Cara Membuat USB Installer Elementary OS

Cara Membuat USB Installer Elementary OS
Cara Membuat USB Installer Elementary OS

Oke, anggap aja kalian udah punya ISO Elementary OS Loki, trus langkah selanjutnya adalah membuat usb installer sehingga bisa kita gunakan untuk menginstall Elementary OS Loki kedalam Komputer/Laptop/Netbook.

Ada dua hal lagi yang harus kita siapkan, yang pertama USB dan software membuat usb installernya.

Usb

Siapkan usb dengan kapasitas minimal 2GB, saran saya sih dikosongin dulu (backup) isi flashdisk nya karena akan diformat saat pembuatan usb installer nantinya. Gak mau juga kan data penting di usb kita ilang?

Rufus

Sebenernya ada banyak banget software yang bisa kita gunakan untuk membuat usb installer Elementary OS Loki. Namun pada tutorial kali ini saya akan memilih Rufus, selain mudah digunakan dan Gratis tentunya, Rufus juga sangat ringan dan sangat cepat.

Pertama kita download terlebih dahulu software Rufusnya dilink ini. Setelah kita download, kita buka software Rufus tadi dengan klik ganda atau klik kanan pilih Run As Administrator.
Cara Membuat USB Installer Elementary OS
Cara Membuat USB Installer Elementary OS

Berikut langkahnya :
  1. Jalankan Rufus.
  2. Masukkan USB kedalam PC/Laptop/Netbook.
  3. Pada bagian Create a bootable disk using, kita Pilih ISO Image.
  4. Klik pada icon disk lalu browsing file ISO Elementary OS Loki.
  5. Klik Start.
Proses ekstrak atau pembuatan USB Installer akan tergantung dari spesifikasi komputer yang kalian punya. Jika proses sudah selesai, kita bisa menutup software Rufus dan menghidupkan ulang (restart) komputer kita.

Video Tutorial Membuat USB Installer Deepin OS


Selamat mencoba...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Membuat USB Installer Elementary OS"

Post a Comment

Semua komentar yang masuk saya moderasi, hal ini untuk menghindari spam dan informasi yang tidak berkaitan dengan topik pembahasan.
Silahkan berkomentar dengan bijak.