Catatan Satu Minggu Kebelakang 2-8 Agustus 2020

Catatan Satu Minggu Kebelakang 2-8 Agustus 2020
Catatan Mingguan

Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh...

Dipostingan kali ini saya akan membuat sebuah catatan kegiatan selama satu minggu kebelakang... Dimula dari hari Senin 2 Agustus sampai hari saat tulisan ini dibuat yaitu 8 Agustus 2020 menjelang tanggal 9... Semua hal yang saya tulis masih ada kaitannya dengan sebuah profesi yang sering dianggap sebagai "orang serba bisa" dalam dunia teknologi dan informasi, yaitu IT Superman Support.

Anggap saja ini sebagai sebuah curhatan seorang IT Support... Ceileh...

Rencana Kegiatan

Saya awali dengan sebuah "target" yang rencananya akan saya jalani selama satu minggu... Karena ini merupakan kali pertama, jadi masih belum banyak gambaran tugas dan prioritas. Alhasil, saya malah membuat planning sekena-nya... Daripada gak ada rencana sama sekali dan numpang internetan doank disana...

  • Installasi Server Dengan Metode Virtualisasi
  • Mendata Asset IT
  • Membangun Cloud Server untuk sharing data antar komputer
  • Membangun Chatting Offline dalam jaringan agar bisa berkomunikasi
  • Maintenance runtin komputer (scanning virus, optimalisasi, update & upgrade aplikasi)
  • Dan sebagainya..

Sebenarnya masih banyak yang sudah saya rencanakan dalam masa "percobaan" tersebut, nemun ternyata "hanya" hal diatas yang saya ingat sekarang...

Installasi Ubuntu Server Didalam VirtualBox

Karena ingin memulai dari Nol, saya terpaksa menginstall ulang laptop yang tadinya menggunakan Linux Mint XFCE 2 Ulyana dengan Distro Linux Lite 4

Alasan saya menggunakan Linux Mint 20 Ulyana adalah supaya bisa lebih "update" dengan perkembangan software yang ada di GNU/Linux khususnya Linux Mint. 

Dan ternyata memang benar, banyak sekali perubahan yang terjadi pada edisi kali ini. Saya sudah mencatatnya dihalaman ini, silahkan klik jika berminat membacanya...

Setelah menginstall Linux Lite 4 yang merupakan Turunan Ubuntu Bionic Beaver ini saya pilih karena lebih "stabil" dibanding Focal Fossa, dan tentunya sudah banyak tutorial yang membahasnya di Google. maklum saya masih seorang newbie.

Singkat cerita, proses installasipun berjalan lancar tanpa kendala, kecuali media installer yang sempat corrupt karena terlalu sering digunakan.

Langkah pertama yang saya lakukan adalah membuat server lokal menggunakan virtualbox, atau lebih sering disebut virtualisasi. Bagi yang ingin belajar virtualisasi, silahkan baca artikel ini.

Kemudian mencoba membangun Cloud Server lokal yang bisa digunakan untuk bertukar data. Script yang dipilih adalah NextCloud yang berbasis Open Source dan merupakan pengembangan dari OwnCloud. Ya mirip kayak MySQL dan MariaDB lah...

Tanpa kendala berarti, pembuatan Cloud Server tersebut berjalan lancar tanpa aral melintang karena memang saya menggunakan AMPS Stacks milik Bitnami, gak nginstall & konfigure LAMPP manual, ceile bahasanya...

Untuk tutorialnya kalian bisa mencatut video yang sudah saya posting beberapa waktu yang lalu disini. Ada sedikit perbedaan, karena divideo tersebut saya menggunakan OwnCloud sebagai script-nya dan LAMPP. Tapi garis besarnya masih sama. Diulik dan dicocok-cocokin aja lah, karena saya memang belum sempat menulis mengenai NextCloud lebih rinci.

Maksimalisasi Web Browser

Wah, untuk heading kali ini bahasanya terlalu keberatan, tapi keren juga kalo dibaca, terkesan intelektual.

Karena pekerjaan kali ini sangat berhubungan dengan yang namanya internet, saya mencoba memasang addons pemblokir iklan. Langkah ini saya tempuh untuk menghemat resource komputer yang ternyata masih dirasa kurang mantep (menurut saya loh ya).

Lagipula dengan adanya iklan yang bertebaran, sedikit banyak "mengganggu" dan mempengaruhi hasil "pencarian search engine". Dan extensi yang saya pilih adalah Ublock Origin, silahkan baca cara pemasangannya disini.

Linux Lite Dilengserkan ChaletOS

Karena sempat ada error yang saya malas untuk mencari pemecahan masalahnya, mepet juga waktunya, akhirnya saya melengserkan Linux Lite dan kembali ke pelukan ChaletOS. Meskipun Distro ini mengambil sumber dari Ubuntu 16.04 LTS, tapi setidaknya masih relevan sampai tahun depan April 2021. Dan tentu saja tak kalah ringan dari Distro Linux Mint Ulyana.

Mencatut kata-kata mba-mba di SPBU, semuanya saya mulai dari NOL lagi...

Yang paling repot adalah ketika harus mengupgrade sistem ChaletOS agar bisa digunakan secara maksimal. Maklum-lah ternyata developer ChaletOS sudah tidak (belum) mengeluarkan versi terbaru (sudah dikroscek via email). Padahal Distro ini memiliki kenangan tersendiri selama mendapatkan uang dari profesi IT.

Katanya Sih Ini Salah Satu Bentuk SCAM

Pas lagi isenk buka email, ada notifikasi masuk yang isinya cuma Hi doank...

Karena alamat tersebut gak ada dikontak, saya pun curiga ini adalah sejenis "cracker".

ini email yang diduga scam
isi email yang diduga scam

Dan setelah browsing dapatlah info seperti ini;

situs rujukan
situs rujukan

link sumber http://scamletters.info/2020/08/hi-244/

Entahlah.. 

Karena koneksi tetring hape saya lagi jelek-jeleknya, jadi artikel ini akan saya teruskan dilain kesempatan...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Catatan Satu Minggu Kebelakang 2-8 Agustus 2020"

Post a Comment

Semua komentar yang masuk saya moderasi, hal ini untuk menghindari spam dan informasi yang tidak berkaitan dengan topik pembahasan.
Silahkan berkomentar dengan bijak.