Fitur baru di Linux Mint 19 Cinnamon Tara - LudyWebiD

Fitur baru di Linux Mint 19 Cinnamon Tara

Fitur baru di Linux Mint 19 Cinnamon Tara
Linux Mint 19 adalah rilis dukungan jangka panjang yang akan didukung hingga 2023. Aplikasi ini dilengkapi dengan perangkat lunak yang diperbarui dan membawa perbaikan serta banyak fitur baru untuk membuat pengalaman desktop Anda lebih nyaman.

Pergeseran Waktu

Di Linux Mint 19, bintang acara adalah Timeshift. Meskipun diperkenalkan di Linux Mint 18.3 dan di-backport ke semua rilis Linux Mint, ini sekarang menjadi pusat pembaruan strategi dan komunikasi Linux Mint.

Terima kasih kepada Timeshift Anda dapat kembali ke masa lalu dan mengembalikan komputer Anda ke snapshot sistem fungsional terakhir. Jika ada yang rusak, Anda dapat kembali ke cuplikan sebelumnya dan seolah-olah masalah tidak pernah terjadi.

Ini sangat menyederhanakan pemeliharaan komputer Anda, karena Anda tidak perlu lagi khawatir tentang potensi kemunduran. Dalam kemungkinan regresi kritis, Anda dapat memulihkan snapshot (sehingga membatalkan efek regresi) dan Anda masih memiliki kemampuan untuk menerapkan pembaruan secara selektif (seperti yang Anda lakukan di rilis sebelumnya).

Keamanan dan stabilitas adalah hal yang sangat penting. Dengan menerapkan semua pembaruan Anda menjaga komputer Anda aman dan dengan snapshot otomatis di tempat stabilitasnya dijamin.

Perbarui Manajer

Pengelola Pembaruan tidak lagi mempromosikan kewaspadaan dan pembaruan selektif. Ini bergantung pada Timeshift untuk menjamin stabilitas sistem Anda dan menyarankan untuk menerapkan semua pembaruan yang tersedia.

Jika tidak dapat menemukan konfigurasi Timeshift Anda, itu menunjukkan peringatan:
Fitur baru di Linux Mint 19 Cinnamon Tara
Pembaruan diurutkan berdasarkan jenis, dengan keamanan dan pembaruan kernel di bagian atas.

Tipe baru diperkenalkan untuk pembaruan yang berasal dari repositori pihak ketiga dan / atau AKP. Mengarahkan kursor mouse Anda ke atas pembaruan ini menunjukkan asal mereka di tooltip.

Di masa lalu pembaruan otomatis disediakan untuk pengguna tingkat lanjut. Diasumsikan bahwa jika seseorang cukup berpengalaman untuk mengatur tugas cron, mereka akan cukup berpengalaman untuk mengurai log APT dan bekerja di sekitar regresi. Berkat Timeshift, yang memudahkan siapa saja untuk bekerja di sekitar regresi dengan memulihkan snapshot, pembaruan otomatis sekarang dapat diaktifkan dengan mudah, dalam preferensi.
Fitur baru di Linux Mint 19 Cinnamon Tara
Perintah mintupdate-alat digantikan oleh mintupdate-cli. Perintah baru ini tidak menggunakan dconf, ia menyediakan opsi yang lebih baik dan lebih mudah digunakan dalam skrip dan di terminal.

Pembaruan kernel bergantung pada meta-paket daripada menginstal paket kernel secara manual. Ini membuatnya lebih mudah untuk menghapus kernel yang lebih tua dengan menggunakan "apt autoremove".

Dukungan untuk kernel "lowlatency" ditambahkan.

Pengelola Pembaruan beralih ke ikon simbolik untuk mendukung tema gelap dengan lebih baik dan menyediakan jendela pintasan keyboard di menu bantuannya.

Layar Selamat Datang

Linux Mint 19 dikirim dengan layar pembuka baru.
Fitur baru di Linux Mint 19 Cinnamon Tara
Halaman utama didedikasikan untuk menyambut Anda ke komputer dan sistem operasi baru Anda.

Tata letak baru membuatnya lebih mudah untuk menambah informasi dan memandu Anda melalui langkah pertama Anda.

Selain layar selamat datang, tim Linux Mint bekerja memperbaiki dokumentasinya . Panduan instalasi, panduan pemecahan masalah, dan panduan terjemahan sudah tersedia. Panduan keamanan dan panduan pengembang juga direncanakan.

Manajer Perangkat Lunak

Manajer Perangkat Lunak yang dirubah dan memperoleh dukungan Flatpak di Linux Mint 18.3, menerima banyak perbaikan
Fitur baru di Linux Mint 19 Cinnamon Tara
Di antarmuka pengguna, tata letak disempurnakan dan animasi transisi ditambahkan.

