Kamis, 11 Juli 2019

Belajar Ubuntu Untuk Pemula Pengenalan Definisi Dan Sejarah Ubuntu

Belajar Ubuntu Pemula Definisi Dan Sejarah Ubuntu


Belajar Ubuntu Untuk Pemula Pengenalan Definisi Dan Sejarah Ubuntu.

Ini merupakan seri pertama dari Panduan Ubuntu Untuk Pemula. Pada seri ini kita akan mengenal Sekilas Tentang Ubuntu mulai dari definisi Ubuntu, Sejarah Ubuntu dan Informasi menarik lainnya. Materi ini banyak bersumber dari Wikipedia dan situs resmi Ubuntu. Semoga bermanfaat.

Definisi Ubuntu

Ubuntu adalah Sistem Operasi berbasis GNU/Linux yang bisa kita gunakan sebagai alternatif sistem operasi Windows (bajakan) dan MacOS. Yang membedakan Ubuntu dengan dua OS tadi adalah kita bisa menggunakan Ubuntu secara GRATIS.

Nama Ubuntu sendiri diambil dari filosofi Afrika selatan yang berarti “kemanusiaan kepada sesama”.

Icon & Filosofi Ubuntu

Belajar Ubuntu Pemula Definisi Dan Sejarah Ubuntu
Gambar diatas merupakan ikon dari Ubuntu yang menggambarkan tiga orang saling bergandengan tangan. Dengan semangat kebersamaan, Ubuntu mengajak semua pihak untuk terlibat. Ubuntu membawa semangat filosofinya kedalam dunia perangkat lunak sebagai berikut
  1. bahwa perangkat lunak harus tersedia dengan bebas biaya
  2. bahwa aplikasi perangkat lunak tersebut harus dapat digunakan dalam bahasa lokal masing-masing dan untuk orang-orang yang mempunyai keterbatasan fisik
  3. bahwa pengguna harus mempunyai kebebasan untuk mendapatkan, mengubah, dan mendistribusikan perangkat lunak sesuai dengan apa yang mereka butuhkan tanpa halangan apapun
Kebebasan inilah yang membuat Ubuntu berbeda dari perangkat lunak berpemilik (proprietary); bukan hanya OS-nya saja yang bebas biaya, tetapi kita juga mempunyai hak untuk memodifikasi perangkat lunak sesuai kebutuhan kita.

Sejarah Ubuntu

Ubuntu pertama kali dirilis tanggal 20 Oktober 2004 dengan nama Warty Warthog. Sejak saat itu Ubuntu menjadi salah satu Distribusi GNU/Linux yang banyak digunakan di dunia.

Ubuntu rilis setiap 6 bulan sekali untuk versi standard dan 2 tahun untuk versi Lts. Yang membedakannya adalah versi support (dukungan) dari tim pengembang Ubuntu dimana vesi standard didukung selama 18 bulan dan versi Lts didukung selama 5 tahun.

Pada seri kali ini kita akan menggunakan Ubuntu versi Lts terakhir (Xenial Xerus) dengan tujuan agar lebih bisa “bertahan” lama dikomputer kita.

Proyek Ubuntu resmi disponsori oleh Canonical Ltd. yang merupakan sebuah perusahaan yang dimiliki oleh pengusaha Afrika Selatan Mark Shuttleworth.

Pada 8 Juli 2005 Mark Shuttleworth mendirikan pendirian Ubuntu Foundation untuk memastikan pengembangan dan dukungan semua versi Ubuntu dapat terus berjalan.

Fitur Ubuntu

Belajar Ubuntu Pemula Definisi Dan Sejarah Ubuntu
Ubuntu mengusung desktop Unity yang menjadkannya berbeda dengan distribusi GNU/Linux lainnya. Seperti sebuah sistem operasi pada umumnya, Ubuntu sudah dilengkapi dengan berbagai aplikasi yang biasa kita gunakan sehari-hari.

Untuk Aplikasi Perkantoran Ubuntu sudah menyertakan LibreOffice sebagai alternatif Microsoft Office. Untuk memutar audio dan video, Ubuntu sudah menyertakan Rhythmbox dan Totem.

Untuk berselancar di dunia maya, Ubuntu sudah menyertakan Mozilla Firefox dan Thunderbird dan masih banyak aplikasi lainnya yang bisa kita install secara terpisah.

Varian Ubuntu

Ubuntu menawarkan 9 rasa (varian) yang bisa kita pilih sesuai selera (diluar versi default Ubuntu). Varian Ubuntu sering juga disebut distro turunan resmi yang di dukung pengembangannya oleh Cannonical.

Namun pada seri ini kita akan menggunakan Ubuntu default dengan Deskop Unity.

Berikut diantara varian Ubuntu

Belajar Ubuntu Pemula Definisi Dan Sejarah Ubuntu
Yang membedakan “hanya” dari tampilan luar nya saja, tapi kita juga bisa mengubah tampilan Ubuntu Unity kita menjadi salah satu varian diatas, akan dibahas pada seri berikutnya. Penamannya sendiri mengacu kepada jenis desktop yang digunakan.

Sebagai contoh Kubuntu adalah Ubuntu yang dibalut dengan desktop KDE, Xubuntu adalah Ubuntu yang dibalut dengan desktop XFCE dan seterusnya.

Kecuali Ubuntu Kylin dan Mythbuntu yang dibangun untuk segmen tertentu. Ubuntu Kylin disesuaikan pengembangannya untuk warga China dan Mythbuntu untuk MythTV Network.

Alasan Menggunakan Ubuntu

Berikut diantara alasan mengapa Ubuntu disarankan untuk pemula
  • Ubuntu akan selalui bebas digunakan dan gratis
  • Memiliki tampilan yang intuitif dalam artian mudah digunakan
  • Ubuntu merupakan salah satu OS GNU/Linux yang paling banyak penggunanya
  • Tersedianya banyak forum dan tutorial di internet yang membahas Ubuntu
  • dan masih banyak lainnya

Kesimpulan

Seperti yang telah disampaikan diatas, Ubuntu merupakan solusi bagi yang ingin belejar menggunakan GNU/Linux.

Memiliki tampilan yang mudah digunakan semakin membantu pemula untuk beradaptasi dengan lingkungan Ubuntu.

Pada seri berikutnya kita akan mencoba Ubuntu melalui Web Browser.

Dilarang NYEPAM ya...
Komentar yang nyertain link aktif gak akan di publish...
EmoticonEmoticon