalian punya resource yang cukup mumpuni, apalagi bisa touch screen.

Install COC Di BlueStacks

ludywebid
Sebagai contoh, disini saya udah nginstall COC.
Kalo udah berhasil keinstall, udah gak usah dikasih tau juga kan cara maen nya hihihi… Oke semoga artikel ini bermanfaat dan selamat berkreasi dengan BlueStacks di Komputernya masing-masing.

Komentar (0)

Posting Komentar

Dilarang NYEMPAM ya...