Langsung ke konten utama

How To Install Sublime Text Elementary OS


Sublime Text adalah salah satu Code Editor yang paling banyak digunakan, selain menyediakan versi Gratis, Sublme Text juga akan mempermudah kita dalam ngoding. Bagi pengguna windows mungkin akan mudah menginstall Sublime Text, tinggal download installernya kemudian Next -> Next -> Beres. Namun hal tidak bagi pengguna sistem operasi GNU/Linux khususnya pemula mungkin akan kesulitan untuk menginstall Sublime Text kedalam Distro GNU/Linux nya.
Cara Install Sublime Text Di GNU/Linux

Install Sublime Text Di GNU/Linux

Seperti yang kita ketahui bersama, disini GNU/Linux menganut sistem pemaketan aplikasi secara terpusat yang biasa kita sebut Repository. Untuk kalian yang baru beranjak ke GNU/Linux, saya sarankan untuk membaca artikel berikut;
Beberapa Istilah Penting Di GNU/Linux
Pada beberapa Distro GN/Linux, Sublime Text memang sudah di sertakan kedalam repositorynya, sebut saja Linux Mint Sylvia dan Deepin OS. Namun bagi pengguna Ubuntu, kita harus menambahkan repository nya secara manual. Berikut tahapan Cara Install Sublime Text di Ubuntu

Menambahkan GPG Key

Pertama kita harus menambahkan GPG key dari Sublime Text dengan mengetik perintah berikut (copas aja biar cepet hehe)
wget -qO - https://download.sublimetext.com/sublimehq-pub.gpg | sudo apt-key add -

Install Paket Apt-Transport-Httpts

Selanjutnya kita install paket apt-transport-https dengan mengetik perintah berikut;
sudo apt install apt-transport-https -y 

Menambahkan Sublime Text

Kemudian kita tambahkan perintah berikut
sudo echo "deb https://download.sublimetext.com/ apt/stable/" | sudo tee /etc/apt/sources.list.d/sublime-text.list

Update Repository & Install Sublime Text

Terakhir, kita perbaharui repository agar sublime text bisa terbaca oleh sistem dengan mengetik perintah
sudo apt update
Setelah proses updatenya selesai, kita bisa menginstall sublime text dengan mengetik perintah
sudo apt install sublime-text -y
Agak repot juga ya hihihi..
Untuk melihat semua artikel GNU/Linux yang ada diblog ini bisa dilihat di link berikut
Daftar Isi LudyWebiD
Tutorial ini bisa dipraktekkan di Ubuntu 14.04 LTS, Ubuntu 16.04 LTS, Ubuntu 16.10, Ubuntu 17.04, Ubuntu 17.10 dan Ubuntu terbaru 18.04 LTS Bionic Beaver.
Oke, selamat ngoding...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengganti Repository Ubuntu Bionic Beaver 18 04 LTS Ke Mirror Lokal Indonesia

Hal pertama yang sebaiknya kita lakukan setelah menginstall sebuah Distro GNU/Linux adalah dengan mengganti Repository ke mirror lokal Indonesia. Hal ini kita lakukan agar proses download aplikasi menjadi lebih cepat terutama untuk kita yang koneksi internetnya masih terbatas.
Pun dengan Ubuntu bionic beaver 18.04 LTS, sudah banyak sekali mirror di Indonesia yang bisa kita gunakan. Berikut Daftar Mirror Lokal Ubuntu bionic beaver 18.04 LTS Indonesia.
Baca Juga : Daftar Repository Ubuntu Indonesia Lengkap Repository Ubuntu bionic beaver 18.04 LTS kambing.ui.ac.iddeb http://kambing.ui.ac.id/ubuntu/ bionic main restricted deb http://kambing.ui.ac.id/ubuntu/ bionic-updates main restricted deb http://kambing.ui.ac.id/ubuntu/ bionic universe deb http://kambing.ui.ac.id/ubuntu/ bionic-updates universe deb http://kambing.ui.ac.id/ubuntu/ bionic multiverse deb http://kambing.ui.ac.id/ubuntu/ bionic-updates multiverse deb http://kambing.ui.ac.id/ubuntu/ bionic-backports main restricted universe…

