Langsung ke konten utama

Beberapa Alasan Kenapa Pengguna Beralih Ke GNU/Linux

Beberapa Alasan Kenapa Pengguna Beralih Ke GNU/Linux

Mengapa Pengguna Beralih dari Windows

Selain kekhawatiran umum dan beralasan tentang keamanan, kami sering menerima pertanyaan dan komentar dari pengguna Windows yang menjadi semakin tidak puas dengan sistem operasi Microsoft. Tampaknya setelah membeli dan memasang versi baru, atau lebih mungkin membeli komputer baru dengan sistem operasi yang ditingkatkan yang sudah terpasang sebelumnya, pengguna tersebut menemukan bahwa mereka harus membeli kembali versi yang lebih baru dari aplikasi perangkat lunak yang sama yang sudah mereka miliki, hanya untuk memiliki mereka bekerja dengan versi Windows yang ditingkatkan. Beralih ke online, aplikasi perangkat lunak berbasis cloud mungkin pada awalnya tampaknya menjadi alternatif praktis, tetapi aplikasi tersebut seringkali kurang mampu dan setidaknya sama mahal, terutama setelah satu tahun atau lebih dari membayar biaya berlangganan bulanan. Untuk menambah penghinaan terhadap cedera, pengguna Windows terkadang juga harus membayar untuk aksesori baru seperti printer dan pemindai dokumen untuk menggantikan model lama yang berfungsi sempurna yang memerlukan perangkat lunak yang tidak lagi kompatibel dengan versi sistem operasi yang 'ditingkatkan'. Karena semua ini, janji 'upgrade gratis' dari Windows 7 atau 8 ke Windows 10 sebenarnya telah berubah menjadi apa pun kecuali gratis. Bahkan, itu bisa sama mahalnya dengan upgrade Windows sebelumnya telah.

Mengapa Pengguna Beralih dari macOS

Beralih ke macOS Apple (sebelumnya OSX) tidak akan membuat Anda bosan dengan treadmill karena menghabiskan lebih banyak uang untuk perangkat lunak dan peningkatan perangkat keras. Jika ada, itu mempercepat treadmill itu. Arahan Apple baru-baru ini dengan produknya tampaknya melanjutkan tren produk-produk yang semakin mahal yang menghilangkan sebanyak mungkin printer, monitor, keyboard, mouse, dan port aksesori lainnya. Dongle mahal dan adaptor harus menjadi penghasil uang untuk Apple. Mereka juga telah menutup kasus komputer pada model-model baru, menghilangkan kemungkinan mengganti atau meng-upgrade pada hal-hal sederhana Anda sendiri seperti RAM, hard drive, dan bagian-bagian yang rusak.

Ubuntu MATE Bekerja untuk Anda, Bukan Jalan Lain

Baik Microsoft maupun Apple tidak akan membiarkan Anda meng-upgrade perangkat keras komputer yang berfungsi dengan baik yang Anda beli beberapa tahun yang lalu, meskipun itu memiliki spesifikasi yang hampir sama dengan komputer terbaru yang tersedia saat ini. Anda diberitahu bahwa 'tidak mampu' menjalankan perangkat lunak modern. Secara hina, komputer Windows Anda yang seharusnya tidak mampu menjalankan perangkat lunak yang lebih modern terus berusaha memaksa Anda untuk meng-upgrade ke versi yang tidak kompatibel! Mungkin Anda lebih suka mempelajari cara mengoptimalkan Linux daripada memburu satu peretasan atau solusi Windows untuk mencegah komputer Anda melakukan hal-hal yang ingin dilakukannya - tetapi Anda tidak ingin melakukannya. Mungkin Anda hanya ingin menggunakan komputer Anda untuk menyelesaikan pekerjaan. Mungkin Anda percaya komputer Anda harus melakukan pekerjaan untuk Anda, dan bukan sebaliknya. Ubuntu MATE dirancang untuk membuat semua itu menjadi kenyataan!

