Belajar BlankOn Untuk Pemula

Pengen pake Distro GNU/Linux tapi masih bingung nyari tutorial videonya??? Nah di artikel kali ini saya akan rangkum beberapa video belajar BlankOn untuk pemula.
Belajar GNU/Linux BlankOn Untuk Pemula

eBook Belajar BlankOn Untuk Pemula

Nah, buat yang pengen punya versi eBooknya, bisa didownloadnya disini (silahkan klik).

Udah pada tau kan sama Sistem Operasi karya Anak Bangsa Indonesia ini...???

Kalo belum tau, kalian bisa melihat artikel sederhana yang saya tulis tentang BlankOn Uluwatu ditautan ini. Kalo udah tau, kita langsung aja ke pembahasan utama yaitu Tips & Trik Menggunakan BlankOn Uluwatu Untuk Keperluan sehari-hari.

BlankOn Uluwatu

Kesan saya saat pertama kali menggunakan BlankOn Uluwatu yaitu kok terkesan gak ada perubahan berarti ya, baik dari tampilan yang mirip bahkan sama dengan BlankOn Tambora X yang tutorialnya pun udah saya bahas dilink ini. Padahal biasanya di setiap versi rilis, Tim BlankOn selalu menghadirkan inovasi terutama dari segi tampilan yang semakin membuat pecinta GNU/Linux terkesima.

Tapi ya sudahlah, lagipula tampilan desktop BlankOn udah sangat sangat ciamik kok... Kita lanjut ke point berikutnya.

Cara Mendapatkan BlankOn Uluwatu

Dikutip dari buku panduan BlankOn, awalnya BlankOn adalah sebuah Distro Turunan dari Fedora Core hingga versi rilis ke 1.1. Sempat terhenti ditengah jalan dan mengubah Distro basisnya ke Ubuntu sampai versi Ombilin (Ombilin masih berbasis Ubuntu namun sudah tidak 100% kompatibel dengan Ubuntu), akhirnya pada versi BlankOn Pattimura 7, tim BlankOn langsung mengambil kode sumber ke Distro Debian dan mempunyai lumbung paket yang terpisah dari Ubuntu. Mulai versi Pattimura inilah BlankOn sudah murni lepas dari bayang-bayang Ubuntu dan tentunya mulai merombak tampilan desktopnya.
Keren kan???

Trus gimana cara mendapatkan BlankOn Uluwatu??? Gampang, kita tinggal mendownload file installer (ISO) BlankOn di beberapa sumber yang disediakan. Diantaranya adalah;

http://cdimage.blankonlinux.or.id/blankon/rilis/11.0.1/
Supaya lebih gampangnya lagi, kalian bisa langsung download ISO BlankOn Uluwatu dibawah…

Download BlankOn 64 bit

Ukuran ISO nya sekitar 1’8 Gb, jadi disiapin dulu aja koneksi internet yang stabil supaya proses Download ISO BlankOn Uluwatu XI nya lancar…

Membuat USB Installer BlankOn Uluwatu X

Sebelum digunakan untuk installasi, ISO BlankOn Uluwatu yang barusan kita download harus di ekstrak dulu ke USB dengan menggunakan software khusus. Sebenarnya ada banyak software yang bisa kita gunakan, namun pada tutorial kali ini kita akan mencoba menggunakan Etcher.

Jika di windows kita bisa menggunakan Rufus sebagai software ekstrak ISO ke USB, di GNU/Linux dalam hal ini Ubuntu kita bisa menggunakan software alternatifnya yaitu Etcher.

Apa Itu Etcher?

Etcher adalah software multiflatform yang bisa berjalan di beberapa sistem operasi populer seperti Windows, MacOS dan GNU/Linux yang berfungsi untuk mengekstrak ISO kedalam USB sehingga bisa kita gunakan untuk menginstallnya kedalam PC/Laptop.

Download Etcher

Untuk mendapatkan Etcher, kita bisa langsung mendownloadnya di situs resminya dialamat https://etcher.io lalu sesuaikan dengan sistem operasi yang kalian gunakan.

Cara Menggunakan Etcher Di Ubuntu

Sebagai contoh, disini saya akan mencoba menggunakan etcher untuk membuat usb installer di Elementary OS Loki 64bit. Pertama kita download terlebih dahulu versi softwarenya disini kemudian kita ekstrak file tersebut. Kemudian kita beri permission dengan mengetik chmod +x nama_softwarenya. Untuk menjalankannya kita bisa langsung klik kanan run atau melalui terminal dengan mengetik perintah ./nama_softwarenya. Berikut screenshotnya;

Etcher sangat intuitif, kita hanya memerlukan 3 tahapan saja, pertama kita pilih ISO kemudian Pilih USB kemudian Flash. Berikut tutorial singkatnya;
Gambar diambil dari situs etcher.io

Video Tips & Trik belajar GNU/Linux BlankOn Uluwatu Untuk Pemula
Oke, karena artikelnya belum beres, untuk lebih jelasnya bisa melihat video tutorial dibawah;

Belajar BlankOn Untuk Pemula



Panduan BlankOn Tambora X 



Cara Install BlankOn Uluwatu


Tips & Trik BlankOn Tambora X



Cara Mengatasi Error Repository BlankOn Uluwatu



Cara Mengatasi Error Repository BlankOn Tambora X



Cara Mengganti Icon Di BlankOn


Cara Install Kdenlive Di BlankOn


Tips & Trik BlankOn Uluwatu


Cara Install Software Populer Di BlankOn

Sublime Text


Android Studio


Atom Text Editor


Google Chrome


Brackets


OnlyOffice

eBook Belajar BlankOn Untuk Pemula

Nah, buat yang pengen punya versi eBooknya, bisa didownloadnya disini (silahkan klik).

Semoga bermafaat...