Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula

Belajar GNU/Linux BlankOn Dari NOL Untuk Pemula
Assalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh...

eBook ini saya tulis sebagai rujukan pembaca yang ingin menggunakan Sistem Operasi GNU/Linux namun bingung untuk memilih yang mana.

Silahkan Dowload versi eBooknya dibawah;



Pasalnya ada ratusan bahkan ribuan Distribusi GNU/Linux yang ada di dunia.

Gak percaya?

Coba cek langsung ke Distrowatch.com (silahkan klik).

Sebenernya “gak dosa” juga buat “poligami” dengan beberapa Distro GNU/Linux, bahkan dalam sebuah rumah (komputer).

Bukan bermaksud “memprovokasi”, tapi gak ada salahnya juga kan kalo saya share pengalaman seru bersama si BlankOn ini.

Biar karya anak bangsa ini makin terkenal ke-seantero dunia.
Milih Distro GNU/Linux itu “sama” kayak milih Istri, kalo kita merasa mampu untuk memenej semua-nya dengan baik, kenapa engga? Tapi kalo khawatir gak mampu dan 1 aja udah cukup untuk memenuhi segala kebutuhan (komputasi) kita, kenapa mesti nambah lagi?
Jangan terlalu serius nanggepinnya…

Santai aja...

Sesantai hembusan angin musim semi (sambil ngayal karena saya-pun gak tahu seperti apa musim semi itu).

Metode Penulisan


Sebelumnya saya jelasin dulu ya metode penulisan dan sumber rujukan yang saya pakai untuk menyusun eBook ini.

Untuk metode penulisan eBook ini saya tidak menggunakan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) atau yang lebih baru EBI (Ejaan Bahasa Indonesia).

Saya menggunakan gaya bahasa sehari-hari aja, soalnya terlalu “menguras otak” kalo harus menggunakan bahasa baku, yang ada malah kaku.

Maklumlah, saya gak ada dasar ilmu menulis yang baik dan benar.

Ngomong aja sering typo apalagi nulis.

Cuma pengen berbagi aja, daripada semua materi “mampet” disimpen di localhost & berceceran tak bertuan.

Hampir sebagian besar (diatas 50%-an) materi yang saya tulis disini sebenarnya sudah saya posting di Personal Blog saya dialamat ludy.web.id dan eBook saya sebelumnya yang membahas BlankOn Tambora X.
Untuk memudahkan proses maintenance, semua postingan yang berhubungan dengan GNU/Linux sudah saya pindahkan ke blog khusus dialamat https://belajargnulinux.blogspot.com
Tapi berhubung postingan disana belum berurutan atau masih acak-acakan, kadang ngegantung (sekarang blog-nya masih dalam tahap pengembangan ulang), jadi sengaja saya gabungkan dalam sebuah file berbentuk PDF sekaligus saya perbaiki baik dari materi, pengetikan dan sebagainya.

Tujuannya agar lebih mudah untuk diikuti dan sekaligus sebagai media dokumentasi pribadi.

Semoga aja serangkaian artikel yang saya susun jadi eBook berbentuk buku saku sederhana ini bisa bermanfaat, minimal menambah wawasan pembaca yang baru bermigrasi ke Sistem Operasi Bebas dan Terbuka dan “Hijrah” dari kelamnya dunia “OS & Software Bajakan”.

Disclaimer


Supaya lebih enak, saya kasih “Disclaimer” dulu deh diawal.

Semua hal yang saya tulis didalam eBook ini berdasarkan pengalaman pribadi dan spesifikasi hardware yang saya punya. Oleh karenanya gak ada jaminan semua tutorial disini bisa berjalan mulus (100%) jika diaplikasikan dengan hardware lainnya, termasuk milik pembaca.

Karena dari segi tampilan antara BlankOn Tambora dan BlankOn Uluwatu tidak jauh berbeda (kalo gak mau dibilang sama). Di eBook ini saya masih nyertain beberapa koleksi screenshot yang diambil dari BlankOn Tambora, tapi tetap bisa diterapkan (kompatibel) dengan BlankOn Uluwatu. Anggap aja eBook ini ngebahas dua versi rilis BlankOn sekaligus.

Nah, yang paling penting nih, dengan sampainya eBook ini ditangan pembaca, saya asumsikan semua pembaca setuju dengan “aturan main” yang saya buat.
Intinya saya tidak bertanggung jawab jika ada “kerusakan” terhadap komputer (seperti hilangnya data, tidak berfungsinya hardware dan sebagainya) akibat mempraktekkan tutorial dialam eBook ini
Ya kalee, kalian yang eksekusi saya yang tanggung jawab...

Do With Your Own Risk Please…

Kalo udah setuju, langsung aja kita masuk ke pokok pembahasan.

Pendahuluan


Berhubung eBook ini dibuat oleh pemula dan saya tujukan untuk pemula yang saya asumsikan belum sama sekali menggunakan, bahkan mengenal Sistem Operasi BlankOn, maka untuk mengawali eBook ini, kita akan mulai dari hal yang sangat sederhana.

Seperti Definisi BlankOn, Filosofi BlankOn, Sejarah Perkembangan BlankOn, Beberapa Versi BlankOn, Persyaratan Minimum Menjalankan BlankOn, dan Cara Mendapatkan BlankOn.

Apa Itu BlankOn

Download eBook Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula Lengkap Video Tutorial Gratis
Sumber Gambar (klik)
“BlankOn itu apa ya?

Nama tutup kepala asal pulau Jawa kah?”

Mungkin itu penafsiran kita saat pertama kali mendengar kata BlankOn.

Termasuk saya haha…

Tapi bukan Blangkon diatas yang kita maksud.
BlankOn adalah sebuah sistem operasi komputer asal Indonesia yang memiliki fungsi sama seperti Microsoft Windows dan MacOS.
BlankOn dikembangkan langsung oleh Tim Pengembang BlankOn dibawah naungan YPLI (Yayasan Penggerak Linux Indonesia) yang bertujuan untuk menghadirkan sebuah sistem operasi GRATIS sebagai langkah nyata untuk meminimalisir pembajakan sistem operasi yang marak terjadi di Indonesia.

Oia, YPLI ini merupakan Organisasi Non-Profit loh, mereka bergerak di bidang pengembangan software dan sumber daya manusia. Khususnya yang berkaitan dengan GNU/Linux dan Free & Open Source Software (FOSS) lainnya di Indonesia.

FYI (For Your Information) aja, dilansir dari https://www.revulytics.com/blog/top-20-countries-software-piracy-2017

Ternyata Indonesia masuk peringkat ke 14 besar loh (tahun 2017) dalam “kasus pembajakan software” di dunia.

Berikut screenshotnya;
Download eBook Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula Lengkap Video Tutorial Gratis
Sumber Gambar (klik)
Gambar 20 Negara Dengan Pembajakan Software Terbesar Tahun 2017

Filosofi BlankOn


Kata BlankOn sendiri terdiri dari dua kata yaitu Blank dan On yang diambil dari filosofi sebuah keadaan dari kosong menjadi hidup/menyala.

Namun untuk mempermudah dan menyesuaikan dengan lidah Indonesia, disebutlah BlankOn (pengucapan blangkon).

Saya sendiri lebih suka menyebutnya “Blangkon” daripada “Blenk-On”. Maklum-lah makanan utama saya nasi, bukan keju dan roti.

CMIIW ya… (Correct Me If I’m Wrong).

BlankOn Uluwatu


Uluwatu adalah nama sebuah daerah di Provinsi Bali. Nama ini diambil sebagai “versi” dari rilis ke 11 BlankOn. Sama kayak Android yang punya versi Marshmallow, Lollipop, Kitkat dan sebagainya.

Setiap versi pastinya merupakan “penyempurnaan” dari rilis sebelumnya.

Harapannya sih seperti itu, tapi tetap pengguna akhir (user) lah yang menentukan versi rilis mana yang terbaik sesuai selera dan kebutuhan yang pasti berbeda-beda.

Udah bisa nyimpulin donk sekarang apa itu BlankOn Uluwatu?

Sejarah Perkembangan BlankOn


Kita coba napak tilas sebentar yuk sama si BlankOn ini.

Pada awal pembuatannya, sistem operasi ini (BlankOn) menginduk kepada Fedora Core yang juga merupakan sistem operasi GNU/Linux yang populer turunan RHEL (Red Hat Enterprise Linux).

Namun setelah beberapa rilis, BlankOn “mati suri”, kemudian setelah “bangun dari tidur”, BlankOn mengubah haluan dengan beralih ke Ubuntu sampai versi rilis BlankOn Ombilin.

Sekitar tahun 2011 BlankOn resmi menjadi sistem operasi mandiri (mempunyai repository sendiri) yang mengambil sumber langsung ke Distro GNU/Linux Debian ditandai dengan rilisnya BlankOn versi Patimura.

Sejak saat inilah (versi Patimura) BlankOn mulai rajin menghadirkan terobosan yang membuatnya semakin dikenal dunia.

Mulai dari mengembangkan lingkungan desktop (Desktop Environment) sendiri, sampai beberapa aplikasi yang diracik khusus untuk mengentalkan rasa Indonesia-nya.

Salah satu yang paling berkesan buat saya selama menggunakan BlankOn Patimura adalah notifikasi waktu yang ada dipojok kanan bawah. Cocok banget sebagai pengingat buat yang sering lupa waktu kalo udah didepan lepi.

Oia, dari awal rilis, BlankOn selalu konsisten menyertakan ciri khas Indonesia loh. Mulai dari Nama Pahlawan, seperti Patimura, Daerah (gunung) seperti Tambora, dan terakhir Uluwatu (Bali).

Kebetulan saya udah bikin review BlankOn Uluwatu;
Oke, kalo udah ditonton, sekarang kita lanjut ke materi berikutnya.

