Mengenal Celluliod Aplikasi Pemutar Multimedia Baru Di Linux Mint


Mengenal Celluliod Aplikasi Pemutar Multimedia Baru Di Linux Mint
Celluloid

Saat ingin memutar file multimedia di Linux Mint Ulyana, saya agak sedikit terkejut dengan software multimedia player yang dibawa-nya. Biasanya bertandem-kan Parole, tapi kali ini ada aplikasi yang lebih simple dalam segi desain dan tentu saja sudah support eksternsi multimedia populer.

Celluloid Versi GTK Untuk MPV

Setelah sedikit kepo, ternyata Celluloid merupakan versi GTK-nya dari aplikasi pemutar multimedi bernama MPV yang memang sudah ada cukup lama. Biasanya software ini ikut terinstall jika kita memasang VLC pada Distro GNU/Linux Ubuntu dan turunanya termasuk Linux Mint.

Namun sekarang ada yang berbeda dari MPV yang biasanya, yaitu kelebihan fitur dan mudah dalam pengoperasiannya. Salah satunya sudah banyak menghadirkan shortcut yang akan mempermudah kita.

Berikut tampilannya;

Mengenal Celluliod Aplikasi Pemutar Multimedia Baru Di Linux Mint
shortcut celluloid

Gak usah dihafal juga, karena gak akan mucul pas ujian, apalagi kalo sistem pendidikan kita masih mengandalkan OS & Software Bajakan, eh...

Sekarang kita coba lihat tampilannya saat memutar file video.

Mengenal Celluliod Aplikasi Pemutar Multimedia Baru Di Linux Mint
tampilan celluloid saat memutar video

Lebih menarik dan ringan dibanding Parole, ini sekedar opini semata, silahkan diperdebatkan. Mohon maaf atas screenshot video yang tidak menarik, tapi buat yang belum tahu, yang ijo-ijo itu namanya tahulu. Saya beli ketika pulang "perpetualangan" mengunjungi Curug Cikaracak.

Cara Install Celluloid Pada Distro Ubuntu & Turunannya

Jika kalian terarik untuk membeli Tahulu, menginstall Celluloid, silahkan buka Terminal lalu ketik perintah berikut;

sudo apt install celluloid

Sejauh ini sih saya cukup nyaman menggunakannya, dan sepertinya akan menggeser VLC yang telah lama memuncaki daftar teratas software multimedia populer favorit.

Perubahan Apalagi Pada Linux Mint Ulyana?

Seingat dan sepengetahuan saja (maklum belum sempat menjelajah lebih jauh) ini salah satu hal yang berbeda dengan Linux Mint XFCE versi sebelumnya. Biasanya ada Parole sebagai software multimedianya, sekarang berganti menjadi Celluloid.

Inilah yang menarik dari GNU/Linux, ketika ada sebuah aplikasi baru yang dirasa "lebih bagus" (relatif) dari aplikasi sebelumnya, akan ditanamkan kepada sistem.

Namun tentu saja biasanya hal ini juga dipengaruhi oleh saran dari komunitas. Biasanya sih suka ada polling gitu tentang aplikasi apa aja yang sebaiknya ada pada rilis berikutnya.

Bagi yang tertarik dan ingin mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai Project Celluloid, silahkan masuk ke link ini.

Tertarik Menggunakan Linux Mint?

Bagi kalian yang tertarik untuk menggunakan Linux Mint, saya sudah menulis beberapa artikel yang sekiranya mampu dijadikan sebagai referensi. Silahkan cari pada daftar isi dilink ini.

Mohon maaf belum sempat merangkumnya menjadi lebih terstruktur. Namun jika ingin mendapatkan eBook Gratis mengenai GNU/Linux, silahkan gabung dikanal Telegram saya. 

Browsing saja dengan kata kunci t.me/ludywebid disana akan saya post link untuk download eBooknya. Tapi nanti ya nunggu anggotanya nyampe 100 dulu biar sekalian dan saya ada waktu untuk merampungkan materi eBooknya.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mengenal Celluliod Aplikasi Pemutar Multimedia Baru Di Linux Mint"

Post a Comment

Semua komentar yang masuk saya moderasi, hal ini untuk menghindari spam dan informasi yang tidak berkaitan dengan topik pembahasan.
Silahkan berkomentar dengan bijak.