Mengenal Lingkungan Desktop BlankOn Tambora X - LudyWebiD

Mengenal Lingkungan Desktop BlankOn Tambora X

ludywebdi
Mungkin diantara kalian ada yang udah pernah denger istilah Desktop Environment (lingkungan desktop) di GNU/Linux seperti KDE, Mate, Gnome3, Unity, XFCE4, LXDE dan sebagainya?. Simplenya Desktop Environment adalah tampilan grafis dari sebuah desktop di GNU/Linux. Masing-masing lingkungan desktop diatas mempunyai karakteristik yang berbeda, tapi fungsinya masih sama kok, yaitu untuk menunjang komputasi kita sehari-hari. Sama kayak Luna yang digunakan oleh Windows XP dan Aero yang disematkan pada Windows Vista.
Berbeda dengan Distro GNU/Linux pada umumnya, disini BlankOn menghadirkan sebuah lingkungan desktop yang “dibuat” sendiri dengan nama Manokwari. Ciri khasnya yaitu adanya dua panel disebelah kiri untuk daftar aplikasi dan sebelah kanan untuk shortcut (pintasan).

Nautilus
ludywebdi

Kalo di Windows kalian kenal Windows Explorer, di BlankOn Tambora X kita bisa menggunakan Nautilus sebagai file manager-nya. Yang paling berbeda adalah kita bisa membuka multiple tab (lebih dari satu tab) seperti Web Browser pada umumnya. Berikut tampilan Nautilus File Browser pada desktop saya.

Dockbar

Hal menarik lainnya yang disajikan oleh BlankOn Tambora X adalah Dockbar yang berada dibawah, disitu udah tersedia shortcut aplikasi yang biasa kita gunakan. Untuk menambahkannya gampang kok, kita tinggal klik kanan trus pilih Add To Desktop.
ludywebdi
Tentunya masih banyak fitur lain pada BlankOn Tambora X, untuk lebih jelasnya kalian bisa melihat video dokumentasi yang saya buat di link ini.

Video Tutorial Panduan BlankOn Tambora X Seri 3

Komentar (0)

Posting Komentar

Dilarang NYEMPAM ya...