Beberapa Versi BlankOn


Dari awal rilis, sama seperti kebanyakan Distro GNU/Linux Turunan lainnya, BlankOn menawarkan banyak varian (rasa) untuk Desktop (Personal Computer), mulai dari BlankOn Sajadah yang berisi koleksi aplikasi Islami, BlankOn Multimedia, BlankOn Minimalis dan sebagaianya.

Dengan menyediakan (setidaknya ada) 2 versi arsitektur yaitu i386 untuk processor 32bit dan amd64 untuk processor 64bit. Nah, seiring dengan perkembangannya kini BlankOn hanya menyediakan versi standard saja (destop) dengan arsitektur 64bit.

Uluwatu adalah versi terakhir dari BlankOn yang akan kita gunakan dikesempatan kali ini

Berikut tampilan BlankOn Uluwatu yang sudah saya ganti backgroundnya;
Download eBook Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula Lengkap Video Tutorial Gratis
Gimana, ciamik kan tampilannya?

Dan kerennya lagi, Desktop Environment diatas dibuat sama Anak Bangsa loh…

Persyaratan Minimum Menjalankan BlankOn


Oke, sekarang kita bahas spesifikasi minimum BlankOn.

Untuk menjalankan BlankOn pada komputer, setidaknya komputer kita harus memiliki beberapa persyaratan seperti berikut;
  • CPU 1.6 GHz
  • RAM 2 GB (direkomendasikan 4 GB)
  • Ruang hard disk 15 GB (saya sarankan lebih dari 20 GB agar bisa digunakan untuk menginstall aplikasi tambahan)
  • VGA onboard 256 MB
Sayangnya mulai versi Uluwatu, BlankOn hanya mengeluarkan versi 64bit saja.

Tapi tenang aja, kalo dilihat dari spesifikasinya sih rasanya sangat kompatibel dengan hardware yang umumnya ada di Indonesia.

Cara Mendapatkan BlankOn


Berbeda dengan sistem operasi komersial seperti Windows, disini BlankOn bisa kita dapatkan secara GRATIS melalui situs resminya yang beralamat di https://blankonlinux.or.id atau membeli dari orang pihak ketiga.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan BlankOn.

Download ISO BlankOn


Untuk mendownload mentahan (ISO) BlankOn, langsung saja kita browsing ke alamat https://blankonlinux.or.id atau bisa juga melalui link yang sudah saya sertakan dibawah;
Ukuran file ISO BlankOn Uluwatu XI sekitar 1'8 GB, silahkan siapkan koneksi internet yang cukup.

Namun jika dibandingkan dengan ISO Microsoft Windows 10 yang mencapai angka 4 GB (didownload langsung dari situs resmi Microsoft) tentu saja ukuran itu masih lebih kecil.

Nah, untuk mendownloadnya lebih enak pake Download Manager jangan langsung lewat web browser, supaya bisa dikredit downloadnya.

Ada banyak pilihan Download Manager yang bisa kita gunakan secara gratis (jangan yang bajakan), salah satunya Persepolis Download Manger yang sifatnya Open Source.

Supaya lebih afdol, sekalian aja kita praktekkin installasi Persepolis di Microsoft Windows, tapi kalo udah punya download manager sendiri juga boleh diskip kok, santai aja kayak dipantai.

Pertama kita download dulu installer Propolis Download Manager disini untuk 32bit dan disini untuk 64bit (klik aja ya).

Kalo udah didownload, untuk installasinya sama aja kayak menginstall software pada umumnya, tinggal next → next → doank sampe finish.

Setelah beres installasi, trus copas link dibawah;
http://cdimage.blankonlinux.or.id/blankon/rilis/11.0.1/BlankOn-11.0.1-desktop-amd64.iso
Kemudian buka di Persepolis Download Manager.

Untuk pengguna Distro seperti Ubuntu, Debian, CentOS dan Distro GNU/Linux lainnya (gak mungkin juga lah ya saya absen 1/1, bisa abis berapa halaman juga pastinya, lagipula saya gak pernah ngadain sensus Distro GNU/Linux, jadi gak hafal) bisa copas perintah berikut diterminal;

BlankOn Uluwatu;
wget -c http://cdimage.blankonlinux.or.id/blankon/rilis/11.0.1/BlankOn-11.0.1-desktop-amd64.iso

BlankOn Tambora 64bit;
wget -c http://cdimage.blankonlinux.or.id/blankon/rilis/10.0/BlankOn-10.0-desktop-amd64.iso

BlankOn Tambora 32bit;
wget -c http://cdimage.blankonlinux.or.id/blankon/rilis/10.0/BlankOn-10.0-desktop-i386.iso
Perintah diatas akan otomatis mendownload ISO BlankOn melalui software wget.

Biasanya wget udah disertain secara default dihampir Distro GNU/Linux populer.

Untuk tutorial dalam eBook ini saya menggunakan BlankOn Uluwatu.

Setelah ISO BlankOn berhasil didownload, ada beberapa hal lagi yang harus kita lakuin. Karena masih berbentuk file ISO, kita harus mengekstraknya kedalam media installer bisa berupa DVD atau USB yang akan kita bahas pada point selanjutnya.

“Kalo gak punya kuota internet gimana donk???”

Beli Installer BlankOn


Buat yang gak mau ribet download, bisa membeli media installer BlankOn. Udah banyak pihak yang ngejualnya, bisa berupa DVD installer, bisa USB installer.

Untuk harga dan cara pemesanannya silahkan Googling sendiri aja lah ya, saya engga (belum) jual hehehe.

Boleh Copas


Kalo kuota internet gak ada, duit-pun “gak punya” cara terakhir untuk mendapatkan ISO BlankOn adalah dengan menyalin (copas) dari yang punya.
Kita boleh kok meng-copy nya dari teman, dan ini legal.
Keren kan? Kurang apa lagi coba?
Masih ragu pake BlankOn?
Kalo masih ragu juga, sekalian aja saya kasih 10 alasan kenapa sebaiknya kita menggunakan BlankOn (daripada “OS Bajakan”).

10 Alasan Kenapa Menggunakan BlankOn


Ada banyak sekali jumlah Distro GNU/Linux didunia, dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sebagai pemula yang baru mengenal GNU/Linux tentu akan dibuat bingung.

Jika terlalu lama dipusingkan dengan memilih, tentu akan membuang waktu secara percuma. Maka saya sarankan untuk menggunakan BlankOn, mengapa BlankOn?

Berikut 10 alasan kenapa BlankOn sangat cocok digunakan untuk pemula.

1. BlankOn Asli Indonesia


Ya, BlankOn adalah salah satu Distro GNU/Linux karya anak bangsa. Karena berasal dari Indonesia, BlankOn sudah disesuaikan dengan kebutuhan pengguna komputer di Indonesia.

BlankOn juga menghadirkan antarmuka yang menggunakan Bahasa Indonesia, buat yang bahasa Inggrisnya senen-kemis (kayak saya) gak usah khawatir deh.

Dan yang pasti dengan menggunakan BlankOn secara tidak langsung kita ikut andil dalam mempromosikan kepada dunia bahwa Indonesia Bisa…!!!

2. BlankOn Itu Free & Open Source


Daripada pakai OS Windows bajakan dengan berbagai resikonya, mending pakai BlankOn.

Kenapa?

Karena BlankOn bisa kita dapatkan secara Free (bebas) dan Terbuka.

Free disini mengandung dua artian, pertama free dalam arti bebas dan kedua free dalam arti GRATIS.
“Trus bedanya apa donk???”

Bebas

Dalam artian bebas, BlankOn bisa kita dapatkan, bisa kita gunakan untuk tujuan personal maupun komersil, bisa kita modifikasi dan hasil modofikasi-annya bisa kita bagikan ulang kepada orang lain.

Gratis

Sedangkan dalam artian gratis, BlankOn tidak “mengharuskan” kita untuk membayar sejumlah uang untuk mendapatkannya.

Beda kayak tetangga sebelah yang serba “diduitin”. Udah gitu, harga lisensinya lumayan cukup bikin tepok jidat, apalagi untuk mahasiswa yang masih makan sehari sekali.

3. Tampilan Desktop Yang Ciamik


Masih percaya kalo tampilan (interface) GNU/Linux itu kaku dan membosankan?

Hmmm.

Kayaknya pendapat tersebut gak beralasan deh.

Buktinya BlankOn memilki tampilan yang “awesome” dan masuk kedalam kategori GNU/Linux dengan Tampilan Tercantik (menurut saya).

Mengusung Manokwari sebagai Desktop Environment-nya, BlankOn menghadirkan antarmuka yang ciamik.

Yang paling menarik perhatian saya pribadi adalah adanya panel sebelah kanan yang akan otomatis terbuka ketika mouse diarahkan (hover).

Panel tersebut berisi pintasan (shortcut) yang langsung menuju ke Sistem Settings atau jika di Windows fungsinya sama seperti Control Panel yang tentunya akan sangat membantu komputasi kita sehari-hari.

4. Mendukung Format Multimedia Populer


Pernah nyoba Distro GNU/Linux trus bingung kok gak bisa play mp3, mp4 dan format multimedia populer lainnya?

Kalo iya, berarti kita samaan…

Sebenernya sangat gampang buat mengatasinya. Kita tinggal menginstall codec multimedia yang tutorialnya udah banyak bertebaran di Internet, tapi bagi pemula khususnya yang tidak mempunyai koneksi internet, pasti akan kesulitan.

Tapi tenang aja, BlankOn secara default sudah bisa memutar file multimedia populer seperti mp3, mp4, mp5, 3gp dan format berkepemilikan (propietary) lainnya. Sehingga kita tidak perlu dipusingkan untuk menginstal codec.

