Cara Membuat Wallpaper Desktop Berganti Otomatis Di GNU/Linux


Bosen sama wallpaper desktop yang statis? Sebenernya di Ubuntu udah nyediain wallpaper yang bisa berganti secara otomatis, namun untuk membuatnya kita harus ngedit secara manual. Tentunya ini akan menyulitkan bagi pemula seperti kita. Untuk mengatasinya, kita bisa menggunakan wallch, aplikasi yang berfungsi untuk membuat wallpaper berganti secara otomatis.
Dikutp dari situs resminya
Wallch is Open Source, which means that anyone can download and inspect the code. It currently works on Gnome (with or without Unity integration), LXDE, XFCE and Mate. Wallch version 4.0 is now available for download.
Seperti kita lihat diatas, aplikasi ini bisa dijalankan di berbagai Desktop Environment termasuk Pantheon pada Elementary OS.

Cara Install Wallch

Aplikasi wallch sudah terdaftar pada repository kita, jadi untuk menginstallnya kita tinggal mengetik diterminal
sudo apt update && sudo apt install wallch -y
Berikut ukuran file yang harus saya download, ukurannya bisa jadi berbeda dengan kasus kalian.

Cara Membuat Wallpaper Desktop Berganti Otomatis

Tutorial ini saya praktekkan di elemetary OS Loki yang masih turunan Ubuntu. Selain bisa digunakan untuk membuat wallpaper berganti otomatis, kita juga bisa menambahkan situs tertentu (Live Website) yang akan ditampilan di desktop dengan catatan komputer kita memiliki akses internet. Untuk mengatur jeda waktu bergantinya wallpapaer kita bisa masuk ke Edit --> Preferences
Selamat bereksplorasi dan semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan atau kalian punya cara lainnya untuk membuat wallpaper otomatis di GNU/Linux share aja di kolom komentar.

Komentar (0)

Posting Komentar

Dilarang NYEMPAM ya...