Mencoba Install Olive Video Editor Alternatif Gratis

Mencoba Install Olive Video Editor Alternatif Gratis
diambil dari olivevideoeditor.org

Bingung mencari software video editor yang gratis dan bisa berjalan di berbagai sistem operasi populer?

Jika iya, berarti kita samaan... Sebenarnya saya sudah mulai terbiasa meng-edit video untuk konten YouTube menggunakan Kdenlive, namun entah kenapa ada hal yang ingin dicoba.

Siapa tahu saja ada aplikasi yang lebih mudah digunakan.

Setelah browsing sana-sini, akhirnya saya bertemu dengan Olive Video Editor

Apa Itu Olive Video Editor...???

Sesuai namanya, software ini berfungsi untuk mengedit video. Jika diterjemahkan secara bebas berdasar informasi yang ada pada situsnya, kurang lebih seperti ini;

Olive adalah editor video non-linear gratis yang bertujuan untuk menyediakan alternatif berfitur lengkap untuk perangkat lunak pengeditan video profesional kelas atas.

Olive membuat kemajuan pesat dan pengguna sudah menghasilkan video dengan itu, tetapi saat ini masih dalam alpha yang berarti tidak lengkap dan tidak sepenuhnya stabil. Terlepas dari itu, kami mengundang Anda untuk mengunduh versi terbaru dan mencobanya sendiri.

Cukup banyak! Dan fitur baru ditambahkan setiap hari. Bahkan jika Olive kehilangan sesuatu yang Anda butuhkan, kembalilah dalam satu atau dua bulan dan itu mungkin sudah diterapkan.

Diterjemahkan menggunakan Google Translate... Thank's Google...

Cara Install Olive Video Editor Di GNU/Linux

Saat ini saya sedang menggunakan Linux Mint 20 Ulyana yang berbasis Ubuntu Focal Fossa 20.04 LTS. Setelah mengacu kepada situs resminya, kita diminta untuk menambahkan ppa secara manual.

Namun setelah dicoba, ada notifikasi seperti berikut;

ludy@LinuxMint:~$ sudo add-apt-repository ppa:olive-editor/olive-editor -y
Cannot add PPA: ''This PPA does not support focal''.
ludy@LinuxMint:~$

Karena lupa-lupa ingat, mungkin ada satu paket yang harus dipasang terlebih dahulu sebelum menambahkan ppa, yaitu software-properties-common. Namun setelah paket tersebut ditambahkan, ternyata ppa tidak berhasil bertambah kedalam sistem,

Notifikasinya masih sama...

Sebenarnya kita bisa juga menginstall menggunakan Snap, tapi biasanya paket yang didownload akan besar, dan itu mencekik kuota terting hape.

Bagi kalian yang punya bandwidth melimpah silahkan ketik perintah berikut diterminal

sudo snap install --edge olive-editor

Karena masih penasaran dengan tampilan dan fitur yang ditawarkan Olive Video Editor, akhirnya saya "terpaksa" mencoba versi AppImage (portable).

Untuk mendownloadnya silahkan klik link ini.

Pilih saja sesuai sistem operasi yang kalian gunakan.

Pada kasus saya, file-nya sebesar 92,4MB. Cukup kecil untuk ukuran software video editor.

Seperti biasa, jika di GNU/Linux, sebelum dijalankan kita harus mengubah permission-nya melalui terminal. Silahkan ketik perintah berikut;

sudo chmod +x Olive-c301f71d-x86_64.AppImage

Jika sudah, selanjutnya tinggal kita ketik ./Olive-c301f71d-x86_64.AppImage. Jika tidak ada kendala, seharusnya software portable tersebut sudah bisa berjalan.

Berikut tampilannya pada desktop saya;

Mencoba Install Olive Video Editor Alternatif Gratis
tampilan olive video editor

Seklias memang mirip dengan Kdenlive. Bagi kalian yang ingin mencoba mengedit video menggunakan Kdenlive, silahkan tonton dokumentasinya yang sudah saya upload disini.

Semoga bermanfaat...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mencoba Install Olive Video Editor Alternatif Gratis"

Post a Comment

Semua komentar yang masuk saya moderasi, hal ini untuk menghindari spam dan informasi yang tidak berkaitan dengan topik pembahasan.
Silahkan berkomentar dengan bijak.