Tentunya hal ini sangat memudahkan bagi pemula yang beru bermigrasi ke Sistem Operasi Bebas dan Terbuka (GNU/Linux).

5. BlankOn Itu Komplit


Ibarat makanan, BlankOn itu paket komplit yang udah nyertain 4 sehat 5 sempurna.

Kenapa?

Karena BlankOn sudah menyertakan aplikasi yang umumnya masyarakat Indonesia gunakan sehari-hari.

  • LibreOffice sebagai aplikasi perkantoran alternatif Microsoft Office
  • Firefox sebagai Web Browser yang bisa kita gunakan untuk menjelajah Internet.
  • Gimp dan Inkscape sebagai aplikasi editing gambar alternatif Adobe Photoshop dan Corel Draw.
  • VLC dan Audacious sebagai software pemutar file multimedia alternatif Windows Media Player dan Winamp.
  • Games PacMan yang akan membawa kita bernostalgia kemasa kecil dulu.

Masih kurang…???

Tenang aja, kita masih bisa menambahkan ribuan software lainnya yang bisa kita dapatkan secara GRATIS.
Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula

Wow… Emejing banget kan?

6. Dokumentasi Yang Rapih


Setiap versi rilis, pengembang BlankOn selalu rajin menyertakan panduan berbentuk PDF didalam OS-nya, namun untuk versi BlankOn Uluwatu, dokumentasinya tidak disertakan pada OS nya.

Tapi tenang aja, kita tetap bisa mengakses panduannya secara online kok.

Pastinya dengan membaca manual tersebut, kita bisa lebih mengenal lingkungan desktop BlankOn beserta fitur yang tersedia didalamnya.

Lengkap banget kan?

7. Didukung Komunitas Yang Besar


Sama seperti projek Open Source pada umumnya yang mengajak semua pihak untuk terlibat, disini BlankOn menyediakan sebuah website khusus yang bisa kita gunakan sebagai media berbagi pengalaman baik itu tutorial, tips & trik selama menggunakan BlankOn dan sebagainya.

Bagi pembaca yang ingin ikut berpartisipasi, bisa mengunjungi website tersebut yang beralamat di http://panduan.blankonlinux.or.id.

Selain itu, cukup mudah juga menemukan blog yang membahas artikel mengenai BlankOn, salah satunya kalian bisa membacanya diblog ini (promosi).

8. Mudah Digunakan


Yakin tuh BlankOn mudah digunakan?

Balik lagi ke No 1 guys, BlankOn dibuat sama orang Indonesia, yang sudah tentu sangat memahami kebutuhan pengguna di Indonesia.

Lagipula tampilan BlankOn sangat intuitif, satu hari rasanya cukup untuk membiasakan diri dengan lingkungan desktop BlankOn.
Kuncinya satu, STOP menganggap semua sistem operasi harus sama seperti Windows
Pasalnya, banyak juga “keluhan” dari pemula yang baru bermigrasi soal GNU/Linux itu susah digunakan, dan terlalu membanding-bandingkan dengan Sistem Operasi sebelumya dalam hal ini Windows.

Namun disisi lainnya mereka gak pernah “komplain” ketika bermigrasi dari satu smartphone ke smartphone lainnya (Blackberry ke Android misalnya).

Kan aneh tapi nyata.

9. Lebih Aman


Masih ingat dengan hebohnya kasus WannaCry Ransomware kemarin? Atau mungkin pernah menjadi salah satu korbannya?

Kabar baiknya, dengan menggunakan BlankOn kita tidak perlu khawatir akan terjangkiti virus atau pihak nakal yang ingin mencuri data kita.

“Brarti BlankOn kebal virus ya…???”

Singkatnya IYA.

Kita juga gak perlu menginstall software AntiVirus yang justru membuat kinerja komputer kita menjadi lambat.

Cukup firewall saja.

Setidaknya itu pengalaman saya pribadi selama menggunakan GNU/Linux.

10. Cepat & Stabil


Punya komputer dengan spesifikasi yang pas-pasan?

Jangan dulu “dimuseumkan” ya. Kalian bisa memberdayakan kembali dengan BlankOn. Tenang aja, BlankOn gak mensyaratkan spesifikasi komputer yang “wah” kok.  Bahkan kita masih bisa mengistallnya di pentium IV sekalipun.

Gak percaya, berikut persyaratan minimal untuk BlankOn;
  • Prosesor setara pentium IV dengan kecepatan minimal 2,8 Ghz (rekomendasi Dual Core).
  • Memori (RAM) 2 Gb
  • Kartu Video atau VGA Card minimal 256 MB atau 512 MB untuk efek desktop.
  • Media simpan (Hardisk) kosong sebesar 20 GB atau lebih.
Gimana, mulai tertarik untuk menggunakan BlankOn sebagai sistem operasi Anda? Jika iya, pada BAB selanjutnya kita akan langsung praktek menginstall BlankOn dikomputer.

Praktek Installasi BlankOn


Setelah sebelumnya kita “berkenalan” dengan BlankOn, pada BAB II ini kita akan lebih banyak berkutat pada praktek, seperti Cara Membuat Installer BlankOn, dan Praktek Installasi BlankOn Kekomputer.

Cara Membuat Installer BlankOn


Anggap aja kita udah punya ISO BlankOn, sebelum bisa digunakan untuk menginstall, kita harus mengekstraknya kedalam media installasi.

Secara garis besar ada 2 media yang bisa kita gunakan untuk membuat installer BlankOn, diantaranya;

DVD


Untuk membuat DVD installer BlankOn, kita membutuhkan sebuah software pembakar ISO. Ada banyak aplikasi yang bisa kita gunakan secara gratis, termasuk yang sudah terinstall secara default pada sistem operasi Windows 10.

Tapi saya gak ngerekomendasiin pake cara ini...

Kenapa?

Karena boros…

Mending uangnya kalian sumbangin ke beberapa lembaga kemanusiaan, ato minimal masukin ke koropak Mesjid.

Jadi untuk point ini kita skip… skip… skip…

USB


Media selanjutnya yang bisa kita gunakan untuk membuat installer BlankOn adalah USB.

Nah, ini yang saya rekomendasiin.

Karena ISO BlankOn hampir mencapai 2GB, maka disarankan untuk menggunakan USB minimal 4GB.

Kemudian kita download terlebih dahulu salah satu software yang berfungsi untuk mengekstrak ISO kedalam USB.

Ada beberapa software yang sangat saya sarankan untuk digunakan, diantaranya Rufus dan Etcher.

Untuk tutorial kali ini saya akan menggunakan Etcher.

Pertama kita download terlebih dahulu software Etcher disitus resminya yang beralamat di https://etcher.io/ trus pilih sesuai versi yang digunakan, 32bit atau 64bit.

Setelah berhasil didownload, kemudian kita install seperti menginstall software Windows pada umumnya.
Tinggal Next → Next → Sampai Finish
Setelah proses installasi Etcher selesai, kita buka aplikasinya.

Berikut tampilan Etcher pada komputer saya;
Download eBook Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula Lengkap Video Tutorial Gratis
Untuk membuat USB installer menggunakan Etcher sangat mudah bin gampang kok, cuma ada 3 tahapan saja.

Kita mulai dari paling kiri.
  • Select Image : Cari ISO BlankOn yang kita punya.
  • Select Device : Pilih lokasi USB yang akan kita gunakan
  • Flash : Klik Flash dan proses akan berjalan.
Yang paling keren dari Etcher adalah adanya fitur pengecekan ulang sebelum selesai, jadi meminimalisir ada data yang tidak ter-ekstrak dengan baik.

Cara Install BlankOn Ke Komputer


Kini kita akan masuk ketahapan paling penting dari isi eBook ini yaitu praktek installasi BlankOn kedalam komputer.
Jika kalian belum pernah menginstall GNU/Linux sebelumnya, saya sarankan untuk didampingi oleh orang yang sudah berpengalaman untuk menghindari terhapusnya data. Bukan bermaksud menakut-nakuti, tapi salah satu tahapan saja bisa berakibat fatal.
So, do with your own risk ya…

Trus kalo gak punya pendamping gimana donk?

Berarti kalian jomblo, eh...
Tenang aja, selain menyertakan screenshot, saya juga sudah membuat tutorial installasi versi video yang bisa kalian ikuti disini.

Sebelum menginstall BlankOn, ada beberapa hal penting yang sangat saya anjurkan untuk dilakukan.

“Are you ready?”

Backup Data Penting


Karena kita akan berhubungan dengan partisi hardisk, maka sebaiknya kita backup terlebih dahulu data yang ada pada hardisk kita ke tempat lain.

Lebih baik tempatnya terpisah (bukan dalam hardisk yang sama) untuk menghindari hilangnya data akibat salah partisi.

Dalam kasus kali ini, saya akan “mengorbankan” Sistem Operasi Windows dan menggantinya dengan BlankOn atau yang biasa disebut single boot (satu sistem operasi tunggal didalam komputer).

Karena disini BlankOn membutuhkan dua jenis partisi yang berbeda (Ext & Swap) dengan yang digunakan Microsoft Windows (NTFS), maka kita harus membuat terlebih dahulu kedua partisi tersebut.

Untuk Proses pembuatan partisi, bisa kita lakukan didalam mode live session BlankOn (akan dijelaskan selanjutnya).

Oke, kita langsung praktek…

Untuk menginstall BlankOn, pertama kita masuk ke BIOS lalu setting agar “booting” ke media eksternal (pada kasus ini USB).

Nah, untuk masuk ke BIOS caranya bisa berbeda-beda. Namun biasanya pada komputer bisa dengan menekan tombol delete. Sedangkan untuk Notebook silahkan sesuaikan dengan merk-nya masing-masing.

