Tutorial Belajar WordPress Dari Dasar Untuk Pemula

Tutorial Belajar WordPress Dari Dasar Untuk Pemula
Tutorial Belajar WordPress Dari Dasar Untuk Pemula

Ini merupakan seri pertama dari Panduan WordPress Untuk Pemula. Pada seri ini kita akan Berkenalan Dengan WordPress mulai dari Definisi WordPress, Sejarah WordPress sampai alasan mengapa kita menggunakan WordPress.

Materi seri ini banyak merujuk dari wikipedia yang saya coba sederhanakan agar lebih mudah difahami. Selamat membaca.

Definisi WordPress

WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine).

WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source software).

Selain sebagai blog, WordPress juga mulai digunakan sebagai sebuah CMS (Content Management System) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya (wikipedia).
Simplenya, WordPress adalah aplikasi yang memudahkan kita membangun sebuah Blog bahkan Website tanpa harus mengerti bahasa pemrograman.

Sejarah WordPress

Sejarah WordPress dimulai saat Matt Mullenweg yang merupakan pengguna aktif dari b2 mengetahui bahwa proses pengembangan b2 dihentikan oleh pemrogramnya (programmer) yang bernama Michel Valdrighi, Matt Mullenweg merasa sayang dan mulai melanjutkan WordPress muncul pertama kali pada tahun 2003 hasil kerja keras Matt Mullenweg dengan Mike Little. (sumber wikipedia).

Kenapa Memilih WordPress???

WordPress memiliki banyak keunggulan dan fitur untuk dunia blog, antara lain (dirangkum dari wikipedia):
  • Gratis. Untuk mendapatkan WordPress kita hanya perlu mengunduh dari situsnya tanpa dipungut biaya, bahkan untuk blog komersial sekalipun.
  • Berbasis kode sumber terbuka (open source). Pengguna dapat melihat dan memperoleh barisan kode-kode penyusun perangkat lunak WordPress secara bebas, sehingga pengguna tingkat lanjut yang memiliki kemampuan pemrograman dapat bebas melakukan modifikasi, bahkan dapat mengembangkan WordPress sesuai keinginan.
  • Templat atau desain tampilannya mudah dimodifikasi. Tersedia ribuan template yang bisa kita gunakan secara bebas dan gratis.
  • Pengoperasiannya mudah, bahkan untuk orang yang belum pernah mengenal dunia Blog sekalipun.
  • Multi User, satu WordPress bisa digunakan oleh banyak user.
  • WordPress merupaka CMS yang paling banyak digunakan didunia.
  • Dukungan komunitas yang besar, sehingga mudah untuk menemukan tutorial WordPress di internet.
  • Tersedia banyak plugin. Plugin adalah sebuah program tambahan yang bisa diintegrasikan dengan WordPress untuk memberikan fungsi-fungsi lain yang belum tersedia pada instalasi standar. Misalnya plugin anti-spam, plugin web counter, album foto.
  • Kemampuan untuk dapat memunculkan XML, XHTML, dan CSS standar.
  • Tersedianya struktur permalink yang memungkinkan mesin pencari mengenali struktur blog dengan baik.
  • Mampu mendukung banyak kategori untuk satu artikel. Sehingga pencarian dan pengaksesan informasi menjadi lebih mudah.
  • Fasilitas Trackback dan Pingback, sehingga website yang dibuat dengan Wordpress akan lebih cepat ter index pada search engine.
  • Menyediakan fitur pengelolaan teks yang cukup lengkap seperti cetak tebal, cetak miring, rata kanan, rata kiri, tautan tersedia di WordPress.
  • Halaman statis (Halaman khusus yang terpisah dari kumpulan tulisan pada blog).
  • Mendukung LaTeX.
  • Mempunyai kemampuan optimalisasi yang baik pada Mesin Pencari (Search Engine Optimizer)

Kesimpulan

Pada seri ini kita telah Berkenalan Dengan WordPress, pada seri selanjutnya kita akan membahas Cara Install WordPress Di Komputer (localhost). Jika ada yang ingin ditanyakan atau berbagi pengalaman selama menggunakan WordPress, bisa melalui kolom komentar yang telah saya sediakan.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tutorial Belajar WordPress Dari Dasar Untuk Pemula"

Posting Komentar

Semua komentar yang masuk saya moderasi, hal ini untuk menghindari spam dan informasi yang tidak berkaitan dengan topik pembahasan.
Silahkan berkomentar dengan bijak.