Beberapa Istilah Di GNU/Linux Yang Sebaiknya Pemula Tahu

Beberapa Istilah Di GNU/Linux Yang Sebaiknya Pemula Tahu
Beberapa Istilah Di GNU/Linux Yang Sebaiknya Pemula Tahu

Berikut adalah beberapa istilah di GNU/Linux beserta penjelasannya;

Repository

GNU/Linux pada kasus ini Ubuntu menganut sistem management paket secara terpusat, artinya semua software/aplikasi ditempatkan pada sebuah server khusus yang bisa diakses oleh penggunanya, server inilah yang disebut Repository. Semua aplikasi yang berada di Repository Ubuntu semuanya telah melalui tahap pengujian oleh tim Ubuntu sehingga sudah bisa dipastikan bisa berjalan lancar (kompatibel) dengan versi Ubuntu yang kita gunakan.

Lalu bagaimana jika aplikasi yang kita cari tidak terdaftar di Repository? Tenang aja, kita tetap bisa kok menginstallnya melalui “pihak ketiga” seperti PPA (akan kita bahas pada seri selanjutnya) dan beberapa sumber lainnya. Konsep ini sama seperti Playstore pada Android dan Appstore pada IOS.

Mirror

Mirror atau dalam bahasa Indonesia nya cermin adalah sebuah repository lokal yang berfungsi meng-sinkronisasi semua paket aplikasi yang berada pada server pusat. Dengan menggunakan mirror diharapkan proses download aplikasi menjadi lebih cepat. Mirror ini bisa disediakan oleh sebuah institusi, komunitas, maupun pihak akademis seperti Universitas.

Gimana, keren kan dunia Open Source dimana mengajak semua pihak untuk terlibat, dan asiknya lagi semua mirror tersebut bisa kita gunakan free.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Beberapa Istilah Di GNU/Linux Yang Sebaiknya Pemula Tahu"

Posting Komentar

Semua komentar yang masuk saya moderasi, hal ini untuk menghindari spam dan informasi yang tidak berkaitan dengan topik pembahasan.
Silahkan berkomentar dengan bijak.