Pada kasus saya sendiri untuk Axioo PICO bisa menekan tombol F2 dan F9 untuk HP Elitebook 2560p.

Setelah berhasil mengarahkan media booting ke USB, kita tunggu sampai booting selesai.

Biasanya sih cuma makan waktu sekitar 1-2 menit aja, tergantung dari spesifikasi pc/lepi yang kita punya pastinya.

Setelah berhasil booting, kita akan disuguhkan dengan tampilan seperti berikut;
Download eBook Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula Lengkap Video Tutorial Gratis
Karena kita akan membuat partisi, maka kita pilih (klik) Continue Using Live CD agar kita dibawa ke desktop BlankOn.

Setelah “masuk” ke desktop BlankOn, kemudian kita cari pojok kiri atas lalu ketik GParted, kemudian klik.
Download eBook Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula Lengkap Video Tutorial Gratis
GParted adalah sebuah software yang akan kita gunakan untuk membuat partisi yang dibutuhin BlankOn.

Kalo di Windows, fungsinya sama kayak software Partition Magic.

Akan tampil aplikasi GParted beserta susunan partisi pada hardisk yang kita miliki. Nah, karena disini saya akan menghapus Sistem Operasi Windows pada partisi (drive) C yang ditandai dengan /dev/sda2 (lihat tabel Partitions) maka caranya kita pilih /dev/sda2 kemudian klik kanan lalu pilih delete.
Download eBook Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula Lengkap Video Tutorial Gratis
Maka akan terhapus partisi C atau /dev/sda2 dan tampilannya akan berwarna abu-abu (kosong) seperti gambar berikut;
Download eBook Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula Lengkap Video Tutorial Gratis
Kemudian kita lakukan hal yang sama untuk partisi System Reserved.

Partisi ini biasanya bawaan (dibuat) Windows saat pertama kali kita menginstallnya kedalam komputer.

Karena kita bakal pake BlankOn, jadi jenis partisi tadi udah gak kita butuhin lagi, jadi mending kita hapus aja.

Lumayan buat memperluas hardisk kita.

Cara menghapus partisi System Reserved masih sama kayak menghapus partisi C sebelumnya. Tinggal dipilih partisinya kemudian klik kanan lalu pilih delete.

Supaya lebih jelas lagi bisa lihat gambar dibawah;
Download eBook Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula Lengkap Video Tutorial Gratis
Setelah dua partisi yang sebelumnya diisi oleh Windows terhapus, maka secara otomatis akan menghasilkan satu buah partisi nganggur.

Partisi inilah yang nantinya akan kita pecah kembali menjadi 2 partisi, yaitu 1 untuk partisi root dan 1 lagi untuk partisi swap yang dibutuhkan untuk menginstall BlankOn.

Untuk contoh partisi “nganggur” nya bisa kita lihat pada gambar berikut;
Download eBook Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula Lengkap Video Tutorial Gratis
Oke, daripada nganggur kasian juga kan ya, mending kita kasih “dia” tugas aja.

Sekarang kita bikin partisi root untuk menginstall sistem BlankOn. Caranya cukup klik kanan dipartisi tersebut kemudian kita klik New.

Untuk lebih jelasnya bisa melihat gambar berikut;
Download eBook Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula Lengkap Video Tutorial Gratis
Kemudian kita pilih File System Ext4 dan tentuin jumlah (ukuran) partisinya. Jangan diabisin semua, karena kita bakal butuh beberapa giga untuk partisi swap.

Untuk Label sendiri boleh diisi boleh kosong, gimana nyamannya aja lah.

Kalo udah yakin dengan “size” nya, kita klik Add.

Buat lebih jelasnya bisa kalian lihat pada gambar berikut;
Download eBook Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula Lengkap Video Tutorial Gratis
Selanjutnya, kita bikin lagi satu partisi buat swap, caranya masih sama kok. Bedanya pada bagian File System kita pilih linux-swap (biasanya berwarna merah).

Lagi-lagi untuk label boleh dikosongin atau boleh diisi, bebas-bebas aja lah ya.

Kalo udah yakin sama setingannya kita klik Add.

Buat lebih jelasnya lagi bisa lihat gambar berikut;
Download eBook Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula Lengkap Video Tutorial Gratis
Nah, kalo partisi root sama swapnya udah diibikin, maka susunan partisi hardisk kita bakal kayak gini;
  • sda1 untuk root
  • sda2 untuk swap
  • sad3 untuk data (NTFS)
Kita klik tanda Enter untuk menerapkap susunan partisinya secara permanen.

Untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar berikut;
Download eBook Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula Lengkap Video Tutorial Gratis
Nanti bakal muncul notifikasi, kita pilih aja Apply untuk memulai prosesnya;
Download eBook Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula Lengkap Video Tutorial Gratis
Proses “pembuatan” partisi pun akan berjalan, mulai dari menghapus partisi sebelumnya dan membuatkan partisi baru sesuai dengan “settingan” yang udah kita bikin pada tahapan sebelumnya.

Buat lebih jelasnya lagi bisa lihat gambar berikut;
Download eBook Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula Lengkap Video Tutorial Gratis
Kalo prosesnya udah selesai, kita klik Close.

Nah, sekarang partisi akhirnya akan seperti berikut;
Download eBook Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula Lengkap Video Tutorial Gratis
Sekarang aplikasi Gpartednya udah bisa kita tutup.

Kemudian kita buka lagi Applications di pojok kiri atas lalu cari (ketik) Install BlankOn seperti gambar berikut;
Download eBook Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula Lengkap Video Tutorial Gratis
Kemudian kita akan dibawa kembali ketampilan awal saat pertama kali booting BlankOn.
Download eBook Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula Lengkap Video Tutorial Gratis
Oia, seperti yang udah saya bilang sebelumnya bahwa BlankOn menyediakan pilihan Bahasa Indonesia, jadi kita bisa memilihnya dengan mengklik pada bagian English US → Bahasa Indonesia.

Kalo bahasanya udah dipilih, sekarang kita klik Install BlankOn untuk memulai installasi.
Download eBook Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula Lengkap Video Tutorial Gratis
Selanjutnya kita pilih domisili kita, secara default kita akan “dipilihkan” lokasi Jakarta.

Untuk “lokasi” nya sendiri BlankOn “hanya” menyediakan beberapa saja (biasanya dibagi per zona waktu) seperti Jakarta untuk WIB, Pontianak untuk WITA, Makasar dan Jayapura untuk WIT.

Biasanya kalo komputer kalian terhubung ke internet, kalian bisa juga memilih lokasi yang lebih spesifik seperti Bandung, Bogor dan sebagainya.

Kita klik Next untuk melanjutkan;

Kemudian pada bagian Select Drive kita klik lalu pilih hardisk yang akan kita gunakan untuk installasi.
Download eBook Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula Lengkap Video Tutorial Gratis
Pada kasus saya sendiri nama (merk) hardisknya ATA VBOX HARDDISK karena saya mempraktekkan installasi ini dengan cara Virtualisasi.

Buat kalian yang punya dua hardisk dalam 1 PC, fitur ini sangat penting banget.

Jangan sampai salah pilih ya.
Download eBook Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula Lengkap Video Tutorial Gratis
Kemudian kita klik pada partisi root yang barusan kita buat.

Karena tadi kita bikin partisi root-nya diawal, jadi dia akan ada dibarisan pertama dari kiri.

Kalo udah di klik warnanya akan berubah menjadi biru, kemudian kita klik Next untuk melanjutkan installasi.
Download eBook Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula Lengkap Video Tutorial Gratis
Dibagian ini kita isi sama informasi komputer kita.

Disesuain sama kebutuhan aja ya.

Contohnya,
  • Computer Name : Nama yang muncul ketika terhubung kejaringan kantor (internal)
  • Your Name : Nama pemilik Komputer
  • User Name : User name untuk login
  • Password : Isi dengan password kalian
  • Repeat Password : Ketik ulang passwordnya
  • Kalo pengen otomatis login bisa diklik bagian Automatically login. Tenang aja, semua data disini masih bisa kita ubah setelah proses installasinya selesai kok.
Kalo semua datanya udah keisi, kita klik Next untuk melanjutkan installasi.
Download eBook Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula Lengkap Video Tutorial Gratis
Dibagian ini kita akan dikasih tau rangkuman dari installasi yang kita gunakan, mulai dari hardisk yang dipilih, susunan partisi, nama komputer, nama user, dan sebagainya.

Dicek dulu aja ya, kalo ada data yang mau diubah bisa klik Previous, tapi kalo udah yakin sama setingannya bisa langsung klik Install.
Download eBook Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula Lengkap Video Tutorial Gratis
Proses “transfer” ISO BlankOn kedalam hardisk-pun akan berjalan, lamanya tergantung dari spesifikasi komputer yang kalian miliki ya.

Siapin aja cemilan cepuluh buat nunggu.
Download eBook Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula Lengkap Video Tutorial Gratis
Kalo proses installasinya udah beres, kita bisa klik Reboot.

Biasanya bakal muncul perintah untuk mengeluarkan media installer (USB/DVD) yang kita gunakan, kemudian tekan Enter.
Download eBook Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula Lengkap Video Tutorial Gratis
Nah… Setelah proses yang cukup panjang, akhirnya BlankOn sudah bisa kita gunakan secara “full” dikomputer kita.

Video Tutorial Install BlankOn


Kalo kalian lebih terbiasa mengikuti tutorial versi video, bisa melihatnya dibawah;

Untuk BAB II ini kita cukupkan, pada BAB selanjutnya kita akan beralih ke beberapa hal yang sebaiknya kita lakukan setelah menginstall BlankOn.

Tips Setelah Menginstall BlankOn


Setelah kita berhasil menginstall BlankOn dikomputer, ada beberapa hal yang menurut saya penting banget untuk kita lakukan, tujuannya supaya mempermudah komputasi kita kedepannya saat menggunakan BlankOn.

