Share Pengalaman Membuat Postingan Menggunakan Aplikasi Blogger Di Android

"Artikel ini telah diupdate melalui laptop"
Tutorial Nge-Blog Lewat Handphone

Hmmm...

Berhubung charger lepi lagi ngadat (rusak) dan belum sempet nyari penggantinya, jadi harus "cuti" sementara waktu. Agak repot juga sih kerja tanpa lepi, tapi ya mau gimana lagi, diterima dulu aja sambil tetep ngerjain apa yang bisa dikerjain.

Kebetulan di handphone ada aplikasi Blogger yang udah cukup lama saya install, dan lagi pengen ngeblog juga. Jadi sekalian aja saya bikin dokumentasi dan sedikit kesan selama menggunakan aplikasi Blogger tersebut.

Disclaimer Dulu Ya...

Isi postingan kali ini berdasar pengalaman pribadi dan sangat bersifat subjektif, jadi sangat mungkin kalo kalian gak setuju. Untuk kelengkapan gambar akan saya update secepatnya (kalo lepi udah on lagi ya). Mudah-mudahan aja tetep bisa diambil manfaatnya, terkhusus buat kalian yang mau nyoba ngeblog menggunakan hape.

Kesan Pertama... Cukup Mengecewakan

Ya... Kesan pertama saya setelah menginstall aplikasi Blogger lewat Play Store adalah cukup mengecewakan...

Kenapa...???

Karena aplikasi Blogger terkesan biasa-biasa aja, malah kayak yang dibikin asal jadi dan gak kerawat.

Apa karena terlalu berharap banyak, jadi pas dapet yang kurang sesuai langsung kecewa...???

Entahlah...

IMHO (In My Humble Opinion...) Blogspot dan Sistem Operasi Android kan sama-sama kepunyaan simbah (Google), masa sih developer nya gak bisa bikin aplikasi yang lebih keren dikit.
Apa aja nih, "kekurangan" atau fitur yang hilang di aplikasi Blogger Android...???

Text Editor Miskin Fitur

Tutorial Nge-Blog Lewat Handphone
Teks Editor (tempat membuat postingan) cuma nyertain 3 fitur aja, diantaranya;
  1. √ Bold
  2. √ Italic
  3. √ Link
Artinya, kalian gak bisa bikin struktur postingan (Heading, Subheading, Mirror Heading), Formatting Text dan sebagainya mengikuti kesukaan Search Engine.

Termasuk untuk membuat list (daftar) seperti yang saya buat diatas. Semuanya harus dilakukan secara manual.

Sebagai informasi, disini kita gak bisa nambahin tag html secara manual juga ya.

Nah, buat kalian yang konsen ke arah SEO pastinya bakal kesulitan banget disini.

Gambar Susah Diatur

Buat blog yang isinya tutorial atau yang menyertakan banyak gambar kayaknya gak cocok pake aplikasi ini. Pasalnya kita bakal kesulitan buat nyantumin gambar khususnya ditengah postingan.

Untuk membuat cover image/feature image/thumbnail postingan-pun tidak bisa kita lakukan (sejauh yang saya coba).

Meskipun fitur untuk menambahkan gambar memang disediakan, tapi setelah saya coba, gambarnya malah muncul di bagian akhir postingan. Agak repot juga ya...

Alternatif Solusi...???

Sebenernya hal itu bisa disiasati dengan format penulisan Markdown. Misal kalo kita pengen bikin heading 2 didalam postingan, kita cukup menulisnya seperti ini (contoh dibawah) :
##Heading 2## 
Ini adalah heading 2 yang ditulis dengan format Markdown.

Tapi masalahnya, Blogger belum support Markdown. Jadi dengan kata lain, postingan kita bakal terlihat datar dari awal sampai akhir (tanpa heading) kayak postingan yang lagi kalian baca ini.

Deskripsi & Custom Link Hilang

Tutorial Nge-Blog Lewat Handphone
Kekurangan selanjutnya adalah kita gak bisa membuat deskripsi postingan, yang justru perannya cukup vital untuk menggaet pengunjung mengklik postingan kita dihalaman pencarian. Kemudian fitur untuk membuat custom link juga tidak ada, jadi mau gak mau, suka gak suka, harus nerima dibuatkan permalink otomatis.

Kelebihan Menggunakan Aplikasi Blogger...???

Ada kekurangan, tentu pasti ada kelebihannya donk... Nah, supaya lebih adil dan gak terkesan mengkritik secara "membabi buta" saya juga akan sampaikan beberapa kelebihan "Nge-Blog" lewat smartphone menggunakan aplikasi Blogger.

Fleksible

Dengan menggunakan aplikasi ini kita bisa lebih leluasa dalam membuat postingan, sambil nunggu antrian Bus Way, sambil berdiri didalam Commuter Line, sambil nunggu delay pesawat, bahkan sambil "nongkrong" di WC ;-D

Cukup modal handphone dan koneksi internet tentunya, kita udah bisa Nge-blog kapanpun dan dimanapun. Minimal kita bisa mencatat point-point (draft) penting yang akan kita perdalam lagi pembahasannya sebelum dipublish melalui laptop.

Fitur Preview Sudah Tersedia

Tutorial Nge-Blog Lewat Handphone
Buat pemula yang sering tiba-tiba "nge-blank" saat bikin postingan, atau "terjangkiti penyakit" typo pasti butuh banget buat nge-preview postingan sebelum dipublish. Menariknya, dengan menggunakan aplikasi ini kira secara default langsung bisa melihat (preview) tulisan dalam format lengkap. Meskipun tampilannya seperti Reader Mode (tidak tampil dengan formate template blog) tapi fitur ini sudah sangat lebih dari cukup.

Cukuplah Ya...

Meskipun aplikasi ini belum memenuhi "ekspektasi" saya secara pribadi, dan sangat tertinggal jauh jika dibandingkan dengan aplikasi WordPress di Android (artikelnya akan saya bahas secara terpisah), tapi bisa dibilang udah lebih dari cukuplah ya... Tinggal pinter-pinter kita-nya aja untuk memaksimalkan fungsi aplikasi ini.

Mungkin kalian punya pendapat lain...??? Sampein aja dikolom komentar ya...

Untuk pemesanan, hubungi kami melalui kontak yang tersedia berikut:

Chat WhatsApp Send SMS Call

Comment (0)

Post a Comment

Dilarang NYEMPAM ya...
Komentar yang nyertain link aktif gak akan di publish...