Navigasi keyboard ditinjau dan diperbaiki.

Pencarian lebih cepat, asynchronous dan Anda sekarang dapat mencari dalam kategori.

Cache internal dikembangkan untuk APT dan Flatpak di Linux Mint. Cache ini menyediakan lapisan abstraksi, sehingga aplikasi seperti Manajer Perangkat Lunak dapat menangani APT dan Flatpak dengan cara yang sama, tanpa mengkhawatirkan perbedaannya. Cache ini berpotensi digunakan oleh aplikasi lain di masa mendatang, seperti menu atau Update Manager.

Banyak upaya dilakukan untuk meningkatkan kinerja cache. Ini menghasilkan Peluncuran Perangkat Lunak lebih cepat dari sebelumnya.

Indikator aktivitas dan pemuatan ditingkatkan. Sekarang lebih mudah untuk melacak kegiatan latar belakang.
Fitur baru di Linux Mint 19 Cinnamon Tara
Dukungan ditambahkan untuk .flatpakref dan .flatpakrepo, sehingga Anda dapat mengklik tombol di Web atau berbagi file instalasi Flatpak untuk dengan mudah menginstal aplikasi Flatpak.

Saat tersedia, Manajer Perangkat Lunak menampilkan ukuran dan versi aplikasi Flatpak.

Screenshot lama dibersihkan.

Cinnamon 3.8

Linux Mint 19 dikirim dengan Cinnamon 3.8 terbaru.

Peluncuran aplikasi lebih cepat:

Cinnamon 3.8 terasa lebih snappier karena lebih cepat dan lebih efisien dalam meluncurkan aplikasi dan rendering windows baru.

Tim pengembangan menyelidiki kinerja Cinnamon dan dibandingkan dengan banyak lainnya.

Inilah bagaimana Cinnamon 3.6 dibandingkan Metacity ketika meluncurkan 200 jendela:

Kemacetan diidentifikasi di beberapa applet dan di window manager. Setelah perubahan dilakukan untuk mengatasi masalah ini, angka-angka turun dan Cinnamon sekarang hanya secepat Metacity untuk membangun 200 jendela dan memulihkan.

Saat meluncurkan aplikasi tunggal, perbedaannya tidak sedrastis dan masalah aslinya tidak begitu jelas. Namun, perolehan kinerja ini sedikit mudah dipahami dan memberi kesan kegarangan pada desktop.

Selain itu, tim mengambil kesempatan untuk meningkatkan animasi jendela. Meskipun mereka tidak bertanggung jawab atas keterlambatan, mereka juga berdampak pada kenyamanan dan persepsi. Animasi baru terlihat lebih bersih dan seiring dengan peningkatan kinerja mereka membuat Cinnamon merasa lebih sniper dari sebelumnya.

Peningkatan kinerja:

Berkat perbaikan dalam libnemo-ekstensi dan cara tampilan dirender, Nemo lebih cepat dalam menampilkan konten direktori.

Nemo tidak lagi tertinggal saat memindahkan file melalui perangkat USB.

Perbaikan porting dari GNOME mengurangi terjadinya redraws tahap penuh di Cinnamon.

Tingkat suara maksimal yang dapat disesuaikan:

Volume suara maksimum saat ini diatur hingga 150%, dengan pengaturan suara yang memungkinkan untuk pergi sampai 150% sementara applet suara dan tombol media hanya memungkinkan kisaran 0 hingga 100%. Cinnamon sekarang memungkinkan Anda menentukan volume suara maksimum, antara 0 dan 150%, dan semua kontrol suara (apakah itu pengaturan suara, applet suara atau tombol media) sekarang berkisar antara 0 dan nilai maksimum yang Anda tetapkan.
Fitur baru di Linux Mint 19 Cinnamon Tara
Hal ini memungkinkan Anda untuk mencapai 150% dengan cepat tanpa masuk ke pengaturan suara, tetapi juga dengan cepat mencapai nilai sewenang-wenang, apa pun yang sesuai dengan speaker Anda dan lingkungan Anda, apakah nilai tersebut lebih tinggi dari 100% untuk speaker kecil dalam lingkungan yang keras atau lebih rendah dari 100 % dalam lingkungan yang tenang.

Pencarian file:

Pencarian Nemo disederhanakan dan lebih mudah digunakan.

Ini asynchronous dan jauh lebih cepat dari sebelumnya.
Fitur baru di Linux Mint 19 Cinnamon Tara
Saat melakukan pencarian, Anda dapat mengklik ikon bintang untuk mengingatnya.

Mengklik kanan ikon bintang memberi Anda akses ke pencarian yang sebelumnya Anda simpan.

Notifikasi:

Notifikasi lebih pintar. Mereka sekarang memiliki tombol tutup (yang tidak seperti pemberitahuan itu sendiri tidak mengirim Anda ke aplikasi sumber) dan tidak lagi memudar pada mouse-over.