Jika kalian masih bingung apa saja yang harus dilakukan, tenang aja karena pada point ini kita akan ulas sama-sama.

Mengenal Lingkungan Desktop BlankOn


Mungkin diantara kalian ada yang udah pernah denger istilah Desktop Environment (lingkungan desktop) di GNU/Linux seperti KDE, Mate, Gnome3, Unity, XFCE4, LXDE dan sebagainya?
Simplenya Desktop Environment adalah tampilan grafis dari sebuah desktop di GNU/Linux. Masing-masing lingkungan desktop diatas mempunyai karakteristik yang berbeda, tapi fungsinya masih sama kok, yaitu untuk menunjang komputasi kita sehari-hari.
Kalo diibaratkan dengan sistem operasi Windows, fungsinya sama kayak Luna yang digunakan oleh Windows XP dan Aero yang disematkan pada Windows Vista, atau dalam Android lebih dikenal dengan sebutan Launcher (Themes) yang tiap Launcher memiliki gaya tersendiri.

Berbeda dengan Distro GNU/Linux pada umumnya, disini BlankOn menghadirkan sebuah lingkungan desktop yang “dibuat” sendiri dengan nama Manokwari.

Ciri khasnya yaitu adanya dua panel disebelah kiri untuk daftar aplikasi dan sebelah kanan untuk shortcut (pintasan).

Manokwari Desktop


Manokwari Desktop adalah salah satu DE (Desktop Environment) yang ada di GNU/Linux. Menariknya Manokwari Desktop dibangun diatas HTML5, JavaScript dan Vala. Setidaknya ada 5 bagian penting yang terdapat pada Manokwari Desktop, pada bagian ini kita akan bahas satu persatu.

Berikut diantaranya;

1. Panel Kiri
Download eBook Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula Lengkap Video Tutorial Gratis
Sebelah pojok kiri atas ada logo dari BlankOn yang yang jika kita klik akan menampilkan panel kiri. Panel ini dibagi menjadi 3 bagian utama yaitu;

Applications

Applications yang berisi daftar aplikasi yang terinstall didalam sistem. Semua aplikasinya sudah disusun sesuai kategorinya masing-masing. Jika di Windows fungsinya sama seperti Start Menu.
Untuk rincian aplikasinya akan kita bahas pada point selanjutnya “Mengenal Aplikasi Bawaan BlankOn Uluwatu”.

Places & Settings

Places and Settings, pada bagian ini kita bisa mengelola file melalui file browser serta melakukan konfigurasi sistem agar berjalan sesuai yang kita harapkan.
Sessions
Sessions yang berisi 4 tombol utama yang jika kita urutkan dari sebelah kiri ke kanan berfungsi untuk Mengunci layar (Lock), Keluar dari sesi aktif (Log Out), Menyalakan ulang komputer (Restart) dan Mematikan komputer (Shutdown).

2. Panel Kanan
Download eBook Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula Lengkap Video Tutorial Gratis
Pada panel sebelah kanan akan terdapat beberapa shortcut yang sudah dibagi sesuai fungsinya.
Berikut penjelasannya;

Bookmarks

Bookmarks yang menyertakan tautan ke beberapa situs penting BlankOn mulai dari situs resmi BlankOn, Dokumentasi Online BlankOn, Facebook Page BlankOn dan akun Twitter BlankOn.

Music Player

Music Player yang akan menampilkan informasi file audio yang sedang kita putar menggunakan Audacious.

Weather

Prakiraan cuaca (Weather) yang bisa kita gunakan untuk mengetahui kondisi suhu dan sebagainya.
Untuk menyesuaikan dengan domisili kita sangatlah mudah, tinggal memasukkan nama kota pada kolom yang sudah disediakan, perlu dicatat bahwa proses ini membutuhkan koneksi internet.

System Settings

System Settings berfungsi layaknya Control Panel pada sistem operasi Microsoft Windows. Disini sudah terdapat pintasan untuk mempermudah kita mengkonfigurasi BlankOn. Kemudian dibagian paling bawah ada notifikasi waktu beserta tanggal.

3. Panel Bawah
Download eBook Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula Lengkap Video Tutorial Gratis
Panel bawah atau yang lazimnya disebut Dockbar akan menampilkan pintasan aplikasi (shortcut). Disini kita bisa menentukan sendiri aplikasi apa saja yang memang sering kita buka sehingga kita tidak perlu repot-repot untuk mengakses Panel Aplikasi yang letaknya cukup jauh dijangkau.
Sayangnya, aplikasi yang sedang berjalan tidak akan disimpan di Dockbar, mungkin ini yang membedakan dengan Dockbar pada sistem operasi lainnya.

4. Panel Atas
Download eBook Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula Lengkap Video Tutorial Gratis
Panel atas berfungsi untuk menampilkan daftar aplikasi yang sedang aktif (terbuka). Disinilah nantinya kita bisa berpindah dari satu jendela aplikasi ke jendela aplikasi lainnya secara mudah. Untuk pojok kanan atas ada sistem tray yang berisi keterangan papan ketik, jaringan, kondisi baterai, pengaturan suara, kalender dan pilihan lembar kerja (workspaces) yang secara default ada 4 (empat).

5. Desktop
Download eBook Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula Lengkap Video Tutorial Gratis
Pada bagian tengah inilah (Desktop) aplikasi akan ditampilkan. Menariknya layar Desktop secara default akan tetap bersih tanpa shortcut apapun dan tidak bisa diklik. Mirip dengan Elementary OS yang juga memiliki karakteristik desktop serupa.

Aplikasi Bawaan BlankOn


Seperti yang sudah saya singgung pada point sebelumnya, BlankOn merupakan paket komplit yang sudah menyertakan aplikasi yang umumnya user gunakan.

Supaya lebih jelasnya lagi, dipoint ini saya akan jelaskan secara singkat aplikasi apa saja yang sudah disertakan pada BlankOn versi Uluwatu ini;

Accessories


Kategori pertama adalah accessories, karena ada cukup banyak aplikasi jadi saya hanya menyertakan beberapa diantaranya saja.

Gedit Text Editor

Jika di Windows kita terbiasa menggunakan Notepad untuk membuat tulisan singkat, di BlankOn kita bisa mencboa Gedit Text Editor yang memiliki fitur jauh lebih lengkap dibanding Notepad.

Kerennya lagi Gedit sudah menyertakan Syntax Highlight Mode yang membuat kegiatan ngoding kita lebih terasa nyaman.

Berikut tampilan Gedit Text Editor;
Download eBook Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula Lengkap Video Tutorial Gratis
Untuk membuka Gedit, kita bisa melalui Applications → Accessories → Gedit.

VIM

Jika kalian lebih merasa nyaman dengan teks editor mode terminal, VIM adalah salah satu yang terbaik.

Menariknya, BlankOn sudah menyertakan VIM kedalam sistemnya sehingga kita tidak perlu lagi susah-susah untuk menginstallnya secara manual.

VIM merupakan aplikasi yang dikembangkan dari text editor sebelumnya yaitu Vi.

Berikut tampilan VIM yang saya gunakan;
Download eBook Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula Lengkap Video Tutorial Gratis
Selain VIM, BlankOn juga udah nyertain sebuah Text Editor yang berjalan dalam model CLI lainnya seprti Nano. Nah, untuk pemula, saya lebih merekomendasikan Nano dibanding VIM.

Nautilus File Browser

Sebagai aplikasi mengelola file, BlankOn sudah menyertakan Nautilus sebagai andalannya. Fungsinya lebih lengkap dan lebih cepat dari Window Explorer. Karena bersifat file browser, Nautilus bisa membuka tab lebih dari satu, mirip Web Browser yang biasa kita gunakan sehai-hari.

Berikut tampilan Nautilus;
Download eBook Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula Lengkap Video Tutorial Gratis

Multimedia Player


Untuk urusan multimedia, BlankOn sudah menyertakan VLC dan Audacious sebagai jagoannya. Kerennya lagi, kedua software tersebut sudah bisa memainkan format multimedia populer seperti mp3, mp4 dan sebagainya.

VLC

Setuju kan kalo software yang satu ini udah gak diragukan lagi kehandalannya? Selain terkenal dengan kemampuannya memutar berbagai format multimedia, VLC juga bisa memutar berkas dengan format ISO.

Yang menariknya lagi, VLC merupakan salah satu hasil karya pergerakan Free dan Open Source software yang tentunya mendukung multi sistem operasi.

Audacious
Download eBook Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula Lengkap Video Tutorial Gratis
Bingung mencari software alternatif Winamp?

Tenang aja, BlankOn sudah menyertakan Audacious sebagai aplikasi pemutar file audio.

Selain ringan, Audacious juga menyediakan tema yang mirip Winamp, jadi kita gak akan kesulitan untuk menggunakannya.

Internet


Setuju kan kalo zaman sekarang semua informasi bisa kita dapetin di Internet, entah itu mencari berita, mencari tutorial komputer, mencari barang yang mau kita beli, sampai mencari mantan eh… #migrain…

Di BlankOn kegiatan “nge-net” kita udah diakomodir dengan beberapa software seperti Mozilla Firefox, Geary Mail dan Core Bird.

Firefox

Untuk urusan Web Browser, Panda Merah ini akan menjadi sahabat terbaik kita dalam mengarungi dunia maya. Selain bersifat Open Source, Firefox sangat menjunjung privasi setiap penggunanya, jadi gak usah khawatir statistik browsing kita dijadiakan sebagai media untuk beriklan. Beda sama tetangga sebelah yang penuh akan iklan.

