Tutorial Linux Mint 18.3 Sylvia XFCE Untuk Pemula

ludywebid
Postingan kali ini saya akan sedikit mereview rilis Linux Mint terbaru 18.3 Sylvia dengan desktop XFCE sekaligus menginstallnya. Gak cuma Dualboot (dua OS dalam satu komputer), tapi saya coba multiple OS hihi. Gak jelas emang, tapi daripada dibuang gitu aja, mending sekalian aja saya publish disini, siapa tau bermanfaat. Oke, karena cukup banyak yang dibahas dipostingan ini, gimana kalo kita kasih judul Tutorial Linux Mint 18.3 Sylvia XFCE Untuk Pemula. Setuju kan…???

Linux Mint Sylvia XFCE

Berbeda dengan “mayoritas” suhu yang menyarankan untuk menggunakan Linux Mint versi Cinnamon atau Mate, disini saya lebih cenderung “menyarankan” pemula untuk menggunakan versi XFCE. Alasannya sih sederhana aja, karena versi inilah yang paling ringan dibanding saudaranya yang lain (Mate, Cinnamon KDE). Terlebih buat kalian yang punya spek pas-pasan dan lebih mementingkan kecepatan dibanding tampilan.
“Berarti tampilannya gak menarik donk…?”
Baca Juga : Daftar Respository Ubuntu Indonesia
Gak juga tuh, soalnya versi XFCE sudah dibalut dengan beberapa Desktop manager yang bisa mempercantik si-Sylvia. Sebut aja Compiz yang bisa bikin layar desktop kita berputar 360 derajat.
Gak percaya…??? Liat aja videonya dibawah hehehe…
Tapi semua itu balik lagi ke selera masing-masing karena yang ngebedain cuma tampilannya aja, “dalemannya” masih sama aja hehe.

Proses Installasi

Soal installasi, tahapannya gak jauh beda sama saudaranya yang lain (Mate dan Cinnamon). Buat kalian yang udah terbiasa dengan Distro Ubuntu dan turunanya, pastinya gak bakal banyak nemuin kesulitan. Yang harus diperhatikan saat pemilihan partisi, terutama buat kalian yang pakai meotde Dual Boot atau Multiple Boot. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa lihat video tutorialnya dibawah…
Trus berapa lama proses installasinya…???
Tentunya sangat tergantung dari spesifikasi komputer yang kita punya, tapi yang pasti lebih cepat dibanding ketiga saudaranya yang lain.

Video Preview Linux Mint 18.3 Sylvia XFCE Edition & Cara Install Multi OS


Trus kalo udah beres installasi gimana nih cara makenya…???
Tenang aja, saya sudah membuatkan dokumentasi sederhana, ada cukup banyak yang dibahas, gak cuma ganti repository, install apliaksi secara online dan offline, tapi sedikit modifikasi Compiz supaya tampilan desktop kita lebih ciamik. Kalian bisa melihat video tutorialnya dibawah; Kalaupun ada sedikit error, wajar namanya juga proses belajar hehehe…

Video Tutorial Linux Mint 18.3 Sylvia Lengkap


Gimana…???
Bingung kan sama penjelasan saya yang gak jelas…??? Hehehe…
Kalo ada yang mau ditanyain, sampein aja dikolom komentar ya…

Komentar (0)

Post a Comment

Dilarang NYEMPAM ya...