Cara Menggabungkan File PDF Di GNU/Linux

Untuk Menggabungkan File PDF Di GNU/Linux Ubuntu Dan Turunannya sangatlah mudah, kita bisa menggunakan aplikasi PDFShuffler yang sudah terdaftar di repository Ubuntu. Untuk menginstallnya kita bisa menggunakan Software Center atau Terminal. Pada tutorial ini saya praktekkan cara installasi pdfshuffler menggunakan terminal. Caranya kita buka terminal dengan menekan kombinasi CTRL+ALT+T (Ubuntu) atau Super (Tombol Windows) + T pada Elementary OS.

Pertama kita perbaharui daftar repository dengan mengetik
sudo apt update
Kemudian untuk menginstallnya kita ketik
sudo apt install pdfshuffler -y
Sebagai informasi, Software PDF Shuffler ini dikembangkan oleh Konstantinos Poulios menggunakan bahasa GTK+ dan Python. Aplikasi ini berukuran kecil dan sangat ringan juga berlisensi GPLv 3 sehingga kita bisa dengan bebas menginstallnya tanpa dikenakan biaya (lisensi). Cara menggunakannya pun sangat mudah, tinggal drag and drop saja. Berikut tampilan PDF Shuffler pada Elementary OS Loki.

Tampilan PDF Shuffler

Selain membagi dan menggabungkan file PDF, kita juga bisa melakukan crop, mengatur urutan halaman dan mengubah rotasi dengan sangat mudah. Yang paling saya rasakan manfaatnya selama menggunakan pdfshuffler adalah mudahnya mengatur urutan cv (surat lamaran) seperti mengurangi atau menambah sertifikat yang berhubungan dengan pekerjaan yang dilamar, jadi kita gak perlu repot-repot ngedit dari awal. Ada yang punya pengalaman serupa??? Sampaikan aja di kolom komentar ya...
Akhir kata, semoga tulisan ini bermanfaat...

Komentar (0)

Post a Comment

Dilarang NYEMPAM ya...