Geary Mail

Sering berkirim pesan melalui E-Mail, seperti Apply Lamaran Online? Ngirim naskah atau draft bimbingan skripsi? Di BlankOn kita bisa menggunakan Geary Mail sebagai aplikasi E-Mail Client-nya. Fungsinya sama kayak Outlook di Microsoft Windows.

Corebird
Download eBook Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula Lengkap Video Tutorial Gratis
Sering “berkicau” didunia maya sebanyak 140 karakter?

Kalo iya, aplikasi yang satu ini akan sangat membantu kalian untuk memuaskan hasrat “berkicau” hal positif.

Biasanya kalo kita mau “nge-tweet” urutannya kurang lebih kayak gini,
Buka Web Browser → Situs twitter → Login → Nge-Tweet
Ribet ya???

Tapi tenang aja, kita bisa mempermudahnya di BlankOn, pasalnya BlankOn sudah menyediakan Corebird sebagai Twitter Client-nya.

Untuk membuka akun Twitter di Corebid, akan kita bahas pada point selanjutnya.

Perkantoran


Untuk urusan perkantoran, BlankOn sudah menyediakan beberapa aplikasi penting yang biasa kita gunakan.

Sebut saja LibreOffice yang bisa kita gunakan sebagai alternatif dari Microsoft Office dan Document Viewer sebagai alternatif Adobe Reader.

LibreOffice

Setuju kan kalo aplikasi perkantoran merupakan software “wajib” yang harus ada dalam setiap sistem operasi?

Rasanya bakal aneh aja kalo ada komputer yang gak bisa kita pake buat ngetik hihi. Nah, di BlankOn sudah tersemat sebuah aplikasi yang sangat powerfull untuk perkantoran.

Namanya LibreOffice yang merupakan buah dari The Document Foundation.

Selain bisa kita dapatkan secara gratis, LibreOffice juga sudah kompatibel dengan format Microsoft Office.

Berikut tampilan LibreOffice;
Download eBook Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula Lengkap Video Tutorial Gratis
Sekarang udah gak bingung lagi kan kalo mau bikin makalah atau tugas sekolah di BlankOn?

Document Viewer
Download eBook Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula Lengkap Video Tutorial Gratis
Untuk membuka file pdf di BlankOn, kita bisa menggunakan software Document Viewer.

Selain ringan, aplikasi ini juga sudah terinstall secara default. Jadi kita gak usah lagi menginstallnya secara manual. Kalau di Microsoft Windows fungsinya sama kayak Adobe Acrobat Reader.

Untuk mengaksesnya kita tinggal menuju Applications → Office → Document Viewer.

Graphics


Buat kalian yang hobby desain grafis, BlankOn Uluwatu sudah megakomodir hobby kalian dengan mengematkan dua software desain terbaik.

Ada GIMP (GNU Image Manipulation Program) yang merupakan aplikasi alternatif terbaik dari Photoshop dan Inkscape yang bisa dijadikan alternatif terbaik dari Corel Draw.

GIMP
Download eBook Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula Lengkap Video Tutorial Gratis
Biasa ngedit gambar menggunakan Adobe Photoshop?

Tenang aja, di BlankOn, kita bisa menggunakan GIMP. Sudah banyak juga yang mengakui kehebatan software OpenSource yang satu ini.

Di website resminya pun sudah disertakan panduan yang bisa mengasah kemampuan editing kalian. Keren kan???

Inkscape
Download eBook Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula Lengkap Video Tutorial Gratis
Punya usaha percetakan atau jasa pembuatan logo? Atau cuma sekedar hobby membuat vektor? Kalo di sistem operasi sebelah biasanya kalian pakai Corel Draw atau software sejenisnya, di BlankOn kita bisa menggunakan Inkscape.

Inkscape merupakan aplikasi editing vektor yang sangat keren, udah banyak juga blogger atau vlogger yang ngupas tips & trik menggunakan Inkscape. Jadi kita gak akan kesulitan untuk mencari media pembelajaran.

Gthumb Image Viewer

Sering bikin tutorial komputer atau dokumentasi sederhana? Atau sekedar cropping gambar aja? Nah, di BlankOn kita bisa menggunakan Gthumb Image Viewer.

Softwarenya sangat mudah digunakan kok.

Untuk mengaksesnya kita bisa melalui Applications → Graphis → Gthumb Image Viewer.

Games


Banyak yang bilang kalo GNU/Linux itu gak enak dipake buat gamming, selain karena stok game nya yang gak sebanyak Windows, gak banyak juga pembuat game yang menyediakan versi untuk dijalankan di GNU/Linux.

Secara umum mungkin bisa dibilang seperti itu.

Tapi bukan berarti gak ada game yang bisa kita mainkan di BlankOn loh ya.

GCompris
Download eBook Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula Lengkap Video Tutorial Gratis
Nah, selanjutnya ada game edukasi untuk semua kalangan terkhusus anak-anak, namanya Gcompris.
Didalam aplikasi ini banyak sekali pilihan permainan, mulai dari belajar mencocokkan gambar, belajar berhitung, belajar mewarnai, yang semuanya ditemani dengan hewan-hewan lucu seperti Wild Beast dan Penguin yang menjadi logo komponen utama BlankOn yaitu GNU dan Linux.

Cocok banget sebagai sarana bermain dan belajar.

Recipes

Buat kalian yang hoby masak, gak usah khawatir, karena di BlankOn Uluwatu ada aplikasi yang namanya Recipes.

Sesuai namanya, Recipes adalah software yang berisi resep masakan. Ada banyak banget pilihan resep masakan yang bisa kita coba dan udah dikategoriin sesuai negara atau wilayah tertentu.

Supaya resep masakannya lebih komplit, pastikan komputer kita terhubung ke internet.

Nah, menariknya lagi kita juga bisa berbagi resep masakan kreasi sendiri loh.

Berikut tampilan Recipes.
Download eBook Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula Lengkap Video Tutorial Gratis
PacMan

Generasi 80 s/d 90-an mungkin udah gak asing lagi ya dengan game yang satu ini.

Meskipun jadul, tapi cukuplah untuk melepas penat selama mantengin dunia hitam (terminal) BlankOn Uluwatu.

Kangen sama tampilannya?

Nih sekalian aja saya sertain game Pacman di BlankOn.
Download eBook Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula Lengkap Video Tutorial Gratis
Masih Kurang?

Jika dilihat dari banyaknya aplikasi yang sudah terbawa secara default, rasanya tidak berlebihan jika BlankOn memang sudah siap untuk langsung digunakan sehari-hari tanpa harus melengkapi aplikasi secara manual.

Tapi tenang saja, jika aplikasi yang kita cari belum terdapat (terinstall) didalam sistem, kita masih bisa menambahkan puluhan ribu software melalui Software Center (akan kita bahas selanjutnya).

Pada BAB ini kita telah Mengenal Lingkungan Desktop BlankOn Uluwatu & Mengenal Aplikasi Bawaan BlankOn Uluwatu secara cukup detail, dan pada BAB selanjutnya kita akan membahas beberapa cara untuk Menambahkan Fungsionalitas BlankOn.

Menambah Fungsionalitas BlankOn


Oke, jika kalian sudah sampai pada BAB ini, berarti saya anggap kalian sudah kenal dengan Lingkungan Desktop BlankOn. Dan untuk menambah fungsionalitas BlankOn agar lebih nyaman digunakan sehari-hari, pada BAB ini akan kita bahas lebih jauh lagi.

Tingkatan User Di BlankOn


Salah satu hal yang cukup mencolok pada Sistem Operasi turunan Unix (termasuk BlankOn) adalah adanya tingkatan user. Sebenarnya konsep ini-pun sudah diberlakukan pada Microsoft Windows dengan adanya permintaan Adminstrator ketika ingin menjalankan atau menginstall aplikasi (software).

Hanya saja perbedaannya jika di BlankOn adalah “media-nya” saja, jika menggunakan CLI (command line interface) seperti Terminal, maka kita diharuskan untuk menggunakan perintah “sudo” diawal (didepan).

Sedangkan untuk media GUI (graphical user interface) cukup memasukkan password.
Jika dianalogikan dengan sebuah perusahaan, maka ada orang yang berperan sebagai Bos (Root) dan ada orang yang berperan sebagai karyawan biasa (user)
Dari analogi ini sebenarnya sudah bisa kita ambil benang merah, artinya hanya Bos (Root) yang memiliki wewenang sepenuhnya terhadap kantor, mulai dari jam operasional kantor, kebijakan kantor, sampai tampilan (tata letak) kantor. Sedangkan karyawan hanya bisa “bersentuhan” sesuai job desk yang telah ditetapkan dan atau dengan se-izin BOS.

Mengatasi Repository BlankOn


Salah satu masalah yang paling sering saya temuin mulai dari BlankOn Tambora sampai BlankOn Uluwatu adalah repository-nya yang “selalu bermasalah”. Kalo pada BlankOn Tambora, repository-nya susah untuk diakses dan “terpaksa” harus mencari repository alternatif yang compatibel.

Namun untuk kasus BlankOn Uluwatu, setelah Googling di Yahoo, sampai saat tulisan ini dibuat, saya belum mendapatkan artikel yang membahas hal tersebut.

Alih-alih mengharapkan perubahaan saat rilis BlankOn Uluwatu, tapi sampai saat tulisan ini dibuat masih belum keliatan hal yang signifikan.
Download eBook Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula Lengkap Video Tutorial Gratis
Agak repot juga kan kalo Repository utamanya aja error.

Jadi kita coba untuk mengakalinya dengan sedikit mengedit berkas Repository-nya melalui text editor.

Disini saya menggunakan Gedit agar lebih mudah.

Pertama kita ketik;
sudo gedit /etc/apt/sources.list
Nanti akan terbuka aplikasi Gedit yang menampilkan isi dari repository kita.

