Kustomisasi BlankOn Tambora X

ludywebid
Rasanya kurang afdol kalo pake distro GNU/Linux tapi gak ngoprek (kustom) tampilannya. Kalo di Ubuntu kita kenal aplikasi yang namanya Ubuntu-Tweak atau Unity-Tweak-Tool. Di BlankOn Tambora sudah tersedia aplikasi serupa yang bernama BlankOn-Tweak. Ya, dari namanya saja memang mirip dengan Ubuntu-Tweak, karena dari fungsi dan tampilannya-pun sama. Perbedaannya BlankOn-Tweak memang dikhususkan untuk berjalan di BlankOn.
Buat temen-temen yang udah familiar dengan Ubuntu-Tweak pastinya bakal langsung terbiasa menggunakan BlankOn-Tweak. Berikut tampilan BlankOn-Tweak;

Install BlankOn-Tweak

Seperti yang udah disinggung di atas, aplikasi ini memang sengaja di develop untuk berjalan di BlankOn dan pastinya sudah tersedia di repository jadi buat nginstallnya kita cukup mengetik di terminal perintah berikut.
sudo apt install blankon-tweak -y
Setelah beres installasi, kita bisa langgung memanggilnya melalui terminal dengan mengetik blankon-tweak. Pada kasus saya aplikasi blankon-tweak tidak bisa terbuka dan ada keterangan error seperti berikut;
Untuk mengatasi hal tersebut, kita bisa mengedit berkas dbusproxy.py yang berada di direktori “/usr/lib/python2.7/dist-packages/blankontweak/policykit/dbusproxy.py” dengan mengetik
sudo nano /usr/lib/python2.7/dist-packages/blankontweak/policykit/dbusproxy.py
Catatan: Disini saya menggunakan text editor nano, jika ingin menggunakan Gedit, tinggal diganti saja menjadi;
sudo gedit /usr/lib/python2.7/dist-packages/blankontweak/policy/dbusproxy.py
Kemudian kita edit (tambahkan tanda # didepan) source berikut
from IN import INT_MAX
MAX_DBUS_TIMEOUT = INT_MAX / 1000.0
Sehingga menjadi seperti gambar berikut;
Untuk menyimpan hasil editing, kita tekan F2 kemudian tekan Y lalu enter.
Sekarang Aplikasi BlankOn Tweak sudah bisa berjalan.

Fitur BlankOn Tweak

Setidaknya ada 4 fitur utama yang disajikan oleh aplikasi ini diantaranya adalah.

Overview

ludywebid
Saat BlankOn Tweak dibuka, kita akan disuguhkan Menu Overview yang berisi informasi tentang komputer kita. Informasinya udah cukup lengkap, mulai dari Informasi Perangkat Keras (Hardware) yang digunakan, Informasi mengenai Desktop seperti nama komputer, jenis arsitektur apakah 32 atau 64bit, jenis Distro GNU/Linux dan juga lingkungan desktop yang digunakan (Desktop Environment).

Tweaks

ludywebid
Buat kalian yang pengen custom tampilan BlankOn Tambora X nya bisa pilih ke tab Tweaks. Di Tab Tweaks ini kita bisa mengganti jenis Font yang digunakan, mengganti Tema BlankOn, Mengganti setinggan Login, mengganti icon, dan sebagainya.

Admins

ludywebid
Dibagian Tab Admins ini, kita bisa menambahkan PPA melalui Source Center, menginstall aplikasi melalui Application Center dan mengganti Repository melalui Source Editor. Jadi kita gak usah lagi “ribet” ngapalin perintah di terminal. Kita juga bisa ngeliat shortcut apa aja yang berfungsi di BlankOn Tambora X.

Janitor

ludywebid
Buat kalian yang suka bersih-bersih, bisa melakukannya di tab Janitor. Cara kerjanya sama kayak software Ccleaner di Microsoft Windows. Kita bisa menghapus cache yang berada pada web browser, menghapus Cache Thumbnail, dan menghapus Cache yang dihasilkan saat menginstall aplikasi melalui APT. Dengan membersihkan Cache tentunya akan menambah ruang pada hardisk kita.

Download Ebook Panduan BlankOn Tambora X

Untuk mendapatkan versi Ebook Panduan BlankOn Tambora X Untuk Pemula, kalian bisa langsung mendownloadnya GRATIS...

Komentar (0)

Post a Comment

Dilarang NYEMPAM ya...