Pengenalan Elementary OS Loki

Udah lama juga gak nyobain Distro GNU/Linux baru selain Xubuntu. Alasannya sih sederhana, karena udah terlalu nyaman sama Xubuntu dan gak mau ribet nginstall aplikasi pendukung lainnya (aplikasi yang biasa saya gunakan sehari-hari). Maklumlah GNU/Linux masih belum “ramah” bagi pengguna, khususnya pemula (termasuk saya).

Contohnya???

Untuk proses installasi aplikasi (software) khususnya masih kalah jauh dibanding jendela tetangga (baca : Windows). Belum lagi soal konfigurasi yang biasa kita pakai, lumayan butuh waktu yang gak sebentar. Apalagi kalo kita beneran newbie di GNU/Linux. Tapi semua alasan tersebut akhirnya pupus setelah “penasaran” banget sama Pantheon-nya Elementary OS Loki.

Untuk mencicipi Pantheon Desktop di Ubuntu sebenarnya gak mesti install ulang (fresh install) kita tinggal menambahkan repository Elementary kedalam Ubuntu kita. Tapi tetep aja ada sensasi yang kurang, berhubung ada paket “pocong” juga daripada dipake browsing gak jelas mending sekalian aja saya coba install di PC rumah dan membuatkan dokumentasi sederhananya, siapa tau bermanfaat.

Apa Sih Elementary OS Itu?

Sebelum kita mulai pembahasan, gimana kalo kita intip dulu aja “penampakan” dari Elementary OS Loki...???.

Gimana, keren kan...???

Gambar yang kalian lihat diatas adalah tampilan desktop dari Elementary OS Loki yang masih fresh install, cuma wallpapernya aja yang saya ganti.

Kesan pertama saya sih “mirip apel kegigit banget ni distro”

Setuju gak…??? Atau mungkin punya pendapat lain???

Trus, Elementary OS tuh apa donk…???

Secara sederhana, bisa kita artikan;
Elementary OS Loki adalah sebuah sistem operasi komputer berbasis GNU/Linux yang memiliki fungsi sama seperti Microsoft Windows dan MacOS.
Kenapa saya bilang sama???

Karena dengan menggunakan Elementary OS Loki pun kita tetap bisa Browsing, Facebook-an, YouTube-an, membuat tugas sekolah, nonton video, streaming-an, ngoding, sampai nge-games. Yang ngebedain disini, Elementary OS Loki bisa kita dapatkan, kita gunakan dan kita distribusikan secara Free (bebas) dan GRATIS.

Kok bisa gitu???

Ya bisa lah, karena Elementary OS Loki dilisensikan diatas GNU GPL. Buat lebih jelasnya, pembaca bisa melihatnya disini.

Kenapa saya bilang sistem operasi GNU/Linux, bukan Linux aja…???

Karena, Elementary OS Loki merupakan gabungan dari dua sistem operasi bebas dan terbuka. Yaitu GNU dan Linux. Gak sampai disitu, ada banyak komponen lainnya yang ikut disertakan. Gak percaya…??? Kita lihat faktanya;

Dari sini bisa kita simpulkan bahwa penyebutan yang benar (lengkap) adalah GNU/Linux Elementary OS Loki bukan cuma Linux Elementary OS.

Jadi, bijaknya STOP bilang Linux Elementary OS tapi GNU/Linux Elementary OS.

Hal inipun berlaku kepada Distro GNU/Linux lainnya seperti Ubuntu, Debian Fedora dan sebagainya.

Adapun untuk Ebook kali ini, kita akan lebih sering menggunakan nama Elementary OS. Yang mana istilah ini merujuk ke developernya yang memberi nama demikian (Elementary OS).

Trus, Loki itu apa ya???

Adeknya Thor yang jadi musuh di Avengers pertama kah??? hihihi
Loki itu adalah nama rilis terakhir dari Elementary OS saat tulisan ini dibuat, sama seperti sistem operasi sebelah (Windows) yang mempunyai beberapa versi, ada Windows XP, Vista, Windows 7 sampai Windows 10 atau Sistem Operasi Android seperti Kitkat, Lollipop, Marshmallow, Nougat dan seterusnya.
Gimana udah jelas???

Kalo udah jelas, kita coba napaktilas dulu yuk buat ngeliat asal muasal si Elementary OS ini.

Sejarah Elementary OS

Pengenalan Elementary OS Loki
Awalnya Pantheon dikembangkan untuk menambah alternatif Desktop di Ubuntu yang menggunakan Unity, namun karena cukup banyak peminatnya dan banyak pula yang ikut serta mengembangkannya, akhirnya Pentheon menjadi distribusi GNU/Linux sendiri dengan nama Elementary OS. Gak cuma lingkungan desktopnya saja yang berbeda, pada seri Loki ini Elementary OS banyak menawarkan aplikasi yang sengaja dibuat untuk menambah fungsionalitas Pantheon.
Pengen tau kan apa aja aplikasi tersebut...???

Tenang aja, kita akan bahas di point selanjutnya hihihihi...

Untuk pemesanan, hubungi kami melalui kontak yang tersedia berikut:

Chat WhatsApp Send SMS Call

Comment (0)

Post a Comment

Dilarang NYEMPAM ya...
Komentar yang nyertain link aktif gak akan di publish...