Berikut gambarnya;
Download eBook Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula Lengkap Video Tutorial Gratis
Kemudian kita marking (beri tanda pagar #) pada 2 baris terakhir.
Download eBook Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula Lengkap Video Tutorial Gratis
Atau kalau bingung, hapus aja semua isinya lalu ganti sama repository dibawah.
deb http://arsip.blankonlinux.or.id/blankon uluwatu main restricted extras extras-restricted
deb-src http://arsip.blankonlinux.or.id/blankon uluwatu main restricted extras extras-restricted
deb http://arsip.blankonlinux.or.id/blankon uluwatu-updates main restricted extras extras-restricted
deb-src http://arsip.blankonlinux.or.id/blankon uluwatu-updates main restricted extras extras-restricted
Nah setelah kita marking, sekarang kita coba update kembali Repository.
Download eBook Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula Lengkap Video Tutorial Gratis
Dari gambar diatas, repository BlankOn udah gak error dan ada 1 paket yang bisa kita upgrade.

Sebagai ajang pembuktian, kita coba untuk mengupgrade sistem kita ke versi terbaru.

Update & Upgrade BlankOn


Setelah “membenahi” repository BlankOn Uluwatu, baiknya kita upgrade sistem kita ke versi terbaru.

Caranya gampang aja, tinggal ketik perintah berikut didalam terminal;
sudo apt dist-upgrade
Tinggal kita tekan Y atau langsung Enter, secara otomatis BlankOn akan meng-upgrade sistem kita ke versi terbaru.

Video Tutorial Mengatasi Repository BlankOn Yang Error

Metode Install Aplikasi Di BlankOn


Aplikasi bawaan BlankOn masih belum memenuhi kebutuhan kalian? Tenang aja, dibagian ini kita akan sama-sama belajar cara menginstall aplikasi.

Sama kayak sistem operasi sebelah, di GNU/Linux BlankOn juga ada 2 cara, yang pertama cara online (dianjurkan) dan cara offline.

Berikut rinciannya;

Installasi Online


Kalian tau gak kalo BlankOn masih sodaraan sama Android?. Simple nya sih gitu, karena keduanya masih pakai jantung yang sama yaitu Kernel Linux “ciptaan” Linus Torvalds.
“Mati Gaya” juga kan kalo Smartphone kita kehabisan paket data?.
Meskipun analogi ini gak tepat, tapi dalam hal installasi aplikasi, Distro GNU/Linux pada umumnya (termasuk BlankOn) akan sangat tergantung dari koneksi Internet, entah itu mengakses Repository-kah, mencari tutorial-kah, mengatasi error-kah dan sebagainya.

Dengan kata lain, user yang memiliki koneksi Internet telah selangkah lebih mudah dalam bersahabat dengan BlankOn ini.

Tapi kalo yang masih jadi “wifi hunter” gak usah khawatir, kita tetap bisa menginstall aplikasi secara offline.

Software Center

Download eBook Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula Lengkap Video Tutorial Gratis
Buat kalian yang gak mau ribet ngapalin baris perintah di GNU/Linux, bisa menggunakan Software Center. Konsepnya dan cara menggunakannya pun sama kayak Play Store di Android. Tinggal cari aplikasi yang mau diinstall trus masukkin password, dan gak lama aplikasipun sudah siap digunakan.

Terminal

Download eBook Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula Lengkap Video Tutorial Gratis
Cara install aplikasi yang selanjutnya adalah menggunakan media Terminal.

Kalo di Windows ada CMD, di GNU/Linux dan MacOS ada Terminal. Fungsi keduanya sama yaitu untuk melakukan konfigurasi pada sistem operasi kita.

Cara ini yang biasanya digunakan oleh user GNU/Linux, karena lebih simple dan gak makan banyak resource.

Untuk kedepannya, saya akan lebih banyak menggunakan Terminal sebagai media installasinya, setuju kan?

Installasi Offline


Buat kalian yang gak punya koneksi internet yang cukup (termasuk saya hihihi) atau yang masih ngandelin koneksi tetring dari smartphone-nya bisa menggunakan metode installasi offline. Jadi kita bisa mendownloadnya dari warnet kemudian kita install dikomputer.

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kita gunakan, namun saya sarankan untuk menggunakan aplikasi portable saja. Selain lebih mudah, metode ini juga sangat minim error dan tidak membutuhkan akses repository seperti yang digunakan oleh metode lainnya.

Namun kekurangan menggunakan aplikasi portable adalah hanya menyediakan versi 64bit saja dan sulit untuk mendapatkan program yang up-to-date.

AppImage


Mungkin ada yang nanya, aplikasi portable di GNU/Linux ada gak sih? Jawabannya, ADA.
Kita bisa menggunakan AppImage yang dilansir dari situs resminya bisa dijalankan di semua Distro GNU/Linux termasuk BlankOn.

Pastinya dengan menggunakan aplikasi portable ini kita jadi bisa menghemat bandwith untuk mendownload software.

Sebagai contoh untuk menginstall Atom Text Editor, pertama kita download dulu aplikasi portablenya disini (silahkan klik).

Kemudian kita ubah permissionnya dengan cara Klik Kanan → Properties
Download eBook Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula Lengkap Video Tutorial Gratis
Pada Tab Permissions beri ceklis Allow Executing File As Program
Download eBook Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula Lengkap Video Tutorial Gratis
Terus kita tutup jendela properties tadi.

Untuk menjalankannya, kita cukup klik ganda atau Klik Kanan → Run.

Kalo nanti ada notifikasi, pilih aja Yes.

Berikut tampilan Atom Text Editor versi portable;
Download eBook Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula Lengkap Video Tutorial Gratis
Untuk melihat daftar aplikasi portable di GNU/Linux bisa merujuk ke situs ini

https://bintray.com/probono/AppImages (silahkan klik).

Tutorial Versi Video


Sebenarnya masih ada lagi satu metode yang bisa kita gunakan untuk menginstall aplikasi secara Offline di BlankOn yaitu menggunakan Alldeb.

Untuk lebih jelasnya kalian bisa melihat video tutorialnya berikut;

Aplikasi Rekomendasi & Cara Installasinya


Meskipun BlankOn sudah menyediakan software yang lengkap, namun supaya si BlankOn lebih powerfull, di BAB ini kita akan mencoba menginstall beberapa software tambahan yang akan menambah fungsionalitas BlankOn kita.

Tapi tenang aja, tahapannya gak ribet kok, tinggal copas aja perintahnya satu-persatu, jadi kalian gak usah ngetik ulang. Karena akan ada cukup banyak aplikasinya, jadi pilih aja sesuai selera dan kebutuhan ya…

Berikut diantaranya;

Perkantoran


Sebenarnya ada sangat banyak aplikasi perkantoran yang bisa kita install didalam BlankOn, namun pada eBook ini saya hanya menyertakan beberapa software saja yang saya rasa paling sering digunakan.

PDF Shuffler

Download eBook Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula Lengkap Video Tutorial Gratis
Aplikasi ini merupakan aplikasi yang selalu saya install disetiap Distro GNU/Linux yang saya gunakan.

Dengan Pdf Shuffler, kita bisa menggabungkan beberapa file pdf, tampilannya pun sangat intuitif.

Dan yang paling kerennya lagi, software ini GRATIS.

Untuk menginstallnya kita cukup mengetik perintah berikut;
sudo apt update && sudo apt install pdfshuffler -y

OnlyOffice


Nah, kalo pengen nyoba software Office Suite lainnya, kalian bisa mencoba OnlyOffice.

Untuk tutorial installasinya sudah saya buatkan divideo berikut

Multimedia


Sebenarnya dua aplikasi bawaan BlankOn VLC dan Audacious udah lebih dari cukup untuk memutar file multimedia yang kita miliki.

Namun untuk urusan yang lebih kompleks seperti merekam layar, mengedit video, rasanya kita harus menginstallnya secara terpisah.

Berikut daftar aplikasi multimedia yang biasa saya gunakan di BlankOn.

Kazam

Download eBook Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula Lengkap Video Tutorial Gratis
Sering bikin dokumentasi dikomputer, atau lagi nyari software perekam layar alternatif Camtasia Studio di GNU/Linux?

Kalo iya, kalian bisa menggunakan Kazam Screencaster.

Aplikasi ini sangat ringan dan mudah digunakan, dan yang pasti gak ada watermark-nya. Untuk menginstallnya kita tinggal mengetik perintah berikut;
sudo apt update && sudo apt install kazam -y

Audacity

Download eBook Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula Lengkap Video Tutorial Gratis
Pengen ngedit audio atau ngilangin noise di rekamannya? Tenang aja, kita bisa menggunakan Audacity.

Sebenarnya software ini juga tersedia di sistem operasi sebelah (Microsoft Windows).

Bagi kalian yang sudah terbiasa dengan software Open Source mungkin udah gak asing lagi ya.

Untuk menginstall Audacity kita tinggal ketik perintah berikut;
sudo apt update && sudo apt install audacity -y

OpenShot

Download eBook Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula Lengkap Video Tutorial Gratis
Pengen ngasilin “recehan dollar” dari YouTube? Atau mau edit video dokumentasi kegiatan sekolah?

Kalo iya, kita bisa menggunakan OpenShot Video Editor yang lebih powerfull dibanding Windows Movie Maker.

Gak percaya??? Coba aja sendiri, tapi kita harus nginstall dulu dengan mengetik perintah berikut;
sudo apt update && sudo apt install openshot -y
Nah, sekalian nih, ada video tutorial membuat judul menggunakan Open Shote. Langsung aja diplay videonya dibawah;
Kalo pengen software video editor yang lebih powerfull, kalian bisa mencoba Kdenlive. Tutorialnya installasinya sudah saya buatkan dibawah;
Nah, kebetulan ada juga dokumentasi saya waktu ngedit video menggunakan Kdenlive, kalo mau dicontek, videonya bisa dilihat dibawah;

Programming


Pengen jadi programmer atau emang udah jago ngoding dari lahir?

