Senin, 08 Juli 2019

[Curhat] Proses Maintenance Blog

Maintenance Website
Mohon maaf, blog dalam proses maintenance... Prosesnya mungkin akan memakan cukup banyak waktu...

Itulah kata-kata yang menjadi pamungkas saat saya malas mengisi konten, atau mengganti template, atau membuat sebuah blog baru yang ber-niche (bukan blog gado-gado).

Maintenance Blog

Ada beberapa alasan yang menyebabkan blog ini saya maintenance... Berikut diantaranya;

Penarikan Ulang Konten

Sejak awal pembuatan blog ini, memang ditujukan untuk menyimpan semua catatan pribadi. Tentunya hampir sebagian besar postingan disini berisi dokumentasi (tutorial) GNU/Linux dan Website yang memang selama ini saya geluti. 

Namun ditengah perjalanan, ada keinginan untuk memisahkan semua konten ke blog dan cms yang berbeda. Ada beberapa pilihan CMS yang tadinya saya gunakan, diantaranya;

Migrasi Ke Blogspot

Blogspot saya pilih karena sifatnya yang gratis dan bisa untuk dicustomisasi. Selain itu, saya sudah memiliki beberapa template blogspot premium. Namun permasalahannya muncul ketika sulit untuk menembus page one. Singkat cerita, setelah beberapa waktu blog tersebut saya abaikan.

Migrasi Ke Selfhosted (Cloud Hosting)

Selanjutnya saya coba migrasikan semua postingan GNU/Linux ke Cloud Hosting yang saya dapatkan dari hadiah lomba blog. Alhamdulillah dapat Cloud Hosting 1 tahun dari Dewaweb

Awalnya saya berfikir, daripada tidak dimanfaatkan, lebih baik saya gunakan untuk membangun sebuah blog khusus yang membahas mengenai komputer dan website. 

Kekurangan WordPress

Setelah berhasil memigrasikan 200 postingan, ada beberapa kendala dengan CMS WordPress yang saya gunakan. Berikut diantaranya;

Loading Website Menjadi Berat

Kecepatan website menjadi salah satu faktor penting untuk bisa masuk halaman utama Google. Namun setelah mencapai 200 postingan, dan memakan space 1GB lebih, website saya menjadi berat.

Dengan website "segemuk" itu, pastinya WordPress akan bekerja lebih keras, terlebih jika banyak pengunjung dalam waktu bersamaan (ratusan bahkan ribuan). 

Untuk kasus seperti itu, rasanya semua optimasi tidak akan banyak membantu. Setelah berpusing ria mengkompromikan Jetpack dan LiteSpeed beserta Template dan Plugin WordPress yang biasa saya gunakan, masih belum bisa sesuai harapan.

Boros Resource

WordPress Boros Resource Hosting
Permasalahan selanjutnya adalah WordPress sangat boros resource.

Dengan semakin banyak postingan, secara otomatis server akan bekerja lebih keras. Terlebih jika postingan banyak menyertakan screenshot, pastinya akan memakan ruang didalam media penyimpanan.

Seperti yang terlihat pada gambar diatas, ruang hosting sudah termakan 50% lebih, sedangkan konten masih terbilang dikisaran 40%. Artinya, spesifikasi hosting yang saya gunakan sudah tidak mampu untuk menampung semua postingan yang sudah saya siapkan dilocalhost.

Solusi terbaik-nya adalah dengan upgrade server. Permasalahannya, budget masih terbatas dan memang website tersebut bisa dibilang belum menghasilkan (baru 1 bulan launching). 

Dengan CMS WordPress (yang biasa saya gunakan) saja sudah seperti itu, pastinya akan lebih berat jika beralih ke CMS lainnya yang masih menggunakan Database.

Mencoba Statik CMS Bludit

Dengan kasus seperti diatas, saya mencoba untuk beralih ke CMS yang tidak menggunakan Database atau yang sering disebut Static CMS. Ada beberapa yang saya lirik, dan akhirnya pilihan jatuh ke Bludit CMS (untuk tutorial Bludit CMS bisa dibaca disini).

Setelah beberapa waktu memindahkan postingan dan menyetting Bludit, ternyata "permasalahan" tidak selesai dan masih berlanjut.

Kekurangan Bludit

Meskipun Bludit sangat-sangat cepat untuk diakses, apalagi dengan teknologi Cloud Hosting yang saya gunakan saat itu. Hasil test speed google berkisar di angka 99/100.
Kecepatan Website
Kecepatan Versi Mobile

Kecepatan Website
Kecepatan Versi Desktop

Sedangkan untuk Gtmetrix, bisa mencapai 99%/93%.
Kecepatan Website
Hasil Test GTmetrix
Namun bukan berarti tidak ada kendala selama menggunakan-nya.

Nah, untuk penjelasannya akan saya lanjutkan pada kesempatan lain. Jadi saat ini artikel-nya saya cukupkan.

-- Bersambung --

Download eBook Cara Cepat Membuat Website Menggunakan CMS WordPress Untuk Pemula


Bagi pembaca yang ingin mempelajari lebih jauh mengenai WordPress. Saya telah membuat sebauh eBook yang berisi Tips & Trik membuat website dengan cepat dan mudah menggunakan CMS WordPress. Silahkan download melalui link dibawah;
Semoga bermanfaat...

Dilarang NYEPAM ya...
Komentar yang nyertain link aktif gak akan di publish...
EmoticonEmoticon