Kursus GNU/Linux Untuk Pemula

Pengen “Hijrah” dari Sistem Operasi bajakan ke GNU/Linux tapi gak ngerti apa aja yang harus dilakuin??? Atau pengen menggunakan GNU/Linux untuk sehari-hari tapi gak ngerti cara ngoperasikannya??? Tenang aja, kali ini saya akan share informasi yang menarik buat kalian semua. Artikel ini akan saya kasih judul Kursus GNU/Linux Ubuntu Sampai Bisa (UNTUK PEMULA). Baca sampai habis ya…

Tujuan Kursus GNU/Linux

Kursus ini saya adakan untuk memfasilitasi teman-teman yang ingin Belajar GNU/Linux untuk digunakan sehari-hari. Normalnya, kursus akan berlangsung selama 1 hari saja, silahkan pilih hari-nya. Namun tidak menutup kemungkinan durasinya akan bertambah jika peserta masih butuh penjelasan lebih.

Apa Aja Yang Dibahas Nih…???

Ada banyak materi yang akan kita bahas, mulai dari Sejarah GNU/Linux, Tokoh GNU/Linux, Penamaan GNU/Linux, Kesalahan Umum yang biasanya dilakukan oleh Pemula, Installasi Ubuntu (Distro lainnya), Mengganti Repository Ke Mirror Lokal, Cara Install Aplikasi Online dan Offline, Kustomisasi GNU/Linux, Perintah Dasar Terminal, Aplikasi rekomendasi untuk sehari-hari, Tips & Trik Menggunakan GNU/Linux dan masih banyak lainnya…

Beneran Sampai Bisa…???

Ya, saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk membuat menyampaikan materi yang mudah dipahami meskipun untuk pemula yang belum pernah menyentuh GNU/Linux sekalipun. Artinya, kursus tidak akan berakhir (selesai) sampai peserta merasa bisa menggunakan GNU/Linux untuk seari-hari. Cukup adil bukan???

Fasilitasnya Apa Aja Ya…???

Masih bingung apa aja yang bakal kalian dapet kalo kursus disini? Yuk kita liat fasilitasnya;
  • Makan Siang & Snack tiap pertemuan (khusus bulan Ramadhan diganti takjil)
  • Koneksi Internet untuk memudahkan praktek GNU/Linux
  • Ebook Panduan GNU/Linux Untuk Pemula
  • Video Tutorial
  • Akses ke Drive Sharing yang berisi Ebook yang saya buat

Untuk Siapa Kursus Ini…???

Kursus ini saya tujukan untuk siapa saja yang ingin menggunakan Sistem Operasi GNU/Linux untuk sehari-hari, tidak terbatas profesi dan pendidikan.

Keuntungan Kursus Offline

Salah satu keuntungan mengikuti kursus secara offline adalah kita bisa langsung mencari solusi jika terdapat kesenjangan antara teori yang bertebaran di internet dan praktek. Percaya deh, belajar GNU/Linux itu gak selalu seindah dan semudah artikel yang berseliweran di mbah Google. 

Apa Yang Perlu Dipersiapkan…???

Buat kalian yang mau ikutan kursus, bisa mempersiapkan Laptopnya masing-masing.
Dalam kursus ini kita akan menggunakan beberapa metode installasi, diataranya;
  • Virtualisasi
Metode virtualisasi adalah metode yang sangat dianjurkan untuk belajar GNU/Linux, selain tanpa resiko kehilangan data akibat salah partisi, metode ini juga akan sangat aman digunakan. Namun untuk melakukan virtualisasi, dibutuhkan speifikasi komputer yang cukup tinggi, diantaranya Prosesor > Intel Core2Duo dan RAM > 4GB.
  • Installasi Langsung Di Laptop
Metode selanjutnya adalah dengan menginstall GNU/Linux langsung kedalam komputer (laptop). Idealnya kita akan mencoba metode installasi single boot, artinya laptop kita hanya akan menggunakan satu sistem operasi saja yaitu GNU/Linux. Namun tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan metode dual boot (menginstall Windows dan GNU/Linux secara berdampingan). Kalo mau pake metode ini, tolong siapin sebuah partisi kosong yang akan kita gunakan untuk praktek installasi GNU/Linux jika ingin menginstall langsung di laptopnya. Tapi kalaupun gak ngerti gimana caranya, nanti pas kursus bisa saya bantu.

Lokasi Kursus…???

Untuk pelatihan akan diadakan di rumah saya yang beralamat di Gg Langgar RT 06 RW 03 No 42AKelurahan Rawa Badak Selatan – Kecamatan Koja – Jakarta Utara. Untuk lebih jelasnya kalian bisa liat MAP nya disini


Pertanyaan Umum

  • A : Saya belum pernah sama sekali pake GNU/Linux, gimana donk???
  • Q : Tenang aja, justru kursus ini memang ditujukan bagi pemula yang sama sekali belum pernah menggunakan GNU/Linux.
  • A : Trainingnya berapa lama ya…???
  • Q: Normalnya, training akan berlangsung selama 1 (satu) hari, silahkan pilih harinya baik hari biasa atau hari libur, training sendiri akan dimulai dari jam 09:00 s/d 15:00 Wib. 
  • A: Durasi kursusnya kok singkat banget ya, kalo materinya gak kekejar gimana tuh?
  • Q: Tenang aja, kursus masih bisa dilanjutkan (tambahan jam) sampai peserta merasa bisa memahami seluruh materi yang disampaikan. Bahkan tidak menutup kemungkinan durasi hari-nya akan bertambah jika peserta masih butuh penjelasan lebih.
  • A : Saya terbiasa menggunakan Windows, apakah bisa mengkuti kursus ini???
  • Q : Sangat bisa, justru pengalaman menggunakan Windows akan sedikit membantu proses belajar kita.
  • A : Saya masih pelajar (SMA/Mahasiswa), jajan aja masih dari Otang Tua, ada potongan biaya gak???
  • Q : Karena masih promo, ada potongan harga kok, silahkan hubungi saya untuk informasi lebih lanjutnya.
  • A : Ada batasan minimum kuota (peserta) gak…???
  • Q: Ya, untuk training ditempat saya minimal 2 orang peserta. Tapi untuk training ditempat peserta (panggilan) 1 orang pun bisa berjalan.
  • A : Wah, lokasinya kejauhan… Bisa Training ditempat saya (panggilan) gak…???
  • Q : Bisa kok, tapi ada syaratnya. Untuk lebih jelasnya bisa menghubung saya dihalaman ini.
  • A : Dapet sertifikat gak nih…???
  • Q: Untuk ini saya belum bisa menyediakan sertifikat, inilah kekurangan mengikuti kursus di tempat saya.
Masih ada yang pengen disampein??? Tenang aja, kalian bisa langsung menghubungi saya dihalaman ini.

Harganya Berapa Ya…???

Untuk menikmati Paket Kursus GNU/Linux Sampai Bisa biayanya sangat murah kok, cukup investasi sebesar Rp 250.000,- saja. Harga ini terbilang sangat murah jika dibanding Training GNU/Linux ditempat lainnya, silahkan Googling sendiri… Oke, saya cukupkan artikelnya. Untuk lebih jelasnya bisa langsung menghubungi saya.

Komentar (0)

Post a Comment

Dilarang NYEMPAM ya...