Sumber : Copas dari Manual Mate & Diterjemahkan Om Google...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengganti Repository Ubuntu Bionic Beaver 18 04 LTS Ke Mirror Lokal Indonesia

Hal pertama yang sebaiknya kita lakukan setelah menginstall sebuah Distro GNU/Linux adalah dengan mengganti Repository ke mirror lokal Indonesia. Hal ini kita lakukan agar proses download aplikasi menjadi lebih cepat terutama untuk kita yang koneksi internetnya masih terbatas.
Pun dengan Ubuntu bionic beaver 18.04 LTS, sudah banyak sekali mirror di Indonesia yang bisa kita gunakan. Berikut Daftar Mirror Lokal Ubuntu bionic beaver 18.04 LTS Indonesia.
Baca Juga : Daftar Repository Ubuntu Indonesia Lengkap Repository Ubuntu bionic beaver 18.04 LTS kambing.ui.ac.iddeb http://kambing.ui.ac.id/ubuntu/ bionic main restricted deb http://kambing.ui.ac.id/ubuntu/ bionic-updates main restricted deb http://kambing.ui.ac.id/ubuntu/ bionic universe deb http://kambing.ui.ac.id/ubuntu/ bionic-updates universe deb http://kambing.ui.ac.id/ubuntu/ bionic multiverse deb http://kambing.ui.ac.id/ubuntu/ bionic-updates multiverse deb http://kambing.ui.ac.id/ubuntu/ bionic-backports main restricted universe…

Cara Install Dual Boot Ubuntu Bionic Beaver 18.04 LTS dan Microsoft Windows

Cara Install Dual Boot Ubuntu Bionic Beaver 18.04 LTS dan Microsoft Windows Untuk tutorial kali ini kita akan membahas Cara Install Dual Boot Ubuntu Bionic Beaver 18.04 LTS dan Microsoft Windows.
Kita pilih Install Ubuntu 18.04 LTS lalu akan terbuka jendela installasi seperti berikut;
Silahkan pilih Bahasa yang akan digunakan, untuk pilihan Bahasa Indonesia bisa scroll ke atas, kemudian klik Continue untuk melanjutkan.
Selanjutnya kita biarkan default (tidak terhubung ke jaringan) agar proses installasinya berjalan lebih cepat, kemudian klik Continue untuk melanjutkan;
Kita biarkan default (tidak ada yang diceklis) lalu kita klik Continue untuk melanjutkan;
Pada bagian tipe installasi, kita selalu pilih Something Else.
Gambar diatas adalah susunan partisi dual boot ubuntu dan windows yang ada pada hardisk saya.
Pertama kita buat partisi root yang akan digunakan untuk menyimpan sistem ubuntu.
Kemudian akan ada keterangn format partisi, klik Continue untuk melanjutkan;
Selanjutnya kita…

Cara Mengganti Repository Elementary OS

Kalo boleh diserhanakan, Repository adalah tempat dimana software GNU/Linux disimpan. Repository ini bisa kita akses kapan saja secara gratis. Bagi pengguna Elementary OS Loki & Juno, ada beberapa mirror yang disediakan di Indonesia, sehingga kita gak usah lagi “jauh-jauh” download software dari server utamanya. Lebih cepat dan hemat juga kan? Dalam artikel ini kita akan membahas Daftar Repository Mirror Elementary OS Loki & Elementary OS Juno yang bisa kita gunakan di Indonesia. Secara umum tahapannya akan sama saja, yang membedakan hanya di alamat mirror-nya. Namun supaya lebih jelasnnya lagi kita akan coba praktekkan selengkapnya.

Daftar Mirror Repository Elementary OS Loki Di Indonesia Karena Elementary OS Loki merupakan “turunan” Ubuntu, jadi kita bisa menggunakan repository Ubuntu Xenial Xerus 16.04 Lts di Elementary OS Loki. Berikut daftar repository Elementary OS Loki yang berada di Indonesia.

kambing.ui.ac.iddeb http://kambing.ui.ac.id/ubuntu/ xenial main restricted …

✔ Cara Paling Mudah Mengubah Repository Deepin OS Ke Repository Lokal Indonesia

Deeppin OS Salah satu tips untuk mempercepat proses download aplikasi melalui repository adalah dengan memanfaatkan mirror lokal yang lokasinya berdekatan dengan kita.
Baca Juga : BlankOn Uluwatu OS Cantik Asli Indonesia Khusus untuk Distro Deepin OS, sebenarnya sudah disediakan sebuah shortcut yang akan mempermudah kita dalam memilih mirror repository yang tutorialnya bisa kalian lihat pada video diatas. Namun pada beberapa kasus, terkadang mirror belum sepenuhnya berganti, alhasil proses download pun masih tetap lemot.
Menggati Repository Deepin OS Ke Mirror Lokal Indonesia Melalui Terminal Cara alternatif selanjutnya dalam mengganti repository adalah langsung mengedit berkasnya melalui terminal, berikut tahapannya; Pilih Mirror Deepin OS Pertama kita pilih mirror Deepin OS melalui link ini Untuk Indonesia, bisa menggunakan mirror dari kartolo, kemudian kita klik kanan lalu copy alamat mirror kartolonya. Atau langsung copy alamat ini
http://kartolo.sby.datautama.net.id/deepin/ Edit B…