Cara Mengatasi Perubahan Settingan Waktu Di GNU/Linux Dualboot

ludywebid

Salah satu masalah yang biasanya timbul saat kita menggunakan metode dualboot atau menggunakan dua sistem operasi dalam sebuah komputer/laptop adalah sering error nya sistem dalam menampilkan waktu (jam), setidaknya itu yang saya alami. Untuk mengatasi error settingan waktu dualboot GNU/Linux sebenarnya sangatlah mudah, terlebih jika komputer kita terhubung dengan koneksi internet.

Namun bagaimana jika kita sedang tidak terhubung dengan internet?

Berikut akan saya share Cara Mengatasi Perubahan Settingan Waktu Di GNU/Linux Ubuntu Dualboot. Selamat membaca…

Konfigurasi Zona Waktu GNU/Linux Ubuntu

ludywebid

Seperti terlihat dari screenshot diatas, terjadi perbedaan zona waktu pada sistem Ubuntu yang saya gunakan. Kurang lebih lambat (telat) 7 jam dari waktu sesungguhnya dimana saya berada. Untuk mengatasinya kita tinggal mengembalikkan settingan zona waktu yang kita gunakan melalui terminal. Seperti distro berbasis Debian pada umumnya, tentunya tutorial ini bisa pula diterapkan pada distro BlankOn , ElementaryOS, Linux Mint dan distro Turunan Ubuntu lainnya.

Cara Mengatasi Perubahan Settingan Waktu Di GNU/Linux Dualboot

Pertama kita buka terminal dengan menekan kombinasi “CTRL+ALT+T” (tanpa tanda petik) kemudian kita ketik perintah berikut;
sudo dpkg-reconfigure tzdata -y
Biasanya proses ini tidak akan berlangsung lama dan settingan waktu (jam) GNU/Linux Ubuntu kitapun sudah kembali normal.
Semoga sharing sederhana ini bermanfaat, jika pembaca memiliki alternatif lainnya untuk Cara Mengatasi Perubahan Settingan Waktu Di GNU/Linux Dualboot atau ada yang ingin ditanyakan, bisa disampaikan pada kolom komentar yang telah saya sediakan.

Jika pembaca ingin melihat semua artikel LudyWebiD, bisa melalui link ini.

Komentar (0)

Post a Comment

Dilarang NYEMPAM ya...