Catatan Mingguan Rabu 12 Agustus 2020

migrasi ke gnu/linux
migrasi ke gnu/linux

Karena masih nunggu proses pembuatan USB Installer Linux Mint 20 Ulyana MATE selesai, saya bisa menulis sebuah catatan untuk beberapa hari terakhir. Anggap saja sebagai laporan kegiatan dari senin tanggal 10 Agustus 2020 sampai Rabu 12 Agustus 2020. 

Dimulai dari mendata kembali asset komputer dan laptop yang ada. Disini saya menggunakan AssetTiger versi gratis, karena bisa menyimpan 25 asset. Jika lebih ya harus bayar, tapi segini sih udah cukup. Karena ini berbasis web, jadi kita tidaak perlu repot menginstall dan konfigurasi manual. Semuanya serba gampang meskipun masih ada "ketakutan" tersendiri jika data kita berada diawan (cloud). 

Berikut contoh dashboard dari assettiger.

software asset inventory gratis
software asset inventory gratis

Informasi didalamnya sengaja saya sensor.

Menyiapkan Perkiraan Harga Upgrade Windows Dan Microsoft Office

Sebagai pengguna GNU/Linux yang gak anti sama Windows, saya tetap menyarankan untuk menggunakan sistem operasi Bill Gates untuk pekerjaan sehari-hari, selama itu legal. 

Untuk bagian ini sepertinya akan saya skip...

Persiapan Migrasi Ke GNU/Linux

Gak sah rasanya kalo gak ngajak orang lain untuk migrasi ke GNU/Linux. Udah kayak sales MLM atau Asuransi aja haha... Tapi kalo gak dicoba ya gak akan tau jawabannya...

Singkat cerita setelah mencoba menjelaskan kelebihan dan kekurangan menggunakan GNU/Linux, akhirnya kesempatan untuk trial install Linux Mint pun terjadi. 

Dan inilah langkah awal untuk migrasi.

Karena sepertinya USB Installer sudah mau selesai, jadi catatannya saya sampai disini saja. Namanya juga blog acak-acakan...

Proses Installasi Linux Mint MATE 20 Ulyana Di Lenovo Thinkpad L412

Saya lanjutkan nulisnya... Karena nanggung juga kalo cuma segini doank... Bukannya labil, tapi karena "gak ada kerjaan" aja. 

Untuk link download Linux Mint MATE 20 Ulyana kalian bisa dapat disini. Itu sudah mirror dari Indonesia, supaya proses unduhnya lebih cepat... Kemudian sebuah USB Flaskdisk kapasitas minmal 4GB dan software Rufus. 

Jika sudah, buat USB Installer menggunakan bahan diatas. 

Untuk masuk BIOS pada Lenovo Thinkpad L412 dengan menekan tombol F1 saat pertama kali dinyalakan. Lalu setting USB HDD pada urutan pertama.

Yang harus dicek saat live usb adalah hardware (wireless, resolusi, dan lainnya) apakah sudah terditeksi otomatis atau tidak. Karena akan repot jika harus konfigurasi manual, memakan waktu dan fikiran.

Anggaplah semuanya sudah berjalan lancar, tinggal hajar...

Proses installasinya sama seperti menginstall Linux Mint pada umumnya, hanya saja karena Windows disini OEM (Original) jadi saya akan membuat dual boot saja, sayang juga sama lisensinya.

Nah, untuk lebih jelasnya kalian bisa melihat video tutorial dual boot Linux Mint dan Windows disini.

Ikuti saja video diatas dari awal, karena itu memang langsung praktik, gak pake virtualbox alias real.

Kalo udah selesai installasinya, tinggal penyesuaian dengan aplikasi yang biasa digunakan sehari-hari disini. 

Dan untuk ini sih artikelnya bakal dibuat terpisah...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Catatan Mingguan Rabu 12 Agustus 2020"

Post a Comment

Semua komentar yang masuk saya moderasi, hal ini untuk menghindari spam dan informasi yang tidak berkaitan dengan topik pembahasan.
Silahkan berkomentar dengan bijak.