Tahapan Membuat Website Online Dari NOL

Tahapan Membuat Website Online Dari NOL
Artikel ini saya tulis terinspirasi dari obrolan random dengan seorang teman yang menanyakan tahapan membuat personal website secara online. Mulai dari apa saja yang harus dipersiapkan, apa itu hosting, apa itu domain, spesifikasi hosting yang bagus tuh kayak gimana, berapa lama waktu yang dibutuhkan supaya website kita bisa diakses secara online, perbedaan ekstensi  domain .com, .net, .id dan sebagainya.

Wah, banyak juga ya pertanyaannya... Kayaknya bagus juga tuh kalo dibikin materi postingan, jadi kalo besok-besok ada lagi yang nanya, saya bisa kasih jawabannya di blog ini. Itung-itung nambahin viewer hihihi... Oke, tanpa berpanjang kata, artikel kali ini saya kasih judul Tahapan Membuat Website Online Dari NOL.

Sebelumnya saya kasih disclaimer dulu ya, artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi, pastinya bersifat subjektif, jika setelah membaca artikel ini kalian malah makin pusing, berarti saya telah berhasil membuat artikel yang menjadi ciri khas blog ini yaitu "Personal Blog Yang Isinya Serba Gak Jelas".

Untuk mempermudah saya dalam menjawab sekelumit pertanyaan diatas, saya akan mencoba membaginya kedalam 3 tahapan utama, diantaranya;
  1. Persiapan Pembuatan Website
  2. Proses Pembuatan Website
  3. Meng-online-kan Website
Oke, kita akan mulai dari tahapan pertama.

1. Persiapan Membuat Website

Hal yang biasanya saya lakukan ketika akan membuat sebuah website adalah membuat konsepnya terlebih dahulu, apakah website nya bersifat personal yang berisi informasi pribadi atau sekaligus bisa berupa catatan atau diary, website yang merupakan Company Profile sebuah perusahaan, Toko Online atau website lainnya.

Konsep Website

Nah, berhubung temen saya pengennya bikin website personal yang juga berisi dokumentasi pribadi, jadi selanjutnya kita hanya akan bahas personal website ya.

Metode Pembuatan

Kalo udah ditentuin konsep website-nya, langkah selanjutnya pilih cara (metode) membuat website-nya. Secara garis besar ada dua pilihan yang bisa ambil. Yang pertama kita bisa ngoding dari NOL, syaratnya harus bisa minimal ke 5 komponen website modern seperti HTML, CSS, JavaScript, PHP, MySQL.

Wah, banyak ya... Lama donk kalo gitu...

Yaiyalah, semua kan ada prosesnya, atau kalo kita gak bisa sama sekali ke 5 "bahasa" diatas, ada alternatif lainnya yaitu menggunakan CMS.

Apa tuh CMS...???

Simplenya, CMS adalah software untuk membuat website tanpa harus mengerti bahasa pemrograman. Ada banyak CMS yang terkenal mulai dari yang Gratis sampai yang berbayar (Donasi).

Contoh yang paling terkenal diantaranya; Blogspot (Blogger), WordPress (selfhosted/WordPress.org), Drupal, Joomla dan sebagainya.

Bedanya...???

Nah, untuk bedanya sebenernya ada banyak banget, tapi gak akan kita bahas disini.

Kenapa...???

Karena butuh artikel khusus supaya penjelasannya gak ngegantung.

Tapi secara garis besar, bisa dibedain dari "kepemilikan dan tingkat kesulitannya" Kalo kita pake Blogspot, website kita itu numpang di Google, namanya numpang ya harus nurut sama peraturan Google, dan untuk punya website yang kece, kalian lagi-lagi harus ngerti minimal 3 komponen website (HTML, CSS, JavaScript).

Loh, kok gitu...??? Kan ada tuh yang jual template Blogspot dengan harga mulai sekian sampai sekian...???

Iya sih, tapi setelah kalian beli template Blogspot-pun gak serta merta tampilan website kalian bakal sama kayak template yang kalian beli. Tetep aja butuh keahlian "ngoding" buat nyettingnya.

Terus Gimana Donk...???

Nah, saran saya pake aja WordPress atau Drupal, jangan Joomla...

Kedua CMS tersebut udah lebih dari cukup untuk membuat website sederhana sampai yang terlihat professional.

Emang kenapa sama Joomla...???

Karena saya pribadi belum ngerti sama Joomla, jadi belum bisa ngasih tutorialnya dan gak berani ngomong terlalu jauh hihihi... Jadi kita hanya akan ngomongin antara WordPress dan Drupal.

Nah, karena udah terlalu banyak yang ngebahas WordPress, gimana kalo kita pake Drupal aja...???

2. Proses Pembuatan Website

Oke, setelah kita memutuskan untuk membuat website menggunakan Drupal, yang harus kita lakukan adalah mendownload installer Drupal untuk diinstall didalam komputer. Kita pake cara termudahnya aja ya, pertama kita browsing ke alamat : https://bitnami.com/stack/drupal/installer trus scroll agak kebawah dikit sampe muncul gambar kayak gini;
Tahapan Membuat Website Online Dari NOL

Pilih sesuai sistem operasi yang kalian gunakan, karena saya pakenya Ubuntu, jadi saya pilih yang versi penguin (Download For Linux 64 bit). Ukurannya lumayan gede, sekitar 300 MB-an, jadi siapin koneksi internet yang cukup ya. Sambil nunggu downloadnya selesai, artikelnya saya gantung ya. Karena udah jam 1, dan saya butuh tidur, jadi tutorialnya saya lanjutkan diartikel berikutnya...

Untuk pemesanan, hubungi kami melalui kontak yang tersedia berikut:

Chat WhatsApp Send SMS Call

Comment (0)

Post a Comment

Dilarang NYEMPAM ya...
Komentar yang nyertain link aktif gak akan di publish...