Untuk menghindari spam pemberitahuan, mereka juga terbatas dalam jumlah per sumber dan hilang ketika aplikasi difokuskan, kecuali untuk aplikasi tertentu (Firefox, Chromium..etc) yang menggunakan banyak tab dan yang dapat mengirim pemberitahuan untuk berbagai sumber internal.

Notifikasi sekarang juga dapat ditampilkan di bagian bawah layar.

Lihat dan rasakan:

Ikon simbolis memberikan Cinnamon tampilan yang lebih modern dan dukungan yang lebih baik untuk tema gelap.

Koordinat dan ukuran beberapa widget dan komponen telah disesuaikan untuk jatuh pada piksel yang tepat (yang menghasilkan penghapusan sedikit buram dan membuatnya terlihat tajam).

Dialog berhenti tidak lagi melompati taskbar.

Peningkatan lainnya:

Karet-banding, yang sebelumnya hanya tersedia dalam tampilan ikon, kini juga tersedia dalam tampilan daftar.

Anda sekarang dapat menekan Super + Alt (atau menggunakan opsi klik kanan pada applet Show Desktop) untuk melihat meja Anda dengan cepat, tanpa meminimalkan jendela Anda. Ketika melakukannya, meja bergerak di atas jendela Anda, sampai Anda mengklik di mana saja.

Dalam applet suara, mikrofon dan speaker sekarang dapat dibungkam secara terpisah. Sebuah opsi ditambahkan untuk memilih apakah akan memaksa aspek-rasio dari seni album. Trek dapat diubah dengan menggulir ke kiri / kanan (opsi itu dapat dikonfigurasi).

CJS, juru bahasa Javascript, telah di-rebased pada GJS 1.50.2 dan sekarang tergantung pada mozjs52.

Dukungan ditambahkan untuk elogind, systemd-timedated1 (yang harus mengganti ntp dan ntpdate di Linux Mint 19 Cinnamon Edition), dan admin: // protocol.

Dukungan ditingkatkan untuk GTK 3.22, jendela CSD (khususnya untuk tata letak tombol dan klik tuas klik) dan LibreOffice (dalam nemo-preview).

Dengan pengecualian ekstensi Nemo, semua komponen Python diporting ke Python3.

Pengaturan jaringan diberi backport dari GNOME 3.24 dan termasuk perbaikan dari GNOME 3.26.

Pengaturan wilayah sekarang mendukung kemampuan untuk menampilkan layout keyboard yang tidak biasa / eksotis.

Dalam pengaturan daya, "Shutdown segera" sekarang dapat dipilih untuk tutup tertutup dan peristiwa daya baterai kritis.

Cinnamon sekarang mengaktifkan touchpad jika tidak ada perangkat penunjuk lainnya.

Layar sekarang terkunci serentak sebelum ditangguhkan.

Tombol Suspend, Hibernate dan Screen rotation sekarang didukung ketika layar terkunci.

Thumbnail sekarang dapat ditampilkan untuk file sebesar 32GB.

Skala / Ringkasan sekarang dapat diaktifkan melalui dbus.

Xlets sekarang dapat menentukan opsi kolom ketika menggunakan daftar, pengaturan dengan dependensi sekarang menggunakan pengungkap, dependensi sekarang dapat dibalik dan didefinisikan pada bagian (bukan hanya widget). Ekspresi sederhana menggunakan operator boolean dapat digunakan untuk membandingkan nilai. Contoh pengaturan applet diperbarui untuk menampilkan semua tambahan baru ini.

HiDPI

Dukungan HiDPI menjadi lebih baik dengan setiap rilis baru.

Semua alat Linux Mint menggunakan GTK3 dan mendukung HiDPI.

Mint-Y, ikon ikon default, dikirimkan dengan ikon "@ 2x" yang terlihat tajam di HiDPI.

Gksu, yang menggunakan GTK +, dihapus dan semua alat yang menggunakannya dipindahkan ke pkexec.

Dalam pemilihan perangkat lunak standar, hanya beberapa aplikasi yang tersisa masih kurang mendukung untuk itu: Hexchat, Gimp dan Tomboy Notes.

Penyempurnaan XApps

Xed, editor teks, menggunakan jendela preferensi baru. Jenis jendela ini disediakan oleh libXapp dan dapat digunakan oleh lebih banyak aplikasi di masa mendatang.
Fitur baru di Linux Mint 19 Cinnamon Tara
Tampilan dan nuansa disempurnakan dan disesuaikan untuk GTK 3.22.

Jendela pintas keyboard ditambahkan di menu bantuan.

Plugin baru ditambahkan untuk pelengkapan otomatis kata. Plugin ini tidak menggunakan kamus tetapi mampu menyelesaikan kata-kata yang sudah ada dalam dokumen secara otomatis.

