Belajar HTML & CSS Untuk Pemula

Belajar HTML & CSS Untuk Pemula
belajar pemrograman website untuk pemula

Saat ingin membuat website, maka bahasa HTML dan CSS adalah salah dua yang harus dipelajari. Keduanya saling berkaitan satu sama lain, HTML digunakan sebagai struktur sedangkan CSS yang menjadi tampilannya.

Pada postingan kali ini kita akan mempelajari keduanya secara bersamaan. Tenang saja, materi dalam artikel ini saya susun khusus untuk pemula. Selamat belajar...

Persiapan Belajar Membuat Website

Sebelum mulai materi, ada beberapa hal yang harus kita persiapkan terlebih dahulu. Tenang saja, semuanya bisa didapatkan secara gratis kok.

Text Editor

text editor untuk meunulis kode program yang kita buat
text editor untuk meunulis kode program yang kita buat

Aplikasi pertama yang kita butuhkan adalah Text Editor. Text editor berfungsi untuk menulis kode program yang kita buat.

Ada banyak sekali pilihan Text Editor yang tersedia, mulai dari yang gratis sampai berbayar.

Namun untuk tutorial kali ini, saya sarankan menggunakan versi yang gratis saja, untuk menghemat budget.

Lain halnya jika sudah menjadi programmer profesional dan membutuhkan fitur tambahan (biasanya hanya ada dalam versi pro) baru kita upgrade ke versi premium.

Sebenarnya dalam setiap Sistem Operasi yang digunakanpun sudah menyertakan aplikasi text editor bawaan, seperti Notepad pada Microsoft Windows, TextEdit pada MacOS dan Gedit pada Ubuntu.

Ketiganya bisa kita gunakan, namun tentunya fitur mereka sangat terbatas. Untuk itulah alasan software Text Editor dibuat.

Karena saya menggunakan Distro GNU/Linux, maka untuk aplikasi Text Editor saya memilih menggunakan Bluefish.

Software ini bersifat Gratis dan sudah menyediakan versi untuk Microsoft Windows dan MacOS. Silahkan download melalui link ini.

Web Browser

web browser sebagai media melhat hasil coding kita
web browser

Selanjutnya kita membutuhkan Web Browser. Aplikasi yang satu ini pastinya sudah akrab dengan kehidupan kita. Jika Text Editor adalah tempat menulis kode, maka Web Browser berfungsi untuk menampilkan code tersebut.

Ada banyak pilihan Web Browser yang tersedia secara gratis. Sebut saja Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, Microsoft Edge dan masih banyak lainnya.

Saran saya, install lebih dari 1 Web Browser untuk mengetahui perbedaan yang mungkin muncul diantaranya. Bagi kalian yang menggunakan GNU/Linux, sudah saya buatkan video tutorial installasi Google Chrome pada video dibawah;

Jika dua hal diatas sudah terpenuhi, mari kita mulai materi pembelajarannya pada postingan selanjutnya.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Belajar HTML & CSS Untuk Pemula"

Posting Komentar

Semua komentar yang masuk saya moderasi, hal ini untuk menghindari spam dan informasi yang tidak berkaitan dengan topik pembahasan.
Silahkan berkomentar dengan bijak.