Channel YouTube LudyWebiD

Channel YouTube LudyWebiD
Berawal dari keinsengan bikin video dokumentasi selama menggunakan sistem operasi GNU/Linux, akhirnya saya putuskan untuk membuat channel YouTube personal yang emang isinya gak jelas.

Gak kerasa udah lebih dari 1 tahun dan udah ada skitar 43 Subscriber dan 10.715 play, padahal gak niat-niat banget bikin kontennya hehehe.
Channel YouTube LudyWebiD
Maklumlah masih serba terbatas, mulai dari audio yang sering noise, terbata-bata dalam membuat narasi dan belum ngerti ngedit video di GNU/Linux.

Tapi ya sudahlah, karena semuanya-pun pasti ada prosesnya.

Channel YouTube LudyWebiD

Semua konten di Channel YouTube LudywebiD berasal dari pengalaman pribadi yang sudah pasti bisa dipertanggungjawakan, bukan hasil "mencuri" konten channel lain kemudian memotong, mengedit dan mengupload ulang demi mencari receh dollar.

Wow, sampe segitunya buat nyari dollar dari YouTube, curi sana curi sini hihi...

Mau Dibawa Kemana Channel YouTube-nya?

Karena awalnya memang berasal dari keisengan aja, jadi ya kita liat aja bakal kearah mana Channel YouTube-nya. Sambil semakin belajar membuat konten yang lebih berkualitas dan tentunya bisa menghadirkan manfaat buat yang gak kesasar mampir ke Channel Saya.

Akhirnya setelah nunggu satu tahun lebih, tepatnya dari tanggal 23 April 2017 saat pertama kali bikin Channel YouTube Isenk, sekarang tanggal 22 September 2018 bisa juga punya URL Custom yang tentunya lebih mudah dihafal.

Persyaratan Custom URL

Supaya gak nggantung, mending kita liat dulu aja persyaratan punya URL Custom yang saya salin dari sini.

Untuk membuat URL kustom untuk channel, akun Anda harus:
  • Memiliki 100 subscriber atau lebih
  • Berusia setidaknya 30 hari
  • Telah mengupload foto untuk ikon channel
  • Telah mengupload header channel
  • Secara umum, channel YouTube hanya boleh memiliki satu (1) URL kustom, dan URL kustom tidak bisa ditransfer atau dipindahkan ke orang lain.
Kalo ngeliat dari persyaratan diatas sih emang pesimis juga, soalnya buat Channel YouTube yang isinya serba Ngacapruk kayaknya agak susah hihihi...

Belum lagi soal konten yang diupload, udahmah ngacapruk, yang dibahas tentang Tutorial GNU/Linux yang emang dari segi penggunanya sangat sedikit dibanding Sistem Operasi lainnya.

Tapi gak apa-apa, karena emang awalnya juga isenk bikin dokumentasi pribadi, isenk juga ngupload ke YouTube, eh dapet juga Custom URL YouTube-nya hihihi.

Penting Ya Custom URL...???

Sebenernya penting gak penting sih, tergantung darimana kita ngeliatnya. Kalo buat saya sih supaya lebih simple diinget aja, jadi kalo ngasih tau ke orang lain lebih enak. Contohnya gini, ada dua URL yang sama-sama mengarah ke Channel YouTube saya;

Alamat Channel YouTube lama

https://www.youtube.com/channel/UC4jhp4F0_AINEA7_c_SU29g

Alamat Channel YouTube Baru

https://www.youtube.com/c/LudyWebiD

Kira-kira lebih enak nyebutin dan lebih mudah diinget yang mana tuh...???

Kenapa Punya Channel YouTube...???

Nah, ini dia pertanyaan yang cemerlang hihihi...

Ada beberapa alasan yang mendasari saya membuat Channel YouTube Personal;

Dokumentasi Pribadi

Karena saya belajar GNU/Linux secara Otodidak, jadi sering nemuin permasalahan yang kadang susah nyari jalan keluarnya.

Awalnya saya posting pemecahan masalahnya di blog, tapi karena blog cuma nyertain tulisan dan gambar, jadi kadang suka lupa juga step by stepnya, supaya lebih mantep lagi saya bikin versi videonya.

Media Berbagi Pengalaman

Pepatah mengatakan, ingatan itu kayak pisau yang kalo gak diasah bakal tumpul, daripada disimpen sendiri akhirnya gak ada manfaatnya, mending dishare ke orang lain melalui media YouTube, siapa tau ada diluaran sana yang juga ngalamin permasalahan yang sama dan bisa kebantu dengan video sederhana yang kita publish.

Bukankah sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat untuk sesama...???

Bekap Video GRATIS

Alasan terakhir karena YouTube bisa saya jadikan sebagai media BackUp video GRATIS. Nah, karena video dokumentasi dan tutorial komputer yang saya buat udah cukup banyak dan makan tempat di hardisk, jadi saya upload ke YouTube. Tinggal setting aja mana yang privat mana yang public.

Kan enak tuh, jadi kalo hardisk laptop udah penuh atau Bad Sector, kita bisa sedikit tenang karena video dokumentasinya udah diupload ke YouTube.

Jadi YouTuber...???

Wah, kayaknya enggak deh...

Nyadar diri dan emang bukan itu tujuannya. Punya Channel YouTube lebih karena ingin belajar Berbagi Ilmu dan Pengetahuan yang saya miliki.

Cara Setting Custom URL YouTube

Oke, sekarang kita masuk ke materi utama yaitu tahapan mengubah URL Channel YouTube, saya asumsiin pembaca udah punya kriteria diatas ya.

Pertama kita browsing ke https://www.youtube.com/features (setelah login tentunya) buat ngecek udah bisa dicustom apa belum.
Channel YouTube LudyWebiD
Kalo udah, bakal ada keterangan Eligible dibagian Custom URL, kita klik, trus bakal dibawa kehalaman kayak gini:
Channel YouTube LudyWebiD
Kita klik Claim It Here, trus bakal nongol tampilan kayak begini;
Channel YouTube LudyWebiD
Ada dua pilihan, yang pertama ngikutin nama akun Google kita, secara otomatis sih bakal dikasih kayak gitu. Trus yang kedua, kita bisa tambah ornamen lainnya misal ditambah tanggal lahir, ato identias lainnya.

Kalo udah, klik Change URL. Nanti bakal muncul lagi tampilan kayak gini;
Channel YouTube LudyWebiD
Kalo udah yakin, kita klik Confirm Choise.

Oia, sependek pengetahuan saya, alamatnya mau pake huruf besar atau huruf kecil gak ada bedanya kok, artinya gini, antara https://youtube.com/c/ludywebid dan https:/youtube.com/c/LudyWebiD dianggap satu alamat yang sama.

CMIIW ya...

Akhir kata, terima kasih sudah merelakan kuota internetnya untuk melihat video yang masih sangat tidak berkualitas hehehe...