Cara Install Dual Boot Ubuntu Bionic Beaver 18.04 LTS dan Microsoft Windows

Cara Install Dual Boot Ubuntu Bionic Beaver 18.04 LTS dan Microsoft Windows Untuk tutorial kali ini kita akan membahas Cara Install Dual Boot Ubuntu Bionic Beaver 18.04 LTS dan Microsoft Windows.
Kita pilih Install Ubuntu 18.04 LTS lalu akan terbuka jendela installasi seperti berikut;
Silahkan pilih Bahasa yang akan digunakan, untuk pilihan Bahasa Indonesia bisa scroll ke atas, kemudian klik Continue untuk melanjutkan.
Selanjutnya kita biarkan default (tidak terhubung ke jaringan) agar proses installasinya berjalan lebih cepat, kemudian klik Continue untuk melanjutkan;
Kita biarkan default (tidak ada yang diceklis) lalu kita klik Continue untuk melanjutkan;
Pada bagian tipe installasi, kita selalu pilih Something Else.
Gambar diatas adalah susunan partisi dual boot ubuntu dan windows yang ada pada hardisk saya.
Pertama kita buat partisi root yang akan digunakan untuk menyimpan sistem ubuntu.
Kemudian akan ada keterangn format partisi, klik Continue untuk melanjutkan;
Selanjutnya kita…

Cara Mengganti Repository Elementary OS

Kalo boleh diserhanakan, Repository adalah tempat dimana software GNU/Linux disimpan. Repository ini bisa kita akses kapan saja secara gratis. Bagi pengguna Elementary OS Loki & Juno, ada beberapa mirror yang disediakan di Indonesia, sehingga kita gak usah lagi “jauh-jauh” download software dari server utamanya. Lebih cepat dan hemat juga kan? Dalam artikel ini kita akan membahas Daftar Repository Mirror Elementary OS Loki & Elementary OS Juno yang bisa kita gunakan di Indonesia. Secara umum tahapannya akan sama saja, yang membedakan hanya di alamat mirror-nya. Namun supaya lebih jelasnnya lagi kita akan coba praktekkan selengkapnya.

Daftar Mirror Repository Elementary OS Loki Di Indonesia Karena Elementary OS Loki merupakan “turunan” Ubuntu, jadi kita bisa menggunakan repository Ubuntu Xenial Xerus 16.04 Lts di Elementary OS Loki. Berikut daftar repository Elementary OS Loki yang berada di Indonesia.

kambing.ui.ac.iddeb http://kambing.ui.ac.id/ubuntu/ xenial main restricted …

✔ Cara Paling Mudah Mengubah Repository Deepin OS Ke Repository Lokal Indonesia

Deeppin OS Salah satu tips untuk mempercepat proses download aplikasi melalui repository adalah dengan memanfaatkan mirror lokal yang lokasinya berdekatan dengan kita.
Baca Juga : BlankOn Uluwatu OS Cantik Asli Indonesia Khusus untuk Distro Deepin OS, sebenarnya sudah disediakan sebuah shortcut yang akan mempermudah kita dalam memilih mirror repository yang tutorialnya bisa kalian lihat pada video diatas. Namun pada beberapa kasus, terkadang mirror belum sepenuhnya berganti, alhasil proses download pun masih tetap lemot.
Menggati Repository Deepin OS Ke Mirror Lokal Indonesia Melalui Terminal Cara alternatif selanjutnya dalam mengganti repository adalah langsung mengedit berkasnya melalui terminal, berikut tahapannya; Pilih Mirror Deepin OS Pertama kita pilih mirror Deepin OS melalui link ini Untuk Indonesia, bisa menggunakan mirror dari kartolo, kemudian kita klik kanan lalu copy alamat mirror kartolonya. Atau langsung copy alamat ini
http://kartolo.sby.datautama.net.id/deepin/ Edit B…