Cara Memperkecil Ukuran Gambar Di GNU/Linux Menggunakan Trimage

Bagi seorang penulis blog yang bahasa kerennya blogger, pasti akan banyak menghabiskan waktu didepan layar untuk mengetik.

Yaiyalah... Masa diatas jamban sambil merenung menunggu ilham?

Oke, kita balik lagi ke topik pembahasan.

Untuk membuat tulisan lebih padat dan menarik, adakalanya gambar diperlukan sebagai media penunjang, entah itu infografis, sampai tutorial komputer yang banyak menyertakan screenshot.

Dan untuk mencari gambar berlisensi bebas pakai, akan saya bahas pada postingan berbeda. Jadi gak asal copas dari Google, karena terkadang (dan kebanyakan) gambar disana mempunyai lisensi. Ini yang sedang saya pelajari.

Bagi pengguna Hosting Gratisan seperti saya pastinya gak akan terlalu khawatir kehabisan ruang, namun tidak bagi yang hostingnya mandiri. Apalagi kalo hostingnya penuh jebakan, dan gak transparant seperti yang pernah saya alami dahulu kala.

Seolah tidak ingin mengalami kesalahan yang sama, sayapun lebih selektif untuk memilih penyedia layanan hosting Indonesia. Dan pilihan saya-pun jatuh ke Cloud Hosting yang dipopulerkan oleh penyedia layanan ini (silahkan klik, ada tutorial sukses online-nya juga).

Cara Compress Gambar Di GNU/Linux

Oke, kita kembali ke pokok pembahasan, karena ternyata saya sudah ngelantur kemana-mana. Untuk mengatasi hal ini (kompresi gambar) saya mengandalkan sebuah software bernama Trimage. Aplikasi ini cukup baru buat saya, belum genap satu tahun saya mengenalnya dan sudah merasa cukup puas untuk kinerjanya.

Meskipun belum secanggih tools kompresi versi online yang bisa digunakan secara gratis juga. Tapi setidaknya dengan melakukannya secara offline bisa menghemat kuota internet saya yang lagi-lagi masih terbatas.

Kita langsung ke praktik installasi Trimage. Silahkan buka Terminal lalu ketik perintah berikut;

sudo apt update && sudo apt install trimage -y

Ukuran aplikasi ini cukup kecil pada Linux Mint yang saya gunakan. Berikut tangkapan layarnya;

Cara Memperkecil Ukuran Gambar Di GNU/Linux Menggunakan Trimage
installasi trimage melalui terminal

Bagi kalian yang belum mengubah repository bawaannya, silahkan ikuti tips ini agar mendapatkan hasil download yang lebih cepat. 

Jika sudah, kita tinggal membuka Timage, lalu akan tampil layar seperti berikut;

tampilan trimage
tampilan trimage

Cara menggunakannya cukup sederhana, kita tinggal menyeret gambar yang hendak dikecilkan ukurannya lalu klik Compress yang teletak di pojok kanan atas. 

Berikut contoh proses kompresi gambar yang dilakukan Trimage;

proses kompresi gambar di linux mint
proses kompresi gambar di linux mint

Disclaimer, hasil kompresi gambar memang terkadang tidak terlalu signifikan bagi beberapa kasus. Solusinya bisa dengan memperkecil ukuran asli gambar (resize) menggunakan aplikasi Pinta. Silahkan baca informasi mengenai Pinta disini.

Semoga artikel sederhana ini bermanfaat...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Memperkecil Ukuran Gambar Di GNU/Linux Menggunakan Trimage"

Post a Comment

Semua komentar yang masuk saya moderasi, hal ini untuk menghindari spam dan informasi yang tidak berkaitan dengan topik pembahasan.
Silahkan berkomentar dengan bijak.