Pembaca PDF, Xreader, juga menerima jendela preferensi libXapp dan dukungan untuk tombol toolbar opsional.

Jika Anda mengaktifkan opsi untuk "Ingat file yang baru-baru ini diakses" dalam pengaturan "Privasi" Anda, Xreader akan menampilkan dan menyediakan akses cepat ke dokumen PDF dan ePub yang baru dibuka.
Fitur baru di Linux Mint 19 Cinnamon Tara
Sekarang dimungkinkan untuk mengubah ukuran thumbnail dan ukuran itu diingat untuk setiap dokumen.
Fitur baru di Linux Mint 19 Cinnamon Tara
Anotasi sekarang dapat dihapus.

Dukungan ePub ditingkatkan. Thumbnail telah diperbaiki dan sekarang mungkin untuk menyimpan dokumen ePub.

Dukungan untuk kelancaran bergulir ditingkatkan.

Perbaikan lainnya

Alat pemformat USB stick sekarang mendukung exFat.

Alat Sumber Perangkat Lunak dapat menampilkan paket yang diinstal dari AKP.

Opsi baru ditambahkan ke layar masuk untuk meningkatkan dukungan multi-monitor. Anda dapat memilih di antara monitor Anda mana yang harus menampilkan formulir masuk (secara default formulir melompat dari satu layar ke yang lain saat Anda memindahkan kursor mouse di antara mereka).

Dimulai dengan versi 61, Firefox mendukung kemajuan jendela, jadi proses pengunduhan akan terlihat di daftar jendela Anda.

Kalender GNOME diinstal secara default. Anda dapat menggunakannya sebagai aplikasi kalender offline, atau menghubungkannya ke akun Google untuk melakukan sinkronisasi dengan kalender online. Aplikasi ini juga mampu menampilkan ramalan cuaca.
Fitur baru di Linux Mint 19 Cinnamon Tara
Gnome-system-logs digantikan oleh gnome-logs.
Fitur baru di Linux Mint 19 Cinnamon Tara
Codec multimedia sekarang termasuk font Microsoft.

Semua alat Mint mendukung HiDPI, GTK3, dan Python3. Banyak juga yang beralih ke AptDaemon dan pkexec.

Pidgin telah dihapus dari pemilihan perangkat lunak default. Ini akan terus tersedia di repositori tetapi tidak lagi diinstal secara default.

Ntp dan ntpdate telah dihapus. Kayu manis menggunakan systemd untuk menyesuaikan waktu.

PIA Manager, alat pengaturan untuk koneksi PIA VPN (tersedia di repositori), sekarang mengingat pengaturan nama pengguna, kata sandi dan gateway Anda.

Rilis ini dikirimkan dengan linux-firmware 1.173 dan kernel Linux 4.15.0-20.

Perbaikan Artwork

Linux Mint 19 memiliki koleksi latar belakang yang luar biasa dari Aaron Thomas , Bruno Fantinatti , Eva Biru , Ezra Comeau-Jeffrey , Jakob Owens , Jan Kaluza , Joanna Kosinska , Johannes Plenio , Jonathan Ferland-Valois , Josh Spires , Luke Stackpoole , Micha Sager , Monika , Oskars Sylwan , Rachael Smith , Sezgin Mendil , Tom Vining , Vladimir Proskurovskiy , Will H McMahandan Willian Justen de Vasconcellos .
Fitur baru di Linux Mint 19 Cinnamon Tara
Latar belakang Linux Mint baru dari Bookwood dan Kevin Tee juga ditambahkan:
Fitur baru di Linux Mint 19 Cinnamon Tara
Tema default beralih ke Mint-Y, tetapi Mint-X masih diinstal secara default sebagai alternatif.

Banyak ikon berita ditambahkan ke ikon ikon Mint-Y dan ikon tempat tersedia dalam berbagai warna.

Untuk meningkatkan tampilan dan nuansa, tetapi juga mendukung untuk HiDPI dan tema gelap, banyak alat dan aplikasi yang dikirim dengan Linux Mint beralih ke ikon simbolik.

Komponen utama

Linux Mint 19 memiliki fitur Cinnamon 3.8, kernel Linux 4.15 dan basis paket Ubuntu 18.04.

Strategi LTS

Linux Mint 19 akan menerima pembaruan keamanan hingga 2023.

Hingga tahun 2020, Linux Mint versi mendatang akan menggunakan basis paket yang sama dengan Linux Mint 19, membuatnya sepele bagi orang untuk meningkatkan.

Hingga tahun 2020, tim pengembangan tidak akan mulai mengerjakan basis baru dan akan sepenuhnya fokus pada yang satu ini.
Sumber

Komentar (0)

Posting Komentar

Dilarang NYEMPAM ya...