Kalo iya, saya saranin kalian coba Distro GNU/Linux.

Kenapa?

Karena selain lebih murah (kalo gak mau dibilang gratis) juga lebih aman.

Mungkin ada yang nanya, kok bisa gitu?

Ya bisa donk, karena dengan menggunakan Distro GNU/Linux kita akan terlatih untuk menghargai karya orang lain.

Jadi kita udah gak usah ribet-ribet lagi nyari crack-an supaya software code editor kita full versi.

Buat yang udah ngerasain begadang berhari-hari bikin sesuatu entah itu program, eBook, tentunya gak mau donk kalo “karyanya dibajak” orang lain?

Terus untuk software ngoding-nya gimana tuh?

Tenang aja, rata-rata software code editor itu sifatnya multi platform kok, artinya udah nyediain versi GNU/Linux nya juga, Visual Studio Code dan Atom contohnya.

Bluefish

Download eBook Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula Lengkap Video Tutorial Gratis
Bluefish adalah sebuah Code Editor yang sangat sangat powerfull untuk programmer. Enaknya lagi, Bluefish berstatus Open Source, jadi kita bisa menggunakannya dengan bebas.

Untuk menginstallnya kita tinggal mengetik perintah;
sudo apt update && sudo apt install bluefish -y

Geany

Download eBook Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula Lengkap Video Tutorial Gratis
Selanjutnya ada software IDE atau Integrated Development Environment yang sangat keren, namanya Geany.

Buat kalian yang mencari alternatif dari IDE berbayar, bisa menggunakan Geany.

Cara installnya cukup mengetik perintah berikut;
sudo apt update && sudo apt install geany

Code Editor Lainnya

Kalo kalian gak cocok sama dua software diatas, bisa mengikuti video tutorial berikut;
Cara Install Brackets Di BlankOn
Cara Install Sublime-Text Di BlankOn
CaraInstall Visual Studio Code Di BlankOn
Nah, pilih aja tuh salah duanya.

Internet


Meskipun BlankOn sudah menyertakan Firefox dan Geary Mail sebagai aplikasi bawannya, namun bagi saya pribadi aplikasi tersebut masih kurang “powerfull” khususnya Geary Mail.

Untuk itu kita bisa menginstall aplikasi tambahan secara terpisah, berikut aplikasi yang saya sarankan dalam kategori Internet;

Google Chrome


Sebenernya dengan menggunakan Firefox pun sudah sangat mencukupi kebutuhan kita dalam berselancar didunia si Maya hihihi.

Tapi karena satu dan lain hal, mau gak mau saya harus menginstall Google Chrome sebagai Web Browser tambahan.

Alasannya karena masih banyak website online yang biasa saya gunakan “merekomendasikan” dibuka menggunakan Chrome.

Untuk menginstallnya di BlankOn, kita harus mendownload terlebih dahulu file installernya kemudian menginstall nya secara manual melalui Terminal atau Gdebi.

Untuk menginstall Google Chrome di BlankOn, sebaiknya kita terhubung ke Internet, karena ada dependensi paket yang harus diinstall agar Google Chrome bisa berjalan di BlankOn.

Cara paling gampangnya, copas perintah berikut diterminal satu persatu untuk menghindari error;
wget -c https://dl.google.com/linux/direct/google-chrome-stable_current_amd64.deb
sudo dpkg -i google-chrome-stable_current_amd64.deb
sudo apt update && sudo apt install -f
Sayangnya Google Chrome hanya menyediakan versi 64bit, jadi buat kalian yang menggunakan BlankOn Tambora X 32bit, bisa mencoba Chromium Browser yang memiliki tampilan sama dengan Google Chrome.

Video tutorial Cara Install Google Chrome Di BlankOn

Chromium Browser


Alternatif terbaik dari Google Chrome adalah Chromiuim Browser. Chromium Browser berasal dari Chromium Project yang merupakan cikal bakal Google Chrome, sehingga secara teori, semua extension (addons) yang berjalan di Google Chrome, bisa juga digunakan di Chromium Browser.

Untuk menginstall Chromium Browser caranya, kita ketik perintah berikut didalam Terminal;
sudo apt install chromium-browser -y

Web Browser Lainnya

Nah, kalo mau koleksi Web Browser, kalian bisa mengikuti video tutorial installasi Opera dibawah;

Thunderbird

Download eBook Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula Lengkap Video Tutorial Gratis
Jika kalian sering berkirim Email, maka Thunderbird adalah software yang sangat direkomendasikan untuk diinstall.

Sebagai informasi, Thunderbird ini masih saudaraan dengan Firefox. Manurut saya pribadi, Thunderbird merupakan software E-Mail Client Gratis Terbaik.

Selain tampilannya yang user friendly, Thunderbird juga cukup mudah diintegrasikan dengan akun Gmail, Yahoo dan E-mail lainnya.

Pokoknya rugi deh kalo dilewatkan begitu saja.

Untuk menginstallnya sangat mudah, kita tinggal mengetik perintah berikut;
sudo apt update && sudo apt install thunderbird -y

Membuka Gmail Menggunakan Thunderbird


Oke, sekarang kita bakal coba untuk mengintegrasikan akun Gmail dengan Thunderbird. Kita buka aja langsung aplikasinya, nanti bakal muncul tampilan kayak gini;
Download eBook Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula Lengkap Video Tutorial Gratis
Untuk ngebuka Gmail, dibagian ini kita klik Skip this and use my existing email.

Trus kita akan diminta buat masukkin alamat email & password-nya kayak gambar dibawah;
Download eBook Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula Lengkap Video Tutorial Gratis
Setelah kita isi, klik Continue. Nanti bakal muncul settingan POP3 atau IMAP kayak gini;
Download eBook Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula Lengkap Video Tutorial Gratis
Pilih aja IMAP trus kita klik Done. Karena Thunderbird merupakan aplikasi pihak ketiga (bukan dari Google) jadi kita bakal diminta buat verifikasi lagi.

Akan muncul halaman kayak gini;
Download eBook Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula Lengkap Video Tutorial Gratis
Kita masukkin ulang alamat email-nya untuk memastikan, trus kita klik Next atau Berikutnya.

Kita masukkin juga password email kita, trus klik Next atau Berikutnya;
Download eBook Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula Lengkap Video Tutorial Gratis
Ini bagian yang paling “penting”, kita klik Allow supaya Thunderbird punya akses ke Gmail.
Download eBook Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula Lengkap Video Tutorial Gratis
Nah, sekarang kita udah bia ngeakses Gmail lewat Thunderbid.
Download eBook Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula Lengkap Video Tutorial Gratis

Membuka Akun Twitter Menggunakan Corebird


Buat kalian yang suka nge-twet didunia maya, nah kali ini kita akan coba membuka akun Twitter di Corebird.

Oke, langsung aja ya...

Pertama kita buka apliaksi Corebird yang lokasinya ada di Applications > Internet > Corebird.

Kemudian akan terbuka tampilan seperti berikut;
Download eBook Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula Lengkap Video Tutorial Gratis
Terus kita klik Request Pin, nanti bakal otomatis terbuka web browser serperti berikut;
Download eBook Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula Lengkap Video Tutorial Gratis
Kita masukkan username dan password akun twitter kita untuk mendapatkan PIN-nya.
Download eBook Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula Lengkap Video Tutorial Gratis
Nah, kalo udah dapet, copas PIN tadi ke aplikasi Corebird, trus klik Confirm.
Download eBook Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula Lengkap Video Tutorial Gratis
Kalo gak ada tahapan yang kelewat, kita udah bisa berkicau didunia maya.

Cara Mematikan Komputer Otomatis Di BlankOn


Nah, fitur yang kali cukup penting khususnya buat kalian yang hobby download. Fungsinya sama kayak sleep pada remote tv.

Untuk mengaktifkan auto shutdown pada BlankOn, caranya cukup gampang.

Tinggal ketik perintah berikut didalam terminal.
sudo shutdown -h +30
Perintah diatas akan menginstruksikan kepada sistem untuk mematikan komputer setelah 30 menit, silahkan sesuaikan dengan kebutuhan kalian.

Penutup


Akhirnya kita sudah berada dipenghujung eBook BlankOn. Semoga apa yang disampaikan bisa diambil manfaatnya.

Jika ada yang ingin disampaikan, baik itu Saran, Kritik atau Testimoni silahkan pembaca sampaikan melalui email ludywebid@gmail.com.

Sumber Rujukan


Berikut adalah beberapa situs yang saya jadikan sebagai rujukan & gambar ilustrasi untuk menulis eBook ini.

Selanjutnya Kemana?


Untuk menambah wawasan kita mengenai Sistem Operasi karya Anak Bangsa ini, ada beberapa link yang bisa dijadikan rujukan, diantaranya;

Share This eBook Please


Kalo kalian ngerasa terbantu dengan eBook ini, terus pengen ngebaginya ke orang lain, share aja link dibawah;
Share → https://ludy.web.id/p/ebook ← Share
Dengan begitu, kalian udah ikut berkontribusi dalam menyebarkan manfaat dari eBook ini.

Ya kali aja makin banyak yang baca, bisa ngebuat saya semangat untuk menghadirkan eBook Gratis lainnya.

Atau mungkin nyoba nulis eBook Premium?

Entahlah...

Mari tebarkan kebaikan dalam setiap kesempatan, ceileh.

Sampai jumpa di eBook berikutnya…

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Belajar BlankOn Dari Dasar Untuk Pemula"

Posting Komentar

Dilarang NYEPAM ya...
Komentar yang nyertain link aktif gak akan di publish...